Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di MTs Nurul Aeyn As’Adiyah kampung Baru Kec. Tellusiattinge Kab. Bone
Musrianti/02.13.3021 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan
Kompetensi Guru di MTs Nurul Aeyn As’Adiyah Kampung Baru”. Masalah pokok
dalam penelitian ini adalah bagaimana peran kepala madrasah sebagai supervisor
dalam meningkatkan kompetensi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pelaksanaan peran kepala madrasah sebagai supervisor di MTs Nurul Aeyn
As’Adiyah Kampung Baru, kompetensi guru di MTs Nurul Aeyn As’Adiyah
Kampung Baru dan kontribusi kepala madrasah sebagai supervisor dalam
meningkatkan kompetensi guru di MTs Nurul Aeyn As’Adiyah Kampung Baru.
Metode pengkajian skripsi ini menggunakan penelitian lapangan (Field
Research) dengan melakukan observasi dan wawancara kepada informan yang
dianggap mampu memberikan jawaban atas informasi yang dibutuhkan. Kemudian
akan dipaparkan suatu penelitian yang menghasilkan data secara penggambaran
berupa fakta-fakta tertulis maupun lisan dari setiap perilaku orang yang dicermati.
Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologis, pendekatan paedagogik dan
pendekatan psikologis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan peran kepala madrasah
di MTs Nurul Aeyn As’Adiyah Kampung Baru dilakukan melalui penerapan tugas
supervisi meliputi (a) Kunjungan atau observasi kelas (b) Pembicaraan individual (c)
Rapat guru, dan kompetensi guru di MTs Nurul Aeyn As’Adiyah Kampung Baru
yaitu (a) Kompetensi Paedagogik (b) Kompetensi Profesional. Sedangkan kontribusi
kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensu di MTs Nurul Aeyn As’Adiyah
Kampung Baru yaitu pembinaan kaearah perbaikan situasi pendidikan. melakukan
upaya-upaya perbaikan melalui mengkordinasi, membimbing, dan mengevaluasi.
Secara keseluruhan pelaksanaan peran kepala madrasah dalam meningkatkan
kompetensi guru di MTs Nurul Aeyn As’Adiyah Kampung Baru sudah baik dengan
menerapkan kerja sama yang baik antar seluruh warga sekolah dalam menyelesaikan
masalah-masalah yang dihadapi di sekolah, kepala madrasah juga selalu melakukan
pengawasan potensi guru untuk peningkatan kompetensi guru sehinggah lembaga
sekolah mampu menghasilkan keluaran yang berprestasi.
Pelaksanaan peran kepala madrasah sebagai supervisor di sekolah sangat
penting dalam peningkatan kompetensi guru, dalam lembaga sekolah, terlebih dahulu
kompetensi guru haruslah ditingkatkan, karena gurulah menjadi penentu bagi
keberhasilan peserta didik. oleh karena itu peningkatan kompetensi guru harus
dioptimalkan semaksimal mungkin agar tujuan pendiidkan dapat tercapai.
A. SIMPULAN
Berdasarkan dari hasil penelitian dan analisa yang telah penulis uraika di
bab III mengenai peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan
kompetensi guru di MTs Nurul Aeyn As’Adiyah Kampung Baru, maka dapat
ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Pelaksanaan peran kepala madrasah sebagai spervisor di MTs Nurul Aeyn
As’Adiyah Kampung Baru dilakukan melalui tugas kepala madrasah
sebagai supervisor meliputi (a) kunjungan kelas (b) pembicaraan
individual (c) rapat guru
2. Kompetensi guru di MTs Nurul Aeyn As’Adiyah Kampung Baru (a)
kompetensi paedagogik, kompetensi paedagogik seorang guru salah satu
pendukung tercapainya pelaksanaan pembelaajaran secara optimal, jika
seorang guru memiliki kompetensi paedagogik maka seorang guru mampu
melakukan penilain dengan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. (b)
kompetensi profesional, berkaitan dengan penguasaan guru terhadap
materi pelajaran yang akan diajarkan kepada peserta didiknya dan juga
kemampuan dalam mengetahui masalah-masalah yang dihadapi oleh
peserta didik.
3. Kontribusi kepala madrsah sebagai supervisor di MTs Nurul Aeyn
As’Adiyah Kampung Baru yaitu pembinaan kearah perbaikan situasi
pendidikan. Melakukan upaya-upaya perbaikan melalui mengkordinasi,
membimbing, dan mengevaluasi
B. IMPLIKASI
Setelah penulis menguraikan kesimpulan tersebut, maka dibawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam skripsi ini adalah
sebagai berikut :
1. Kepada kepala madrasah agar senantiasa melaksanakan tugasnya sebagai
supervisor agar seluruh staf sekolah mampu meningkatkan mutu
pendidikan.
2. Kepada seluruh staf di MTs Nurul Aeyn As’Adiyah Kampung Baru agar
senantiasa menjalin kerjasama, komunikasi dan mendengarkan arahan dari
kepala madrasah demi mewujudkan tujuan pendidikan.
Kompetensi Guru di MTs Nurul Aeyn As’Adiyah Kampung Baru”. Masalah pokok
dalam penelitian ini adalah bagaimana peran kepala madrasah sebagai supervisor
dalam meningkatkan kompetensi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pelaksanaan peran kepala madrasah sebagai supervisor di MTs Nurul Aeyn
As’Adiyah Kampung Baru, kompetensi guru di MTs Nurul Aeyn As’Adiyah
Kampung Baru dan kontribusi kepala madrasah sebagai supervisor dalam
meningkatkan kompetensi guru di MTs Nurul Aeyn As’Adiyah Kampung Baru.
Metode pengkajian skripsi ini menggunakan penelitian lapangan (Field
Research) dengan melakukan observasi dan wawancara kepada informan yang
dianggap mampu memberikan jawaban atas informasi yang dibutuhkan. Kemudian
akan dipaparkan suatu penelitian yang menghasilkan data secara penggambaran
berupa fakta-fakta tertulis maupun lisan dari setiap perilaku orang yang dicermati.
Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologis, pendekatan paedagogik dan
pendekatan psikologis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan peran kepala madrasah
di MTs Nurul Aeyn As’Adiyah Kampung Baru dilakukan melalui penerapan tugas
supervisi meliputi (a) Kunjungan atau observasi kelas (b) Pembicaraan individual (c)
Rapat guru, dan kompetensi guru di MTs Nurul Aeyn As’Adiyah Kampung Baru
yaitu (a) Kompetensi Paedagogik (b) Kompetensi Profesional. Sedangkan kontribusi
kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensu di MTs Nurul Aeyn As’Adiyah
Kampung Baru yaitu pembinaan kaearah perbaikan situasi pendidikan. melakukan
upaya-upaya perbaikan melalui mengkordinasi, membimbing, dan mengevaluasi.
Secara keseluruhan pelaksanaan peran kepala madrasah dalam meningkatkan
kompetensi guru di MTs Nurul Aeyn As’Adiyah Kampung Baru sudah baik dengan
menerapkan kerja sama yang baik antar seluruh warga sekolah dalam menyelesaikan
masalah-masalah yang dihadapi di sekolah, kepala madrasah juga selalu melakukan
pengawasan potensi guru untuk peningkatan kompetensi guru sehinggah lembaga
sekolah mampu menghasilkan keluaran yang berprestasi.
Pelaksanaan peran kepala madrasah sebagai supervisor di sekolah sangat
penting dalam peningkatan kompetensi guru, dalam lembaga sekolah, terlebih dahulu
kompetensi guru haruslah ditingkatkan, karena gurulah menjadi penentu bagi
keberhasilan peserta didik. oleh karena itu peningkatan kompetensi guru harus
dioptimalkan semaksimal mungkin agar tujuan pendiidkan dapat tercapai.
A. SIMPULAN
Berdasarkan dari hasil penelitian dan analisa yang telah penulis uraika di
bab III mengenai peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan
kompetensi guru di MTs Nurul Aeyn As’Adiyah Kampung Baru, maka dapat
ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Pelaksanaan peran kepala madrasah sebagai spervisor di MTs Nurul Aeyn
As’Adiyah Kampung Baru dilakukan melalui tugas kepala madrasah
sebagai supervisor meliputi (a) kunjungan kelas (b) pembicaraan
individual (c) rapat guru
2. Kompetensi guru di MTs Nurul Aeyn As’Adiyah Kampung Baru (a)
kompetensi paedagogik, kompetensi paedagogik seorang guru salah satu
pendukung tercapainya pelaksanaan pembelaajaran secara optimal, jika
seorang guru memiliki kompetensi paedagogik maka seorang guru mampu
melakukan penilain dengan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. (b)
kompetensi profesional, berkaitan dengan penguasaan guru terhadap
materi pelajaran yang akan diajarkan kepada peserta didiknya dan juga
kemampuan dalam mengetahui masalah-masalah yang dihadapi oleh
peserta didik.
3. Kontribusi kepala madrsah sebagai supervisor di MTs Nurul Aeyn
As’Adiyah Kampung Baru yaitu pembinaan kearah perbaikan situasi
pendidikan. Melakukan upaya-upaya perbaikan melalui mengkordinasi,
membimbing, dan mengevaluasi
B. IMPLIKASI
Setelah penulis menguraikan kesimpulan tersebut, maka dibawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam skripsi ini adalah
sebagai berikut :
1. Kepada kepala madrasah agar senantiasa melaksanakan tugasnya sebagai
supervisor agar seluruh staf sekolah mampu meningkatkan mutu
pendidikan.
2. Kepada seluruh staf di MTs Nurul Aeyn As’Adiyah Kampung Baru agar
senantiasa menjalin kerjasama, komunikasi dan mendengarkan arahan dari
kepala madrasah demi mewujudkan tujuan pendidikan.
Ketersediaan
| ST20170271 | 271/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
271/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
