Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Customer Satisfaction Pada Rezky Bakery Bone
Ulfiana Putri/ 01.15.3308 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang pengaruh penerapan experiential marketing
terhadap customer satisfaction atau kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui apakah experiential marketing melalui lima dimensi yaitu sense,
feel, think, act, dan relate berpengaruh terhadap customer satisfaction atau kepuasan
pelanggan. Objek dalam penelitian ini yaitu pelanggan Rezky Bakery. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling insidental yaitu teknik
penentuan sampel berdasarkan kebetulan dengan jumlah sampel sebanyak 100
responden.
Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto dengan pendekatan
penelitian kuantitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi
dan kuesioner. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statististik
deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel experiential
marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel customer satisfaction
dengan hasil t hitung 12,311 > t tabel 1,660 dan dengan tingkat signifikansi 0,00 < 0,05.
Adapun besar pengaruh experiential marketing terhadap customer satisfaction adalah
60,8% sedangkan 39,2% dipengaruhi oleh faktor lain.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik beberapa
kesimpulan yaitu:
Berdasarkan hasil uji t parsial antara variabel experiential marketing yang
diukur melalui lima indikator yakni sense, feel, think, act, dan relate terhadap
variabel customer satisfaction diperoleh hasil t hitung 12,311 > t tabel 1,660 dengan
tingkat signifikansi 0,00 < 0,05 yang berarti experiential marketing berpengaruh
positif dan signifikan terhadap customer satisfaction pada Rezky Bakery. Adapun
besar pengaruh experiential marketing terhadap customer satisfaction adalah 60,8%
sedangkan 39,2% dipengaruhi oleh faktor lain.
B. Implikasi
Dalam penelitian ini, peneliti dapat memberikan beberapa implikasi sebagai
berikut:
1. Pihak Rezky Bakery dituntut kreatif dan inovatif dalam menerapkan
experiential marketing dengan memahami apa yang diinginkan dan diharapkan
pelanggannya agar tercipta experience atau pengalaman yang baik bagi
pelanggan sehingga mampu menciptakan kepuasan pelanggan dan memiliki
keunggulan kompetitif.
2. Pihak Rezky Bakery perlu meningkatkan promosi di sosial media karena
masyarakat cenderung mengetahui segala informasi dengan mudah dan cepat
melalui sosial media. Hal ini agar Rezky Bakery lebih dikenal oleh pelanggan.
terhadap customer satisfaction atau kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui apakah experiential marketing melalui lima dimensi yaitu sense,
feel, think, act, dan relate berpengaruh terhadap customer satisfaction atau kepuasan
pelanggan. Objek dalam penelitian ini yaitu pelanggan Rezky Bakery. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling insidental yaitu teknik
penentuan sampel berdasarkan kebetulan dengan jumlah sampel sebanyak 100
responden.
Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto dengan pendekatan
penelitian kuantitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi
dan kuesioner. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statististik
deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel experiential
marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel customer satisfaction
dengan hasil t hitung 12,311 > t tabel 1,660 dan dengan tingkat signifikansi 0,00 < 0,05.
Adapun besar pengaruh experiential marketing terhadap customer satisfaction adalah
60,8% sedangkan 39,2% dipengaruhi oleh faktor lain.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik beberapa
kesimpulan yaitu:
Berdasarkan hasil uji t parsial antara variabel experiential marketing yang
diukur melalui lima indikator yakni sense, feel, think, act, dan relate terhadap
variabel customer satisfaction diperoleh hasil t hitung 12,311 > t tabel 1,660 dengan
tingkat signifikansi 0,00 < 0,05 yang berarti experiential marketing berpengaruh
positif dan signifikan terhadap customer satisfaction pada Rezky Bakery. Adapun
besar pengaruh experiential marketing terhadap customer satisfaction adalah 60,8%
sedangkan 39,2% dipengaruhi oleh faktor lain.
B. Implikasi
Dalam penelitian ini, peneliti dapat memberikan beberapa implikasi sebagai
berikut:
1. Pihak Rezky Bakery dituntut kreatif dan inovatif dalam menerapkan
experiential marketing dengan memahami apa yang diinginkan dan diharapkan
pelanggannya agar tercipta experience atau pengalaman yang baik bagi
pelanggan sehingga mampu menciptakan kepuasan pelanggan dan memiliki
keunggulan kompetitif.
2. Pihak Rezky Bakery perlu meningkatkan promosi di sosial media karena
masyarakat cenderung mengetahui segala informasi dengan mudah dan cepat
melalui sosial media. Hal ini agar Rezky Bakery lebih dikenal oleh pelanggan.
Ketersediaan
| SFEBI20190174 | 174/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
174/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
