Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing Produk melalui Orientasi Pasar dalam rangka Meningkatkan Pendapatan”
Nur Hikmah/01.15.3307 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang“Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing
Produk melalui Orientasi Pasar dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dalam menciptakan keunggulan
bersaing melalui orientas pasara dapat meningkatkan kinerja pemasaran. Objek dalam
penelitian ini yaitu pemilik dan pekerja pada toko kue Hasyim Syukur. .
Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan
menggunakan pendekatan sosiologi, psikologi dan pendekatan ekonomi Islam.
Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam
mengumpulkan data yang diperlukan. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan analisis SWOT yaitu Strengt (Kekuatan), Weakness
(Kelemahan),Opportunity (Peluang), dan Threats (Ancaman).
Daya saing toko kue di wilayah kecamatan Dua Boccoe tidak memberikan
dampak yang besar terhadap Toko Kue Hasyim Syukur, hal ini disebabkan Toko Kue
Hasyim Syukur telah lebih dulu menjalankan usahanya dibanding dengan usaha
sejenis yang lain, lokasi tempat usaha yang strategis di banding yang lain dan
kemampuan produksi yang lebih cepat dibanding dengan usaha lain, serta produk
yang ditawarkan selalu mengalami pembaruan atau inovasi sehingga para calon
pelanggan tidak bosan dengan produk yang ditawarkan oleh usaha Toko kue Hasyim
Syukur. Produk dari Toko Kue Hasyim Syukur telah lebih dulu terkenal dibanding
dengan usaha sejenis yang lain sehingga mayoritas para pelanggan akan cenderung
membeli dan memesan produk kue ke Toko Kue hasyim Syukur, dengan jumlah
permintaan dan pemesanan produk yang masuk ke Toko Kue Hasyim Syukur
lumayan banyak tiap bulannya, mengakibatkan tingkat pendapatan dari Toko Kue
hasyim Syukur selalu mengalami peningkatan mengikuti jumlah produk yang dibeli
dan dipesan oleh konsumen. Orientasi pasar menjadi salah satu cara untuk
menciptakan keunggulan bersaing pada Toko Kue hasyim Syukur, dengan meninjau
lebih jauh bagaimana orientasi orientasi pelanggan dan orientasi konsumen
A. kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dari bab sebelumnya, peneliti
menarik kesimpulan bahwa :
1. daya saing toko kue di wilayah kecamatan Dua Boccoe tidak memberikan
dampak yang besar terhadap Toko Kue Hasyim Syukur, hal ini disebabkan
Toko Kue Hasyim Syukur telah lebih dulu menjalankan usahanya dibanding
dengan usaha sejenis yang lain, lokasi tempat usaha yang strategis di banding
yang lain dan kemampuan produksi yang lebih cepat dibanding dengan usaha
lain, serta produk yang ditawarkan selalu mengalami pembaruan atau inovasi
sehingga para calon pelanggan tidak bosan dengan produk yang ditawarkan
oleh usaha Toko kue Hasyim Syukur.
2. Produk dari Toko Kue Hasyim Syukur telah lebih dulu terkenal dibanding
dengan usaha sejenis yang lain sehingga mayoritas para pelanggan akan
cenderung membeli dan memesan produk kue ke Toko Kue hasyim Syukur,
dengan jumlah permintaan dan pemesanan produk yang masuk ke Toko Kue
Hasyim Syukur lumayan banyak tiap bulannya, mengakibatkan tingkat
pendapatan dari Toko Kue hasyim Syukur selalu mengalami peningkatan
mengikuti jumlah produk yang dibeli dan dipesan oleh konsumen.
3. Orientasi pasar menjadi salah satu cara untuk menciptakan keunggulan
bersaing pada Toko Kue hasyim Syukur, dengan meninjau lebih jauh
bagaimana orientasi orientasi pelanggan dan orientasi konsumen. Toko Kue
hasyim syukur telah mereapkan Hal tersebut yang membantu mereka lebih
mengenal konsumen dan pesaingnya, karena dengan lebih mengenal para
pelanggannya maka semakin mudah Yoko Kue hasyim Syukur untuk
membuat produk yang sesuai dengan selera mereka, dan jika lebih mengenal
para pesaingnya, akan lebih memudahkan untuk melihat kelebihan,
kekurangan dan ciri khas yang usaha lain punya dibanding dengan usaha yang
dijalankan. Yang kemudian selanjutnya mencari sebuah solusi bagaimana
agar pelanggan lebih senang dan suka terhadap produk yang ditawarkan agar
mampu kembali bersaing dengan usaha sejenis.
B. Implikasi
1. Untuk Pihak Toko Kue Hasyim Syukur
Melihat pertumbuhan usaha dan keberhasilan usaha dalam usaha kue ini,
mungkin pihak Toko Kue hasyim Syukur dapat mempertimbangkan untuk
membuka cabang yang baru, karena melihat jumlah permintaan yang terus
meningkat tiap bulannya dan nama toko yang telah dikenal banyak orang serta
produk yang ditawarkan yang selalu mengalami inovasi sehingga hal ini telah
sangat memnuhi sarat untuk membuka cabang yang agar dapat membuka
lapangan pekerjaan dan menambah tingkat pendapatan usaha toko kue hasyim
Syukur.
2. Untuk peneliti selanjutnya
Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lebih dalam
dan luas mengenai metode penetapan harga produk berdasarkan prinsip-
prinsip syariah dengan fokus penelitian atau variabel penelitian yang lain
dengan lokasi yang berbeda.
Produk melalui Orientasi Pasar dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dalam menciptakan keunggulan
bersaing melalui orientas pasara dapat meningkatkan kinerja pemasaran. Objek dalam
penelitian ini yaitu pemilik dan pekerja pada toko kue Hasyim Syukur. .
Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan
menggunakan pendekatan sosiologi, psikologi dan pendekatan ekonomi Islam.
Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam
mengumpulkan data yang diperlukan. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan analisis SWOT yaitu Strengt (Kekuatan), Weakness
(Kelemahan),Opportunity (Peluang), dan Threats (Ancaman).
Daya saing toko kue di wilayah kecamatan Dua Boccoe tidak memberikan
dampak yang besar terhadap Toko Kue Hasyim Syukur, hal ini disebabkan Toko Kue
Hasyim Syukur telah lebih dulu menjalankan usahanya dibanding dengan usaha
sejenis yang lain, lokasi tempat usaha yang strategis di banding yang lain dan
kemampuan produksi yang lebih cepat dibanding dengan usaha lain, serta produk
yang ditawarkan selalu mengalami pembaruan atau inovasi sehingga para calon
pelanggan tidak bosan dengan produk yang ditawarkan oleh usaha Toko kue Hasyim
Syukur. Produk dari Toko Kue Hasyim Syukur telah lebih dulu terkenal dibanding
dengan usaha sejenis yang lain sehingga mayoritas para pelanggan akan cenderung
membeli dan memesan produk kue ke Toko Kue hasyim Syukur, dengan jumlah
permintaan dan pemesanan produk yang masuk ke Toko Kue Hasyim Syukur
lumayan banyak tiap bulannya, mengakibatkan tingkat pendapatan dari Toko Kue
hasyim Syukur selalu mengalami peningkatan mengikuti jumlah produk yang dibeli
dan dipesan oleh konsumen. Orientasi pasar menjadi salah satu cara untuk
menciptakan keunggulan bersaing pada Toko Kue hasyim Syukur, dengan meninjau
lebih jauh bagaimana orientasi orientasi pelanggan dan orientasi konsumen
A. kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dari bab sebelumnya, peneliti
menarik kesimpulan bahwa :
1. daya saing toko kue di wilayah kecamatan Dua Boccoe tidak memberikan
dampak yang besar terhadap Toko Kue Hasyim Syukur, hal ini disebabkan
Toko Kue Hasyim Syukur telah lebih dulu menjalankan usahanya dibanding
dengan usaha sejenis yang lain, lokasi tempat usaha yang strategis di banding
yang lain dan kemampuan produksi yang lebih cepat dibanding dengan usaha
lain, serta produk yang ditawarkan selalu mengalami pembaruan atau inovasi
sehingga para calon pelanggan tidak bosan dengan produk yang ditawarkan
oleh usaha Toko kue Hasyim Syukur.
2. Produk dari Toko Kue Hasyim Syukur telah lebih dulu terkenal dibanding
dengan usaha sejenis yang lain sehingga mayoritas para pelanggan akan
cenderung membeli dan memesan produk kue ke Toko Kue hasyim Syukur,
dengan jumlah permintaan dan pemesanan produk yang masuk ke Toko Kue
Hasyim Syukur lumayan banyak tiap bulannya, mengakibatkan tingkat
pendapatan dari Toko Kue hasyim Syukur selalu mengalami peningkatan
mengikuti jumlah produk yang dibeli dan dipesan oleh konsumen.
3. Orientasi pasar menjadi salah satu cara untuk menciptakan keunggulan
bersaing pada Toko Kue hasyim Syukur, dengan meninjau lebih jauh
bagaimana orientasi orientasi pelanggan dan orientasi konsumen. Toko Kue
hasyim syukur telah mereapkan Hal tersebut yang membantu mereka lebih
mengenal konsumen dan pesaingnya, karena dengan lebih mengenal para
pelanggannya maka semakin mudah Yoko Kue hasyim Syukur untuk
membuat produk yang sesuai dengan selera mereka, dan jika lebih mengenal
para pesaingnya, akan lebih memudahkan untuk melihat kelebihan,
kekurangan dan ciri khas yang usaha lain punya dibanding dengan usaha yang
dijalankan. Yang kemudian selanjutnya mencari sebuah solusi bagaimana
agar pelanggan lebih senang dan suka terhadap produk yang ditawarkan agar
mampu kembali bersaing dengan usaha sejenis.
B. Implikasi
1. Untuk Pihak Toko Kue Hasyim Syukur
Melihat pertumbuhan usaha dan keberhasilan usaha dalam usaha kue ini,
mungkin pihak Toko Kue hasyim Syukur dapat mempertimbangkan untuk
membuka cabang yang baru, karena melihat jumlah permintaan yang terus
meningkat tiap bulannya dan nama toko yang telah dikenal banyak orang serta
produk yang ditawarkan yang selalu mengalami inovasi sehingga hal ini telah
sangat memnuhi sarat untuk membuka cabang yang agar dapat membuka
lapangan pekerjaan dan menambah tingkat pendapatan usaha toko kue hasyim
Syukur.
2. Untuk peneliti selanjutnya
Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lebih dalam
dan luas mengenai metode penetapan harga produk berdasarkan prinsip-
prinsip syariah dengan fokus penelitian atau variabel penelitian yang lain
dengan lokasi yang berbeda.
Ketersediaan
| SFEBI20190476 | 476/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
476/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
