Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Pengembangan Manajemen Kelas di SMPN 1 Dua Boccoe Kab. Bone
Lisawati/02.13.3177 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai“Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Pengembangan Manajemen Kelas di SMPN 1 Dua Boccoe”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui tentang pelaksanaan supervisi kepala sekolah dan manajemen kelas di SMPN 1 Dua Boccoe serta bagaimana pengaruh pelaksanaan supervisi kepala sekolah terhadap pengembangan manajemen kelas guru.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik pengambilan data antara lain kuisioner/angket, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif statistik.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Perencanaan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru, melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat, dan menindaklanjuti hasil evaluasi program dalam rangka peningkatan pemenuhan standar termasuk dalam kategori “baik”; 2) Keterampilan yang berhubungan dengan menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan keterampilan yang berhubungan dengan pengembangan kondisi belajar yang optimal termasuk dalam kategori “baik”; dan 3) Pelaksanaan supervisi kepala sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap pengembangan manajemen kelas guru di SMPN 1 Dua Boccoe. Besarnya pengaruh tersebut memberikan sumbangan sebesar 30,3% terhadap pengembangan manajemen kelas.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan di atas, maka penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Supervisi kepala sekolah SMPN 1 Dua Boccoe dapat dikategorikan baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai sebesar 68,04. Angka 68,04 berada pada kategori baik yaitu terletak pada interval antara 68-71.
2. Pengembangan manajemen kelas di SMPN 1 Dua Boccoe dapat dikategorikan baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai sebesar 64,22. Angka 64,22 berada pada kategori baik yaitu terletak pada interval antara 64-68.
3. Berdasarkan analisis regresi linier sederhana, diperoleh nilai t hitung 3,214 dengan harga t tabel sebesar 2,085 pada signifikansi 0,05 sehingga nilai t hitung sebesar 3,214 lebih besar dari > t tabel 2,085, sehingga variabel supervisi kepala sekolah secara signifikan mempengaruhi pengembangan manajemen kelas di SMPN 1 Dua Boccoe. Besarnya varian pengembangan manajemen kelas yang dipengaruhi atau ditentukan oleh supervisi kepala sekolah adalah sebesar 30,3% .
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksud yaitu sebagai berikut:
1. Supervisi kepala sekolah yang sudah baik selama ini perlu dipertahankan dan perlu ditingkatkan/dikembangkan upaya-upaya yang memungkinkan untuk semakin mengoptimalkan manajemen kelas guru.
2. Para guru agar terus mengembangkan kemampuan manajemen kelasnya agar dapat menciptakan kondisi yang kondusif dalam proses pembelajaran.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik pengambilan data antara lain kuisioner/angket, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif statistik.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Perencanaan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru, melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat, dan menindaklanjuti hasil evaluasi program dalam rangka peningkatan pemenuhan standar termasuk dalam kategori “baik”; 2) Keterampilan yang berhubungan dengan menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan keterampilan yang berhubungan dengan pengembangan kondisi belajar yang optimal termasuk dalam kategori “baik”; dan 3) Pelaksanaan supervisi kepala sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap pengembangan manajemen kelas guru di SMPN 1 Dua Boccoe. Besarnya pengaruh tersebut memberikan sumbangan sebesar 30,3% terhadap pengembangan manajemen kelas.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan di atas, maka penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Supervisi kepala sekolah SMPN 1 Dua Boccoe dapat dikategorikan baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai sebesar 68,04. Angka 68,04 berada pada kategori baik yaitu terletak pada interval antara 68-71.
2. Pengembangan manajemen kelas di SMPN 1 Dua Boccoe dapat dikategorikan baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai sebesar 64,22. Angka 64,22 berada pada kategori baik yaitu terletak pada interval antara 64-68.
3. Berdasarkan analisis regresi linier sederhana, diperoleh nilai t hitung 3,214 dengan harga t tabel sebesar 2,085 pada signifikansi 0,05 sehingga nilai t hitung sebesar 3,214 lebih besar dari > t tabel 2,085, sehingga variabel supervisi kepala sekolah secara signifikan mempengaruhi pengembangan manajemen kelas di SMPN 1 Dua Boccoe. Besarnya varian pengembangan manajemen kelas yang dipengaruhi atau ditentukan oleh supervisi kepala sekolah adalah sebesar 30,3% .
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksud yaitu sebagai berikut:
1. Supervisi kepala sekolah yang sudah baik selama ini perlu dipertahankan dan perlu ditingkatkan/dikembangkan upaya-upaya yang memungkinkan untuk semakin mengoptimalkan manajemen kelas guru.
2. Para guru agar terus mengembangkan kemampuan manajemen kelasnya agar dapat menciptakan kondisi yang kondusif dalam proses pembelajaran.
Ketersediaan
| ST20170263 | 263/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
263/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
