Strategi Pemasaran Secara Islami dalam Menarik Minat Pelanggan (Studi pada Surya Indah Swalayan Palakka)
Asriyani/01.12.3119 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang strategi pemasaran secara Islami dalam menarik minat pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat pelanggan dengan strategi pemasaran secara Islami dan penerapan nilai-nilai Islami pada strategi pemasaran.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif dengan melakuukan dokumentasi dan wawancara. Pengolahan data yang digunakan desain deskriptif kualitatif digunakan untuk memberikan gambaran mengenai strategi pemasaran Islami yang diterapkan pada toko Surya Indah Palakka sehingga pelanggan dapat tertarik berbelanja
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran secara Islami yang diterapkan Surya Indah Swalayan Palakka yaitu melakukan strategi pemasaran yaitu mulai dari menentukan tempat strategis pemasaran barang, menjual barang yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari dan barang tersebut halal, berkualitas dan disenangi pelanggan. Selain itu strategi yang lain diterapkan yaitu dari segi strategi promosi dan strategi harga yaitu adanya promosi dengan harga yang tetap, menawarkan harga barang yang murah bahkan lebih murah jika pengambilan barang dalam porsi lebih banyak, dari segi pelayanan memberikan kenyamanan pelanggan untuk berbelanja dengan keramahan dan sikap yang baik Dan penerapan nilai-nilai Islami pada strategi pemasaran di Surya Indah Swalayan Palakka yaitu seluruh karyawan wanita berhijab dengan sikap melayani pelaanggan dan tata karma yang santun. Pelanggan telah teredukasi untuk berbelanja di Surya Indah Swalayan Palakka karena keyakinan pada barang-barang yang dijual halal, ukuran dan takaran yang sesuai, barang-barangnya diperhatikan sehingga tidak ada barang yang kadaluarsa. Strategi pemasaran dan nilai-nilai tersebut dapat menarik minat pelanggan karena banyaknya masyarakat yang senang dan sering berbelanja disana.
A. Kesimpulan
Setelah dilakukan kajian, analisis, dan pembahasan pada Bab sebelumnya atas permasalahan yang dirumuskan dan sesuai dengan tujuan penelitian. Dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1. Strategi pemasaran Islami yang diterapkan Surya Indah Swalayan Palakka sesuai dengan bisnis marketing yang diterapkan Nabi Muhammad SAW yaitu dari melakukan strategi pemasaran yaitu mulai dari menentukan tempat strategis pemasaran barang, menjual barang yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari dan barang tersebut halal, berkualitas dan disenangi pelanggan. Selain itu strategi yang lain diterapkan yaitu dari segi strategi promosi dan strategi harga yaitu adanya promosi dengan harga yang tetap, menawarkan harga barang yang murah bahkan lebih murah jika pengambilan barang dalam porsi lebih banyak, dari segi pelayanan memberikan kenyamanan pelanggan untuk berbelanja dengan keramahan dan sikap yang baik.
2. Penerapan nilai-nilai Islami pada strategi pemasaran di toko Surya Indah Palakka yaitu seluruh karyawan wanita berhijab dengan sikap melayani pelanggan dan tata karma yang santun. Pelanggan telah teredukasi untuk berbelanja di Surya Indah Swalayan Palakka karena keyakinan pada barang-barang yang dijual halal, ukuran dan takaran yang sesuai, barang-barangnya diperhatikan sehingga tidak ada barang yang kadaluwarsa.
B. Saran
Berdasarkan hasil pengamatan dalam penelitian ini, maka berikut ini disarankan beberapa hal sebagai berikut :
1. Diharapkan bagi manajemen perusahaan terlebih pramuniaga untuk tetap menjaga stok barang di etalase/tempat pemajangan barang agar tidak adanya barang yang kosong dan menjaga kerapian etalasenya.
2. Diharapkan bagi karyawan menjaga kepercayaan pelanggan dengan tetap memberikan pelayanan yang baik dan sikap rendah hati kepada seluruh pelanggan.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif dengan melakuukan dokumentasi dan wawancara. Pengolahan data yang digunakan desain deskriptif kualitatif digunakan untuk memberikan gambaran mengenai strategi pemasaran Islami yang diterapkan pada toko Surya Indah Palakka sehingga pelanggan dapat tertarik berbelanja
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran secara Islami yang diterapkan Surya Indah Swalayan Palakka yaitu melakukan strategi pemasaran yaitu mulai dari menentukan tempat strategis pemasaran barang, menjual barang yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari dan barang tersebut halal, berkualitas dan disenangi pelanggan. Selain itu strategi yang lain diterapkan yaitu dari segi strategi promosi dan strategi harga yaitu adanya promosi dengan harga yang tetap, menawarkan harga barang yang murah bahkan lebih murah jika pengambilan barang dalam porsi lebih banyak, dari segi pelayanan memberikan kenyamanan pelanggan untuk berbelanja dengan keramahan dan sikap yang baik Dan penerapan nilai-nilai Islami pada strategi pemasaran di Surya Indah Swalayan Palakka yaitu seluruh karyawan wanita berhijab dengan sikap melayani pelaanggan dan tata karma yang santun. Pelanggan telah teredukasi untuk berbelanja di Surya Indah Swalayan Palakka karena keyakinan pada barang-barang yang dijual halal, ukuran dan takaran yang sesuai, barang-barangnya diperhatikan sehingga tidak ada barang yang kadaluarsa. Strategi pemasaran dan nilai-nilai tersebut dapat menarik minat pelanggan karena banyaknya masyarakat yang senang dan sering berbelanja disana.
A. Kesimpulan
Setelah dilakukan kajian, analisis, dan pembahasan pada Bab sebelumnya atas permasalahan yang dirumuskan dan sesuai dengan tujuan penelitian. Dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1. Strategi pemasaran Islami yang diterapkan Surya Indah Swalayan Palakka sesuai dengan bisnis marketing yang diterapkan Nabi Muhammad SAW yaitu dari melakukan strategi pemasaran yaitu mulai dari menentukan tempat strategis pemasaran barang, menjual barang yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari dan barang tersebut halal, berkualitas dan disenangi pelanggan. Selain itu strategi yang lain diterapkan yaitu dari segi strategi promosi dan strategi harga yaitu adanya promosi dengan harga yang tetap, menawarkan harga barang yang murah bahkan lebih murah jika pengambilan barang dalam porsi lebih banyak, dari segi pelayanan memberikan kenyamanan pelanggan untuk berbelanja dengan keramahan dan sikap yang baik.
2. Penerapan nilai-nilai Islami pada strategi pemasaran di toko Surya Indah Palakka yaitu seluruh karyawan wanita berhijab dengan sikap melayani pelanggan dan tata karma yang santun. Pelanggan telah teredukasi untuk berbelanja di Surya Indah Swalayan Palakka karena keyakinan pada barang-barang yang dijual halal, ukuran dan takaran yang sesuai, barang-barangnya diperhatikan sehingga tidak ada barang yang kadaluwarsa.
B. Saran
Berdasarkan hasil pengamatan dalam penelitian ini, maka berikut ini disarankan beberapa hal sebagai berikut :
1. Diharapkan bagi manajemen perusahaan terlebih pramuniaga untuk tetap menjaga stok barang di etalase/tempat pemajangan barang agar tidak adanya barang yang kosong dan menjaga kerapian etalasenya.
2. Diharapkan bagi karyawan menjaga kepercayaan pelanggan dengan tetap memberikan pelayanan yang baik dan sikap rendah hati kepada seluruh pelanggan.
Ketersediaan
| SS20160125 | 125/2016 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
125/2016
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Syariah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
