Analisis Perbandingan Minat Konsumen terhadap Permintaan Bata Ringan dan Bata Merah (Studi UD. Mitra Jaya)
Aldiansyah/01.14.3080 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Minat Konsumen, fokus pada harga dan kualitas bata
merah dan bata ringan. Rumusan masalah dalam penelitian ini, adalah bagaimana minat
konsumen terhadap permintaan bata ringan dan bata merah pada UD. Mitra Jaya dan
bagaimana perbandingan minat konsumen terhadap permintaan bata ringan dan bata merah
pada UD. Mitra Jaya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan minat konsumen
terhadap permintaan bata ringan dan bata merah pada UD. Mitra Jaya dan untuk
mengetahui perbandingan minat konsumen terhadap permintaan bata ringan dan bata merah
pada UD. Mitra Jaya.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan
menggunakan pendekatan kuantitatif. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan metode
obeservasi, angket, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data yang diperlukan. Data
yang telah terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan analisis statistik dan
selanjutnya melakukan interpretasi data dari hasil uji Validitas, uji Realibilitas, uji
Normalitas, uji Wilcoxon, dan uji Mann Whitney menggunakan program SPSS versi 21 for
Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, perbandingan minat konsumen terhadap
permintaan bata merah dan bata ringan menunjukkan Ho di tolak dan Ha diterima, artinya
Ada perbedaan minat konsumen terhadap permintaan bata merah dan bata ringan.
Berdasarkan hasil uji perbandingan minat konsumen terhadap permintaan bata merah dan
bata ringan dengan uji Wilcoxon dan mann whitney yaitu Besar hasil uji untuk bata merah
dengan uji Wilcoxon 1155,50. Dan besar hasil bata ringan yaitu 119,50.Sedangkan besar
hasil uji untuk bata merah dengan uji mann whitney 1604,50. Dan besar hasil bata ringan
yaitu 3445,50.
A. Simpulan
Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian di atas, dapat ditarik simpulan
sebagai berikut:
1. Ada perbedaan minat konsumen terhadap permintaan bata merah dan bata
ringan.perbedaan dari harga dan kualitas produk bata ringan dan bata merah.
diketahui Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 lebih kecil
dari < nilai probabilitas 0,0nn5 maka dapat disimpulkan “Ha diterima”.
Artinya ada perbedaan antara bata merah dan bata ringan.
2. Perbandingan minat konsumen terhadap permintaan bata merah dan bata
ringan menunjukkan Ha diterima, artinya Ada perbedaan minat konsumen
terhadap permintaan bata merah dan bata ringan. Berdasarkan hasil uji
perbandingan minat konsumen terhadap permintaan bata merah dan bata
ringan dengan uji Wilcoxon dan mann whitney yaitu Besar hasil uji untuk
bata merah dengan uji Wilcoxon 1155,50. Dan besar hasil bata ringan yaitu
119,50.Sedangkan besar hasil uji untuk bata merah dengan uji mann whitney
1604,50. Dan besar hasil bata ringan yaitu 3445,50.
B. Implikasi
Berdasarkan simpulan di atas, maka hasil penelitian ini dapat
diimplementasikan, sebagai berikut:
1. Dengan adanya penelitian ini d harapkan para pengusaha agar tetap menjaga
kualitas barang yang mereka perjual belikan agar konsumen dapat menaruh
kepercayaan yang tinggi sehingga usaha mereka tetap berjalan dengan lancer.
2. Diharapkan kepada para konsumen agar dalam membeli suatu barang agar tetap
mempertimbangkan kualitas barang yang akan mereka beli gar dalam pemakaian
barang mereka dapat lebih puas dan senang.
3. Diharapkan kepada para peneliti berikutnya agar hasil penelitian ini dapat
dijadikan sebagai bahan refrensi dalam mengkaji objek yang sama.
merah dan bata ringan. Rumusan masalah dalam penelitian ini, adalah bagaimana minat
konsumen terhadap permintaan bata ringan dan bata merah pada UD. Mitra Jaya dan
bagaimana perbandingan minat konsumen terhadap permintaan bata ringan dan bata merah
pada UD. Mitra Jaya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan minat konsumen
terhadap permintaan bata ringan dan bata merah pada UD. Mitra Jaya dan untuk
mengetahui perbandingan minat konsumen terhadap permintaan bata ringan dan bata merah
pada UD. Mitra Jaya.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan
menggunakan pendekatan kuantitatif. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan metode
obeservasi, angket, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data yang diperlukan. Data
yang telah terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan analisis statistik dan
selanjutnya melakukan interpretasi data dari hasil uji Validitas, uji Realibilitas, uji
Normalitas, uji Wilcoxon, dan uji Mann Whitney menggunakan program SPSS versi 21 for
Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, perbandingan minat konsumen terhadap
permintaan bata merah dan bata ringan menunjukkan Ho di tolak dan Ha diterima, artinya
Ada perbedaan minat konsumen terhadap permintaan bata merah dan bata ringan.
Berdasarkan hasil uji perbandingan minat konsumen terhadap permintaan bata merah dan
bata ringan dengan uji Wilcoxon dan mann whitney yaitu Besar hasil uji untuk bata merah
dengan uji Wilcoxon 1155,50. Dan besar hasil bata ringan yaitu 119,50.Sedangkan besar
hasil uji untuk bata merah dengan uji mann whitney 1604,50. Dan besar hasil bata ringan
yaitu 3445,50.
A. Simpulan
Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian di atas, dapat ditarik simpulan
sebagai berikut:
1. Ada perbedaan minat konsumen terhadap permintaan bata merah dan bata
ringan.perbedaan dari harga dan kualitas produk bata ringan dan bata merah.
diketahui Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 lebih kecil
dari < nilai probabilitas 0,0nn5 maka dapat disimpulkan “Ha diterima”.
Artinya ada perbedaan antara bata merah dan bata ringan.
2. Perbandingan minat konsumen terhadap permintaan bata merah dan bata
ringan menunjukkan Ha diterima, artinya Ada perbedaan minat konsumen
terhadap permintaan bata merah dan bata ringan. Berdasarkan hasil uji
perbandingan minat konsumen terhadap permintaan bata merah dan bata
ringan dengan uji Wilcoxon dan mann whitney yaitu Besar hasil uji untuk
bata merah dengan uji Wilcoxon 1155,50. Dan besar hasil bata ringan yaitu
119,50.Sedangkan besar hasil uji untuk bata merah dengan uji mann whitney
1604,50. Dan besar hasil bata ringan yaitu 3445,50.
B. Implikasi
Berdasarkan simpulan di atas, maka hasil penelitian ini dapat
diimplementasikan, sebagai berikut:
1. Dengan adanya penelitian ini d harapkan para pengusaha agar tetap menjaga
kualitas barang yang mereka perjual belikan agar konsumen dapat menaruh
kepercayaan yang tinggi sehingga usaha mereka tetap berjalan dengan lancer.
2. Diharapkan kepada para konsumen agar dalam membeli suatu barang agar tetap
mempertimbangkan kualitas barang yang akan mereka beli gar dalam pemakaian
barang mereka dapat lebih puas dan senang.
3. Diharapkan kepada para peneliti berikutnya agar hasil penelitian ini dapat
dijadikan sebagai bahan refrensi dalam mengkaji objek yang sama.
Ketersediaan
| SFEBI20200169 | 169/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
Skripsi FEBI
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
