Analisis Diferensiasi Produk dalam Meningkatkan Penjualan Pada Toko Hj Saumah di Kec. Tanete Riattang Kab. Bon
Hasniar/01.15.3161 - Personal Name
Skripsi ini mengkaji tentang diferensiasi produk dalam meningkatkan
penjualan pada toko Hj Saumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
diferensiasi produk dalam meningkatkan penjualan dalam mengelola bisnisnya.
Berdasakan tujuan penelitian diatas, maka jenis penelitian yang digunakan
adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan field research (penelitan
lapangan) yang menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik
Descriptive Analysis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa diferensiasi produk yang dimiliki Toko
Hj Saumah dalam mengelola usahanya, bahwa peranan diferensiasi produk mampu
menjadi solusi efektif untuk meningkatkan penjualan dari produk yang dihasilkan.
Keunggulan produk yang dihasilkan adalah dari 1) jenis; 2) desain; 3) bentuk; 4)
model; 5) warna. Toko Hj Saumah juga menghasilkan produk-produk yang
berkualitas sehingga apabila perusahaan lebih meningkatkan diferensiasi produk dan
penjualan maka keputusan pembelian akan lebih tinggi. Karna secara bersama-sama
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dan meningkatkan
penjualan.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian penjelasan pada pembahasan penelitian ini, maka dapat
disimpulkan bahwa:
1. Diferensiasi terhadap kualitas meubel sangat berperan penting dalam
meningkatkan penjualan karena dengan adanya berbagai jenis produk meubel
banyak pilihan yang dapat di peroleh dengan kualitas yang baik pula.
2. Diferensiasi terhadap desain meubel sangat berperan penting dalam
meningkatkan penjualan dikarenakan setiap desain memiliki keunikan
tersendiri dengan menampilkan berbagai macam desain dan dapat memenuhi
keinginan konsumen.
3. Diferensiasi terhadap bentuk meubel sangat berperan penting dalam
meningkatkan penjualan dikarenakan bentuk produk yang menarik dan juga
berbeda dari pesaing.
4. Diferensiasi terhadap model/ tipe meubel sangat berperan penting dalam
meningkatkan penjualan dikarenakan selain kualitas yang baik juga dapat
memberi kenyamanan pada saat digunakan.
5. Diferensiasi terhadap warna meubel sangat berperan penting dalam
meningkatkan penjualan dikarenakan setiap warna yang dimilki dapat
mempercantik suati produ dengan memebrikan warna yang cerah menjadi
ketertarikan sendiri terhadap konsumen.
6. Dari semua diferensiasi yang diterapkan Toko Hj Saumah yaitu diferensiasi
berbasir jenis meubel, desain meubel, bentuk meubel, model/ tipe meubel,
warna meubel menunjjukkan bahwa konsumen merasa puas dengan adanya
diferensiasi, hal ini dapat dilihat dari semua indikator yang digunakan dalam
penelitian semua dalam kategori baik.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan diatas maka penulis memberikan saran kepada
Kepala Toko Hj Saumah untuk lebih meningkatkan diferensiasi produk seperti
yang diteladankan oleh H Harman sebagai pemilik Toko Hj Saumah. Nilai-nilai
H.Harman dalam mengelola bisnisnya harus tetap dipertahankan dan diterapkan
dalam perusahaan. Perpaduan antara diferensiasi produk harus tetap berjalan, agar
perusahaan tetap dapat eksis ditengah persaingan yang semakin keras. Karena
diferensiasi produk merupakan kunci untuk menyelamatkan perusahaan dari
kehancuran akibat dari sifat tamak manusia.
penjualan pada toko Hj Saumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
diferensiasi produk dalam meningkatkan penjualan dalam mengelola bisnisnya.
Berdasakan tujuan penelitian diatas, maka jenis penelitian yang digunakan
adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan field research (penelitan
lapangan) yang menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik
Descriptive Analysis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa diferensiasi produk yang dimiliki Toko
Hj Saumah dalam mengelola usahanya, bahwa peranan diferensiasi produk mampu
menjadi solusi efektif untuk meningkatkan penjualan dari produk yang dihasilkan.
Keunggulan produk yang dihasilkan adalah dari 1) jenis; 2) desain; 3) bentuk; 4)
model; 5) warna. Toko Hj Saumah juga menghasilkan produk-produk yang
berkualitas sehingga apabila perusahaan lebih meningkatkan diferensiasi produk dan
penjualan maka keputusan pembelian akan lebih tinggi. Karna secara bersama-sama
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dan meningkatkan
penjualan.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian penjelasan pada pembahasan penelitian ini, maka dapat
disimpulkan bahwa:
1. Diferensiasi terhadap kualitas meubel sangat berperan penting dalam
meningkatkan penjualan karena dengan adanya berbagai jenis produk meubel
banyak pilihan yang dapat di peroleh dengan kualitas yang baik pula.
2. Diferensiasi terhadap desain meubel sangat berperan penting dalam
meningkatkan penjualan dikarenakan setiap desain memiliki keunikan
tersendiri dengan menampilkan berbagai macam desain dan dapat memenuhi
keinginan konsumen.
3. Diferensiasi terhadap bentuk meubel sangat berperan penting dalam
meningkatkan penjualan dikarenakan bentuk produk yang menarik dan juga
berbeda dari pesaing.
4. Diferensiasi terhadap model/ tipe meubel sangat berperan penting dalam
meningkatkan penjualan dikarenakan selain kualitas yang baik juga dapat
memberi kenyamanan pada saat digunakan.
5. Diferensiasi terhadap warna meubel sangat berperan penting dalam
meningkatkan penjualan dikarenakan setiap warna yang dimilki dapat
mempercantik suati produ dengan memebrikan warna yang cerah menjadi
ketertarikan sendiri terhadap konsumen.
6. Dari semua diferensiasi yang diterapkan Toko Hj Saumah yaitu diferensiasi
berbasir jenis meubel, desain meubel, bentuk meubel, model/ tipe meubel,
warna meubel menunjjukkan bahwa konsumen merasa puas dengan adanya
diferensiasi, hal ini dapat dilihat dari semua indikator yang digunakan dalam
penelitian semua dalam kategori baik.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan diatas maka penulis memberikan saran kepada
Kepala Toko Hj Saumah untuk lebih meningkatkan diferensiasi produk seperti
yang diteladankan oleh H Harman sebagai pemilik Toko Hj Saumah. Nilai-nilai
H.Harman dalam mengelola bisnisnya harus tetap dipertahankan dan diterapkan
dalam perusahaan. Perpaduan antara diferensiasi produk harus tetap berjalan, agar
perusahaan tetap dapat eksis ditengah persaingan yang semakin keras. Karena
diferensiasi produk merupakan kunci untuk menyelamatkan perusahaan dari
kehancuran akibat dari sifat tamak manusia.
Ketersediaan
| SFEBI20190281 | 281/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
281/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
