Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen dalam Proses Sistem Informasi di SMP Negeri 7 Watampone
Astuti/021.330.58 - Personal Name
Skripsi ini membahas implementasi fungsi-fungsi manajemen dalam
proses sistem informasi di SMP Negeri 7 Watampone. Tujuan penelitian ini yaitu
untuk mengetahui tentang implementasi fungsi-fungsi manajemen dalam proses
sistem informasi serta kendalanya dalam proses sistem informasi di SMP Negeri 7
Watampone.
Dalam penyusunan skripsi ini, metode penelitian yang digunakan adalah
metode field research yaitu dengan terjun langsung ke unit penelitian (SMP
Negeri 7 Watampone) dengan cara mengamati objek penelitian yang berhubungan
dengan skripsi ini. Adapun teknik yang digunakan antara lain : observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik pengelolahan/analisis data yang digunakan
yaitu secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola manajemen yang diterapkan
dalam sistem informasi di SMP Negeri 7 Watampone sangat bervariatif. Oleh
karena itu, sistem informasi yang diterapkanpun bervariasi sesuai kebutuhan
organisasi masing-masing. Dalam institusi pendidikan (sekolah), sistem informasi
yang dikembangkan yaitu : 1. Sistem informasi profil sekolah, 2. Sistem informasi
manajemen dan administrasi, 3. Sistem informasi manajemen kesiswaan, 4.
Sistem informasi sarana dan prasarana, 5. Sistem informasi kegiatan akademik, 6.
Sistem infomasi keuangan dan 7. Sistem informasi sekolah dan masyarakat.
Kendala dalam mengimplementasikan sistem informasi manajemen di SMP
Negeri 7 Watampone yaitu kurangnya sumber daya manusia yang mampu
mengelola manajemen pendidikan di sekolah, sehingga proses pembelajaran dan
pengelolaan yang terjadi di sekolah tersebut menjadi kurang terarah tetapi
meskipun usaha untuk meningkatkan mutu tenaga pendidikan terus dilakukan.
Secara umum kualifikasi pendidikan para guru masih belum memadai. Disamping
suasana akademik belum memuaskan dan mutu staf administrasi pendidikan
masih jauh dari memadai untuk mendukung tuntunan tugas administrasi
pendidikan disetiap lembaga pendidikan yang ada.
A. Simpulan
Berdasarkan temuan-temuan dan hasil pembahasan, maka penelitian ini
dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. Pola manajemen yang diterapkan dalam sistem informasi di SMP Negeri 7
Watampone sangat bervariatif seperti dalam sistem informasi
dikembangkan beberapa variasi yaitu: a. Sistem Informasi Profil Sekolah;
b. Sistem Informasi Manajemen dan Administrasi; c. Sistem Informasi
Manajemen Kesiswaan; d. Sistem Informasi Sarana dan Prasarana; e.
Sistem Informasi Kegiatan Akademik; f. Sistem Informasi Keuangan; g.
Sistem Informasi Sekolah dan Masyarakat. Oleh karena itu, sistem
informasi yang diterapkan disesuaikan dengan kebutuhan dalam institusi
pendidikan (sekolah).
2. Kendala dalam mengimplementasikan Sisitem Informasi Manajemen di
SMP Negeri 7 Watampone yaitu: a. Kurangnya sumber daya manusia
yang mampu mengelola manajemen pendidikan. b. Kurangnya
kemampuan guru untuk memanfaatkan teknologi komputer di sekolah
sehingga proses pembelajaran dan pengelolaan yang terjadi di sekolah
tersebut menjadi kurang terarah tetapi. Meskipun usaha untuk
meningkatkan mutu tenaga pendidikan terus dilakukan, secara umum
kualifikasi pendidikan para guru masih belum memadai. Di samping
suasana akademik belum memuaskan dan mutu staf administrasi
pendidikan masih jauh dari memadai untuk mendukung tuntutan tugas
administrasi pendidikan di setiap lembaga pendidikan yang ada.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian diatas maka beberapa saran yang dapat
direkomendasikan yakni :
1. Dalam kaitan penerapan fungsi-fungsi manajemen di SMP Negeri 7
Watampone Kabupaten Bone, maka disarankan kepada kepala sekolah dan
segenap warganya agar senantiasa melakukan koordinasi, kerjasama serta
menyelenggarakan komunikasi efektif diantara keduanya untuk masamasa
yang akan datang.
2. Peneliti menyadari banyak keterbatasan dalam penelitian ini, baik ditinjau
dari penentuan fokus penelitian, waktu pengumpulan data, keterbatasan
dalam teknik pengumpulan data, masih kurangnya pengetahuan dalam
penganalisaan data, dan keterbatasan dalam membuat konstruksi penelitian
maka diharapkan adanya penelitian selanjunya yang lebih
mengembangkan dan memperdalam kajian dalam latar penelitian lain,
3. Peneliti menyarankan agar pihak sekolah beserta jajaran yang terlibat di
dalamnya untuk lebih memperhatikan upaya penerapan fungsi-fungsi
manajemen di SMP Negeri 7 Watampone Kabupaten Bone terutama
dalam hal pengawasan dan penilaian atau evaluasi.
proses sistem informasi di SMP Negeri 7 Watampone. Tujuan penelitian ini yaitu
untuk mengetahui tentang implementasi fungsi-fungsi manajemen dalam proses
sistem informasi serta kendalanya dalam proses sistem informasi di SMP Negeri 7
Watampone.
Dalam penyusunan skripsi ini, metode penelitian yang digunakan adalah
metode field research yaitu dengan terjun langsung ke unit penelitian (SMP
Negeri 7 Watampone) dengan cara mengamati objek penelitian yang berhubungan
dengan skripsi ini. Adapun teknik yang digunakan antara lain : observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik pengelolahan/analisis data yang digunakan
yaitu secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola manajemen yang diterapkan
dalam sistem informasi di SMP Negeri 7 Watampone sangat bervariatif. Oleh
karena itu, sistem informasi yang diterapkanpun bervariasi sesuai kebutuhan
organisasi masing-masing. Dalam institusi pendidikan (sekolah), sistem informasi
yang dikembangkan yaitu : 1. Sistem informasi profil sekolah, 2. Sistem informasi
manajemen dan administrasi, 3. Sistem informasi manajemen kesiswaan, 4.
Sistem informasi sarana dan prasarana, 5. Sistem informasi kegiatan akademik, 6.
Sistem infomasi keuangan dan 7. Sistem informasi sekolah dan masyarakat.
Kendala dalam mengimplementasikan sistem informasi manajemen di SMP
Negeri 7 Watampone yaitu kurangnya sumber daya manusia yang mampu
mengelola manajemen pendidikan di sekolah, sehingga proses pembelajaran dan
pengelolaan yang terjadi di sekolah tersebut menjadi kurang terarah tetapi
meskipun usaha untuk meningkatkan mutu tenaga pendidikan terus dilakukan.
Secara umum kualifikasi pendidikan para guru masih belum memadai. Disamping
suasana akademik belum memuaskan dan mutu staf administrasi pendidikan
masih jauh dari memadai untuk mendukung tuntunan tugas administrasi
pendidikan disetiap lembaga pendidikan yang ada.
A. Simpulan
Berdasarkan temuan-temuan dan hasil pembahasan, maka penelitian ini
dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. Pola manajemen yang diterapkan dalam sistem informasi di SMP Negeri 7
Watampone sangat bervariatif seperti dalam sistem informasi
dikembangkan beberapa variasi yaitu: a. Sistem Informasi Profil Sekolah;
b. Sistem Informasi Manajemen dan Administrasi; c. Sistem Informasi
Manajemen Kesiswaan; d. Sistem Informasi Sarana dan Prasarana; e.
Sistem Informasi Kegiatan Akademik; f. Sistem Informasi Keuangan; g.
Sistem Informasi Sekolah dan Masyarakat. Oleh karena itu, sistem
informasi yang diterapkan disesuaikan dengan kebutuhan dalam institusi
pendidikan (sekolah).
2. Kendala dalam mengimplementasikan Sisitem Informasi Manajemen di
SMP Negeri 7 Watampone yaitu: a. Kurangnya sumber daya manusia
yang mampu mengelola manajemen pendidikan. b. Kurangnya
kemampuan guru untuk memanfaatkan teknologi komputer di sekolah
sehingga proses pembelajaran dan pengelolaan yang terjadi di sekolah
tersebut menjadi kurang terarah tetapi. Meskipun usaha untuk
meningkatkan mutu tenaga pendidikan terus dilakukan, secara umum
kualifikasi pendidikan para guru masih belum memadai. Di samping
suasana akademik belum memuaskan dan mutu staf administrasi
pendidikan masih jauh dari memadai untuk mendukung tuntutan tugas
administrasi pendidikan di setiap lembaga pendidikan yang ada.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian diatas maka beberapa saran yang dapat
direkomendasikan yakni :
1. Dalam kaitan penerapan fungsi-fungsi manajemen di SMP Negeri 7
Watampone Kabupaten Bone, maka disarankan kepada kepala sekolah dan
segenap warganya agar senantiasa melakukan koordinasi, kerjasama serta
menyelenggarakan komunikasi efektif diantara keduanya untuk masamasa
yang akan datang.
2. Peneliti menyadari banyak keterbatasan dalam penelitian ini, baik ditinjau
dari penentuan fokus penelitian, waktu pengumpulan data, keterbatasan
dalam teknik pengumpulan data, masih kurangnya pengetahuan dalam
penganalisaan data, dan keterbatasan dalam membuat konstruksi penelitian
maka diharapkan adanya penelitian selanjunya yang lebih
mengembangkan dan memperdalam kajian dalam latar penelitian lain,
3. Peneliti menyarankan agar pihak sekolah beserta jajaran yang terlibat di
dalamnya untuk lebih memperhatikan upaya penerapan fungsi-fungsi
manajemen di SMP Negeri 7 Watampone Kabupaten Bone terutama
dalam hal pengawasan dan penilaian atau evaluasi.
Ketersediaan
| ST20170252 | 252/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
252/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
