Peranan Kepemimpinan Efektif Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Di SMKN 1 Rujukan Watampone
Irhanuddin/02.12.3106 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Peranan Kepemimpinan Efektif Kepala
Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Di SMKN 1 Rujukan Watampone”.
Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui Peranan
Kepemimpinan Kepala Sekolah dan bagaimana tingkat keberhasilan kinerja guru
yang ada di SMKN Rujukan Watampone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas digunaka metode
penelitian lapangan dengan menggunakan teknik antara lain wawancara,
dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan
metode reduksi data dan penyajian data, selanjutnya dianalisis dengan
menggunakan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian skripsi ini adalah: Untuk
Mengetahui Peranan kepemimpinan efektif kepala sekolah serta Mengetahui
Bagaimana peningkatan kinerja guru di SMKN 1 Rujukan Watampone. Adapun
kegunaan penelitian ini adalah: Secara teoritis penelitian ini memberikan
sumbangsih ilmu maupun pengetahuan dan referensi bagi peneliti maupun
pembaca yang nantinya mampu mengetahui tentang pelaksanaan administrasi
guru dalam menunjang keberhasilan pembelajaran. Dan Penelitian ini juga
diharapkan menjadi bahan masukan atau saran kepada SMKN 1 Rujukan
Watampone. Dan Sebagai bahan informasi serta pertimbangan kepada penelitipeneliti
lainnya yang ingin mengadakan penelitian lanjutan dan lebih mendalam
Sebagai bahan acuan untuk penulisan selanjutnya.
Berdasarkan hasil penelitian tentang Peranan Kepemimpinan Efektif
Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Di SMKN 1 Rujukan
Watampone. bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang efektif melahirkan
perubahan, baik perubahan pemikiran, sikap, maupun perilaku sehingga dapat
mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien.
1. Simpulan
Berdasarkan hasil obsevasi dan wawancara yang penulis lakukan dapat di
simpulkan bahwa peranan kepemimpinan efektif kepala sekolah di SMKN 1
Rujukan Watampone, bahwa dalam dunia pendidikan, seringkali kita dihadapkan
pada sebuah masalah terkait dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.
Kepala sekolah merupakan penentu kebijakan sekolah yang akan menentukan
bagaimana tujuan sekolah dan pendidikan pada umumnya di realisasikan dan
kepala sekolah SMKN 1 Rujukan Watampone mampu memberdayakan guru untuk
proses pebelajaran dengan lancar, produktif dan mampu membimbing serta
memberikan motivasi kepada guru untuk lebih meningkatkan keterampilan
pembelajaranya agar bisa mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan sehingga
tetap mempertahankan citra nama baik sekolah dan tenaga pendidik serta lulusan
yang berkualitas.
Kinerja guru SMKN 1 Rujukan Watampone merupakan kemampuan
seorang guru dalam melaksanakan tugas pembelajaran di Sekolah dan bertanggung
jawab atas peserta didik di bawah bimbingannya dengan meningkatkan prestasi
belajar peserta didik. Olehnya itu dibutuhkan sebuah inovasi atau kreatifitas untuk
dapat menghidupakan situasi belajar dan mengembangkan situasi pembelajaran
disekolah. Karena maksimal tidaknya daya serap murid terhadap materi
pembelajaran yang diajarkan tergantung dari kemampuan daya kreatifitas seorang
guru dalam mengembangkan situasi pembelajaran. Dalam pengembangan situasi
belajar itu bisa dilakukan dengan memberi sebuah situasi belajar yang
menyenangkan murid demi menstimulus dan mendongkrak situasi pembelajaran
dan penyerapan ilmu peserta didik tersebut.
2. Implikasi
Ada beberapa hal yang diharapkan oleh penulis berdasarkan hasil dan
pembahasan penelitian berkaitan dengan peranan keemimpinan efektif kepala
sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMKN 1 Rujukan Watampone.
Bagi Kepala sekolah sebagai pengelola dan pemimpin, diharapkan dapat
terus meningkatkan kinerjanya dengan meningkatkan pengetahuan, wawasan dan
keterampilannya. Disamping itu kepala sekolah sebagai penentu kebijakan,
hendaknya dalam merumuskan dan menetapkan kebijakannya harus dilakukan
secara cerdas bukan hanya cerdas intelektual tapi juga cerdas secara emosional
sehingga semua keputusannya menjadi inspirasi bagi seluruh warga sekolah.
Guru sebagai rekan kerja kepala sekolah dalam melaksanakan proses
pendidikan disekolah diharapkan agar bekerjasama dengan kepala sekolah dalam
mengembangkan program-program sekolah agar tujuan sekolah kedepan dapat
dicapai dengan baik. Selain itu, diharapkan agar guru selalu meningkatkan
kinerjanya sehingga berimplikasi terhadap produktivitas kerja. Kinerja seorang
guru akan terlihat dari proses dan hasil kerja yang dilandasi dengan keikhlasan,
kejujuran, kesabaran, ketrampilan, rasa tanggung jawab, kecintaan dan amanah
yang tinggi dalam menjalankan pekerjaannya.
Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Di SMKN 1 Rujukan Watampone”.
Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui Peranan
Kepemimpinan Kepala Sekolah dan bagaimana tingkat keberhasilan kinerja guru
yang ada di SMKN Rujukan Watampone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas digunaka metode
penelitian lapangan dengan menggunakan teknik antara lain wawancara,
dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan
metode reduksi data dan penyajian data, selanjutnya dianalisis dengan
menggunakan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian skripsi ini adalah: Untuk
Mengetahui Peranan kepemimpinan efektif kepala sekolah serta Mengetahui
Bagaimana peningkatan kinerja guru di SMKN 1 Rujukan Watampone. Adapun
kegunaan penelitian ini adalah: Secara teoritis penelitian ini memberikan
sumbangsih ilmu maupun pengetahuan dan referensi bagi peneliti maupun
pembaca yang nantinya mampu mengetahui tentang pelaksanaan administrasi
guru dalam menunjang keberhasilan pembelajaran. Dan Penelitian ini juga
diharapkan menjadi bahan masukan atau saran kepada SMKN 1 Rujukan
Watampone. Dan Sebagai bahan informasi serta pertimbangan kepada penelitipeneliti
lainnya yang ingin mengadakan penelitian lanjutan dan lebih mendalam
Sebagai bahan acuan untuk penulisan selanjutnya.
Berdasarkan hasil penelitian tentang Peranan Kepemimpinan Efektif
Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Di SMKN 1 Rujukan
Watampone. bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang efektif melahirkan
perubahan, baik perubahan pemikiran, sikap, maupun perilaku sehingga dapat
mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien.
1. Simpulan
Berdasarkan hasil obsevasi dan wawancara yang penulis lakukan dapat di
simpulkan bahwa peranan kepemimpinan efektif kepala sekolah di SMKN 1
Rujukan Watampone, bahwa dalam dunia pendidikan, seringkali kita dihadapkan
pada sebuah masalah terkait dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.
Kepala sekolah merupakan penentu kebijakan sekolah yang akan menentukan
bagaimana tujuan sekolah dan pendidikan pada umumnya di realisasikan dan
kepala sekolah SMKN 1 Rujukan Watampone mampu memberdayakan guru untuk
proses pebelajaran dengan lancar, produktif dan mampu membimbing serta
memberikan motivasi kepada guru untuk lebih meningkatkan keterampilan
pembelajaranya agar bisa mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan sehingga
tetap mempertahankan citra nama baik sekolah dan tenaga pendidik serta lulusan
yang berkualitas.
Kinerja guru SMKN 1 Rujukan Watampone merupakan kemampuan
seorang guru dalam melaksanakan tugas pembelajaran di Sekolah dan bertanggung
jawab atas peserta didik di bawah bimbingannya dengan meningkatkan prestasi
belajar peserta didik. Olehnya itu dibutuhkan sebuah inovasi atau kreatifitas untuk
dapat menghidupakan situasi belajar dan mengembangkan situasi pembelajaran
disekolah. Karena maksimal tidaknya daya serap murid terhadap materi
pembelajaran yang diajarkan tergantung dari kemampuan daya kreatifitas seorang
guru dalam mengembangkan situasi pembelajaran. Dalam pengembangan situasi
belajar itu bisa dilakukan dengan memberi sebuah situasi belajar yang
menyenangkan murid demi menstimulus dan mendongkrak situasi pembelajaran
dan penyerapan ilmu peserta didik tersebut.
2. Implikasi
Ada beberapa hal yang diharapkan oleh penulis berdasarkan hasil dan
pembahasan penelitian berkaitan dengan peranan keemimpinan efektif kepala
sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMKN 1 Rujukan Watampone.
Bagi Kepala sekolah sebagai pengelola dan pemimpin, diharapkan dapat
terus meningkatkan kinerjanya dengan meningkatkan pengetahuan, wawasan dan
keterampilannya. Disamping itu kepala sekolah sebagai penentu kebijakan,
hendaknya dalam merumuskan dan menetapkan kebijakannya harus dilakukan
secara cerdas bukan hanya cerdas intelektual tapi juga cerdas secara emosional
sehingga semua keputusannya menjadi inspirasi bagi seluruh warga sekolah.
Guru sebagai rekan kerja kepala sekolah dalam melaksanakan proses
pendidikan disekolah diharapkan agar bekerjasama dengan kepala sekolah dalam
mengembangkan program-program sekolah agar tujuan sekolah kedepan dapat
dicapai dengan baik. Selain itu, diharapkan agar guru selalu meningkatkan
kinerjanya sehingga berimplikasi terhadap produktivitas kerja. Kinerja seorang
guru akan terlihat dari proses dan hasil kerja yang dilandasi dengan keikhlasan,
kejujuran, kesabaran, ketrampilan, rasa tanggung jawab, kecintaan dan amanah
yang tinggi dalam menjalankan pekerjaannya.
Ketersediaan
| ST20170260 | 260/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
260/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
