Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Kuliner Pada Catering Keluarga Jl. SugaiMusiKec. TaneteRiattang Kab. Bone
Iwa Sutiawati/01.15.3313 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Kuliner.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan bisnis kuliner di Catering
Keluarga Jalan Sungai Musi. Objek dalam penelitian ini yaitu pemilik dan karyawan
pada Catering Keluarga.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan dengan
menggunakan pendekatan ekonomi syariah. Penelitian ini menggunakan metode
observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data yang diperlukan.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT yaitu Srenght
(Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Peluang), dan Threats (Ancaman).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mengembangkan bisnis
kuliner yang terdapat pada Catering Keluarga yaitu Produk yang dihasilkan memiliki
cita rasa tersendiri yang diminati pelanggan dan berkualitas serta banyak variasi
pilihan menu, kemudian Harga yang ditawarkan terjangkau dengan berbagai varian
menu pilihan sesuai dengan kemampuan ekonomi pelanggan. Distribusinya cepat dan
tepat waktu serta promosi dilakukan dengan menggunakan medsos seperti facebok,
what supp, we chat instagram serta membagikan da menyebarkan berbagai brosur
kepada konsumen.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan
bahwa:
Catering keluarga merupakan usaha di bidang kuliner. Catering ini
berlokasi di Jalan Sungai Musi, Kec. Tanete Riattang Kab.Bone.Catering
keluarga merupakan usaha milik perorangan yaitu dengan penggagasnya Ibu
Wati.Berdirinya Catering keluarga tidak diketahui tanggal pastinya, karena
tidak seperti halnya seseorang yang mempunyai banyak uang yang langsung
dengan mudah membuka usaha.Namun tidak demikian, Catering Keluarga
berawal dari nol dan tentu melalui perjuangan yang sangat besar untuk bisa
sampai sekarng ini.
Adapun strategi pengembangan bisnis yang dilakukan dalam Catering
Keluarga yaitu
a. Produk yang dihasilkan memiliki cita rasa tersendiri yang diminati
pelanggan dan berkualitas serta banyak variasi pilihan menu.
b. Harga yang ditawarkan terjangkau dengan berbagai varian menu
pilihan sesuai dengan kemampuan ekonomi pelanggan. Adapun varian
menu pilhan tersebut yakni paket murah dengan harga Rp. 28.000;-
dan paket mahal Rp. 35.000;- serta paket nasi dos biasa dengan harga
Rp. 20.000;- dan paket nasi dos sepesil dengan harga Rp. 25.000;-.
c. Distribusinya cepat dan tepat waktu
d. Promosi dilakukan dengan menggunakan medsos seperti facebok,
what supp, we chat instagram serta membagikan da menyebarkan
berbagai brosur kepada konsumen.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut maka dibawah ini akan di
uraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam
pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada pihak Catering Keluarga hendaknya melihat kondisi bisnis
sekarang ini yang semakkn rumit, seharusnya Caterin Keluarga tidak
hanya fokos pada strategi penetrasi pasar, tetapi lebih difokuskan juga
pada strategi pengembangan pasar. Hal ini perlu menjadi perhatian yang
lebih, sebab jika mengiginkan sebuah bisnis yang mampu berdaya saing,
maka perbaikan atau pembenahan perlu dilakukan. Dan sebagai upaya
menjaga kepercayaan, loyalitas, dan keamanan konsumen, sebaiknya
untuk produk-produk yang dihasilkan oleh Catering Keluarga semakin
bertambah dan penjualannya pun meningkat.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
kepada semua pihak baik penulis maupun peneliti selanjutnya. Hasil
penelitian ini dapat di jadikan sebagai referensi untuk melakukan
penelitian-penelitian selanjutnya khususnya penelitian-penelitian yang
berkaitan dengan Strategi Pengembangan Bisnis Kuliner.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan bisnis kuliner di Catering
Keluarga Jalan Sungai Musi. Objek dalam penelitian ini yaitu pemilik dan karyawan
pada Catering Keluarga.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan dengan
menggunakan pendekatan ekonomi syariah. Penelitian ini menggunakan metode
observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data yang diperlukan.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT yaitu Srenght
(Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Peluang), dan Threats (Ancaman).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mengembangkan bisnis
kuliner yang terdapat pada Catering Keluarga yaitu Produk yang dihasilkan memiliki
cita rasa tersendiri yang diminati pelanggan dan berkualitas serta banyak variasi
pilihan menu, kemudian Harga yang ditawarkan terjangkau dengan berbagai varian
menu pilihan sesuai dengan kemampuan ekonomi pelanggan. Distribusinya cepat dan
tepat waktu serta promosi dilakukan dengan menggunakan medsos seperti facebok,
what supp, we chat instagram serta membagikan da menyebarkan berbagai brosur
kepada konsumen.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan
bahwa:
Catering keluarga merupakan usaha di bidang kuliner. Catering ini
berlokasi di Jalan Sungai Musi, Kec. Tanete Riattang Kab.Bone.Catering
keluarga merupakan usaha milik perorangan yaitu dengan penggagasnya Ibu
Wati.Berdirinya Catering keluarga tidak diketahui tanggal pastinya, karena
tidak seperti halnya seseorang yang mempunyai banyak uang yang langsung
dengan mudah membuka usaha.Namun tidak demikian, Catering Keluarga
berawal dari nol dan tentu melalui perjuangan yang sangat besar untuk bisa
sampai sekarng ini.
Adapun strategi pengembangan bisnis yang dilakukan dalam Catering
Keluarga yaitu
a. Produk yang dihasilkan memiliki cita rasa tersendiri yang diminati
pelanggan dan berkualitas serta banyak variasi pilihan menu.
b. Harga yang ditawarkan terjangkau dengan berbagai varian menu
pilihan sesuai dengan kemampuan ekonomi pelanggan. Adapun varian
menu pilhan tersebut yakni paket murah dengan harga Rp. 28.000;-
dan paket mahal Rp. 35.000;- serta paket nasi dos biasa dengan harga
Rp. 20.000;- dan paket nasi dos sepesil dengan harga Rp. 25.000;-.
c. Distribusinya cepat dan tepat waktu
d. Promosi dilakukan dengan menggunakan medsos seperti facebok,
what supp, we chat instagram serta membagikan da menyebarkan
berbagai brosur kepada konsumen.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut maka dibawah ini akan di
uraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam
pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada pihak Catering Keluarga hendaknya melihat kondisi bisnis
sekarang ini yang semakkn rumit, seharusnya Caterin Keluarga tidak
hanya fokos pada strategi penetrasi pasar, tetapi lebih difokuskan juga
pada strategi pengembangan pasar. Hal ini perlu menjadi perhatian yang
lebih, sebab jika mengiginkan sebuah bisnis yang mampu berdaya saing,
maka perbaikan atau pembenahan perlu dilakukan. Dan sebagai upaya
menjaga kepercayaan, loyalitas, dan keamanan konsumen, sebaiknya
untuk produk-produk yang dihasilkan oleh Catering Keluarga semakin
bertambah dan penjualannya pun meningkat.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
kepada semua pihak baik penulis maupun peneliti selanjutnya. Hasil
penelitian ini dapat di jadikan sebagai referensi untuk melakukan
penelitian-penelitian selanjutnya khususnya penelitian-penelitian yang
berkaitan dengan Strategi Pengembangan Bisnis Kuliner.
Ketersediaan
| SFEBI20190438 | 438/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
438/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
