Digitalisasi Pelayanan Publik di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Watampone (Studi Tentang Kesadaran dan Partisipasi Masyarakat)
Syafriadil/01/15/3047 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang pelayanan publik di BPJS Kesehatan Cabang
Watampone yang berbasis digital atau pelayanan secara online yang kemudian
mengukur setiap kesadaran dan partisipasi pesertanya dalam menggunakan layanan
digital tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)sistem pelayanan
kesehatanberbasis digital pada BPJS Kesehatan Cabang Watampone, (2)tingkat
kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menggunakan sistem digitalisasi
pelayanan kesehatan BPJS Kesehatan Cabang Watampone.
Berdasarkan tujuan penelitian di atas, maka jenis penelitian ini adalah
penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data.
Data yang terkumpul kemudian diuji dengan uji Triangulasi.
Hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa: (1) dalam kantor BPJS Kesehatan
tersedia pelayanan digital salah satunya melalui aplikasi berbasis android dan Ios
yaitu Mobile JKN yang memudahkan peserta mengakses layanan BPJS Kesehatan.
(2) tingkat kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap layanan digital pada BPJS
Kesehatan Cabang Watampone yaitu dengan Mobile JKN mengalami penigkatan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian penjelasan pada pembahasan tersebut, dapat disimpulkan
bahwa :
1. Sistem pelayanan pada kantor BPJS Keshatan Cabang Watampone
memiliki 4 (empat) pelayanan yang berbasis digatalisasi yaitu
pendaftaran, pembayaran iuran, pengaduan dan perubahan data peserta
yang sedikit lebih memudahkan peserta BPJS Kesehatan pada kantor
tersebut. Dalam sistem pendaftaran ini ada Sembilan prosedur yang harus
dilewati sehingga bisa menggunakan aplikasi Mobile JKN dan secara
otomatis dapat memiliki KIS digital, kemudian pembayaran iuran ini pada
kantor BPJS Kesehatan juga menyediakan layanan yang berbasis digital
dengan beberapa prosedur yaitu dengan mengakses aplikasi Mobile JKN
dan pilih menu tagihan kemudian pilih premi, nanti akan tertera informasi
tagihan dan pembayaraniuran BPJS Kesehatan. Kemudian kantor BPJS
Kesehatan juga menerima pengaduan secara digital yang tidak lain
melibatkan aplikasi Mobile JKN tersebut dan terakhir perubahan data
peserta sangat membantu peserta yang ingin memindahkan faskesnya
melalui aplikasi Mobile JKN sehingga tanpa perlu mendatangi kantor
BPJS Kesehatan.
2. Tingkat kesadaran dan partisipasi masyarakat
a. Tingkat kesadaran dalam menggunakan sistem digitalisasi pelayanan
pada BPJS Kesehatan Cabang Watampone dengan 2 aspek yaitu
penyuluhan dan pembentukan pola pikir peserta terbukti membuat
kesadaran peserta dalam menggunakan aplikasi Mobile JKN
meningkat.
b. Tingkat partisipasi dalam menggunakan sistem digitalisasi pelayanan
pada BPJS Kesehatan Cabang watampone dengan 2 aspek
penegtahuan dan kebutuhan peserta sangat mempengaruhi tingkat
partisipasi penggunaan Mobile JKN, Hal ini dapat disimpulkan bahwa
partisipasi peserta terhadap layanan digital Mobile JKN meningkat
B. Implikasi
Implikasi dalam penelitian ini sebagaimana yang diuraikan berdasarkan
kesimpulan tersebut bahwa perlunya peningkatan sosialisasi pelayanan digital Mobile
JKN kepada masyarakat agar dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi
penggunaan Mobile JKN.
Watampone yang berbasis digital atau pelayanan secara online yang kemudian
mengukur setiap kesadaran dan partisipasi pesertanya dalam menggunakan layanan
digital tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)sistem pelayanan
kesehatanberbasis digital pada BPJS Kesehatan Cabang Watampone, (2)tingkat
kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menggunakan sistem digitalisasi
pelayanan kesehatan BPJS Kesehatan Cabang Watampone.
Berdasarkan tujuan penelitian di atas, maka jenis penelitian ini adalah
penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data.
Data yang terkumpul kemudian diuji dengan uji Triangulasi.
Hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa: (1) dalam kantor BPJS Kesehatan
tersedia pelayanan digital salah satunya melalui aplikasi berbasis android dan Ios
yaitu Mobile JKN yang memudahkan peserta mengakses layanan BPJS Kesehatan.
(2) tingkat kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap layanan digital pada BPJS
Kesehatan Cabang Watampone yaitu dengan Mobile JKN mengalami penigkatan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian penjelasan pada pembahasan tersebut, dapat disimpulkan
bahwa :
1. Sistem pelayanan pada kantor BPJS Keshatan Cabang Watampone
memiliki 4 (empat) pelayanan yang berbasis digatalisasi yaitu
pendaftaran, pembayaran iuran, pengaduan dan perubahan data peserta
yang sedikit lebih memudahkan peserta BPJS Kesehatan pada kantor
tersebut. Dalam sistem pendaftaran ini ada Sembilan prosedur yang harus
dilewati sehingga bisa menggunakan aplikasi Mobile JKN dan secara
otomatis dapat memiliki KIS digital, kemudian pembayaran iuran ini pada
kantor BPJS Kesehatan juga menyediakan layanan yang berbasis digital
dengan beberapa prosedur yaitu dengan mengakses aplikasi Mobile JKN
dan pilih menu tagihan kemudian pilih premi, nanti akan tertera informasi
tagihan dan pembayaraniuran BPJS Kesehatan. Kemudian kantor BPJS
Kesehatan juga menerima pengaduan secara digital yang tidak lain
melibatkan aplikasi Mobile JKN tersebut dan terakhir perubahan data
peserta sangat membantu peserta yang ingin memindahkan faskesnya
melalui aplikasi Mobile JKN sehingga tanpa perlu mendatangi kantor
BPJS Kesehatan.
2. Tingkat kesadaran dan partisipasi masyarakat
a. Tingkat kesadaran dalam menggunakan sistem digitalisasi pelayanan
pada BPJS Kesehatan Cabang Watampone dengan 2 aspek yaitu
penyuluhan dan pembentukan pola pikir peserta terbukti membuat
kesadaran peserta dalam menggunakan aplikasi Mobile JKN
meningkat.
b. Tingkat partisipasi dalam menggunakan sistem digitalisasi pelayanan
pada BPJS Kesehatan Cabang watampone dengan 2 aspek
penegtahuan dan kebutuhan peserta sangat mempengaruhi tingkat
partisipasi penggunaan Mobile JKN, Hal ini dapat disimpulkan bahwa
partisipasi peserta terhadap layanan digital Mobile JKN meningkat
B. Implikasi
Implikasi dalam penelitian ini sebagaimana yang diuraikan berdasarkan
kesimpulan tersebut bahwa perlunya peningkatan sosialisasi pelayanan digital Mobile
JKN kepada masyarakat agar dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi
penggunaan Mobile JKN.
Ketersediaan
| SFE20190313 | 313/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
313/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
