Tren Konsumsi Generasi Milenial Di Kafe ( Studi pada Kafe Omer )
Nurtang/01.15.3297 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang konsumsi generasi milenial di kafe.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perilaku konsumsi generasi milenial di
kafe omer (2) tren konsumsi generasi milenial di kafe omer (3) merumuskan suatu
model perilaku konsumsi bagi generasi milenial di kafe omer. Masalah ini dianalisis
dengan teknik analisis deskriptif.
Berdasarkan tujuan penelitian di atas maka digunakan penelitian lapangan
dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah dokumentasi dan wawancara kepada narasumber dalam penelitian ini yaitu
pemilik kafe omer, dinas perdagangan, praktisi dan pengunjung kafe omer.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perilaku konsumsi generasi milenial
di kafe omer sebelum ke kafe sudah mengenali kebutuhannya, setelah mengenali
kebutuhannya generasi milenial mencari informasi lewat teman-temannya.
Berdasarkan pencarian informasi didapat beberapa kafe, dan generasi milenial
memutuskan melakukan konsumsi di kafe omer dan pasca konsumsi generasi
milenial merasakan kepuasan hingga melakukan konsumsi yang berulang (2) tren
konsumsi generasi milenial di kafe omer dengan menggunakan gaya hidup maka
diperoleh bahwa generasi milenial memilih menghabiskan waktunya di kafe omer
dengan menikmati menu-menunya. Generasi milenial memilih kumpul di kafe omer
karena tempatnya yang menarik, memilih kafe omer sebagai tempat untuk menghibur
diri, mengisi waktu luang, tempat bersantai, tempat refreshing, pakai wifi, nongkrong,
main game, kerja tugas (3) dalam merumuskan suatu model perilaku konsumsi bagi
generasi milenial di kafe omer maka pemilik dan pengelola kafe omer harus mampu
membentuk strategi pemasaran yang dapat menarik generasi milenial agar tertarik
untuk berkunjung ke kafe omer, dengan strategi pemasaran yang baik akan
mendorong generasi milenial untuk melakukan konsumsi di kafe omer.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dari bab sebelumnya, peneliti
menarik kesimpulan bahwa :
1. Perilaku konsumsi generasi milenial di kafe omer meliputi perilaku yang
diperlihatkan oleh generasi milenial dalam melakukan konsumsi di kafe omer
dimulai dari tahap mengenali permasalahan, mencari informasi, mengevaluasi
beberapa pilihan, keputusan membeli dan perilaku pasca konsumsi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa generasi milenial telah mengenali
permasalahannya sebelum ke kafe, generasi milenial mencari informasi
tentang kafe lewat teman-temannya, informasi tentang kafe yang di dapat
akan membuat generasi milenial untuk memilih kafe yang tepat untuk
konsumsi dan generasi milenial telah memilih kafe omer dan pasca konsumsi
generasi milenial merasakan kepuasan hingga melakukan konsumsi yang
berulang di kafe omer.
2. Tren konsumsi generasi milenial di kafe omer dengan menggunakan gaya
hidup maka diperoleh bahwa generasi milenial memilih menghabiskan
waktunya di kafe omer dengan menikmati menu-menunya. Generasi milenial
memilih kumpul bersama temannya di kafe omer karena tempatnya yang
menarik, memilih kafe omer sebagai tempat untuk menghibur diri, mengisi
waktu luang, tempat bersantai, tempat refreshing, pakai wifi, main game, kerja
tugas.
3. Dalam merumuskan suatu model perilaku konsumsi bagi generasi milenial di
kafe omer seorang manajer atau pengelola kafe harus mampu membentuk
strategi pemasaran yang dapat menarik generasi milenial agar tertarik untuk
berkunjung ke kafe. Strategi pemasaran yang dimaksud adalah melayani
dengan baik, memperhatikan kualitas rasa dari menu-menu yang ditawarkan,
memberikan harga yang yang bisa dijangkau oleh konsumen,
mempromosikan menu-menu yang ditawarkan, serta memenuhi semua
kebutuhan generasi milenial. Dengan strategi pemasaran yang baik akan
mendorong generasi milenial untuk melakukan konsumsi di kafe omer.
B. Saran
1. Untuk Pemilik Kafe
Pengunjung kafe omer sangat suka terhadap tempat yang luas dan terbuka,
harganya yang terjangkau dan rasa menu yang enak serta pelayanan yang baik,
oleh karena itu tetap perhatikan kebersihan tempatnya, pertahankan kualitas rasa
dari menu-menunya, sesuaikan harga dengan rasa menu dan juga tetap dapt
dijangkau oleh konsumen dan tingkatkan pelayanan menjadi lebih baik.
2. Untuk Peneliti Selanjutnya
Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lebih
dalam dan luas mengenai konsumsi generasi milenial dengan fokus penelitian
atau variabel penelitian yang lain dengan lokasi yang berbeda.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perilaku konsumsi generasi milenial di
kafe omer (2) tren konsumsi generasi milenial di kafe omer (3) merumuskan suatu
model perilaku konsumsi bagi generasi milenial di kafe omer. Masalah ini dianalisis
dengan teknik analisis deskriptif.
Berdasarkan tujuan penelitian di atas maka digunakan penelitian lapangan
dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah dokumentasi dan wawancara kepada narasumber dalam penelitian ini yaitu
pemilik kafe omer, dinas perdagangan, praktisi dan pengunjung kafe omer.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perilaku konsumsi generasi milenial
di kafe omer sebelum ke kafe sudah mengenali kebutuhannya, setelah mengenali
kebutuhannya generasi milenial mencari informasi lewat teman-temannya.
Berdasarkan pencarian informasi didapat beberapa kafe, dan generasi milenial
memutuskan melakukan konsumsi di kafe omer dan pasca konsumsi generasi
milenial merasakan kepuasan hingga melakukan konsumsi yang berulang (2) tren
konsumsi generasi milenial di kafe omer dengan menggunakan gaya hidup maka
diperoleh bahwa generasi milenial memilih menghabiskan waktunya di kafe omer
dengan menikmati menu-menunya. Generasi milenial memilih kumpul di kafe omer
karena tempatnya yang menarik, memilih kafe omer sebagai tempat untuk menghibur
diri, mengisi waktu luang, tempat bersantai, tempat refreshing, pakai wifi, nongkrong,
main game, kerja tugas (3) dalam merumuskan suatu model perilaku konsumsi bagi
generasi milenial di kafe omer maka pemilik dan pengelola kafe omer harus mampu
membentuk strategi pemasaran yang dapat menarik generasi milenial agar tertarik
untuk berkunjung ke kafe omer, dengan strategi pemasaran yang baik akan
mendorong generasi milenial untuk melakukan konsumsi di kafe omer.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dari bab sebelumnya, peneliti
menarik kesimpulan bahwa :
1. Perilaku konsumsi generasi milenial di kafe omer meliputi perilaku yang
diperlihatkan oleh generasi milenial dalam melakukan konsumsi di kafe omer
dimulai dari tahap mengenali permasalahan, mencari informasi, mengevaluasi
beberapa pilihan, keputusan membeli dan perilaku pasca konsumsi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa generasi milenial telah mengenali
permasalahannya sebelum ke kafe, generasi milenial mencari informasi
tentang kafe lewat teman-temannya, informasi tentang kafe yang di dapat
akan membuat generasi milenial untuk memilih kafe yang tepat untuk
konsumsi dan generasi milenial telah memilih kafe omer dan pasca konsumsi
generasi milenial merasakan kepuasan hingga melakukan konsumsi yang
berulang di kafe omer.
2. Tren konsumsi generasi milenial di kafe omer dengan menggunakan gaya
hidup maka diperoleh bahwa generasi milenial memilih menghabiskan
waktunya di kafe omer dengan menikmati menu-menunya. Generasi milenial
memilih kumpul bersama temannya di kafe omer karena tempatnya yang
menarik, memilih kafe omer sebagai tempat untuk menghibur diri, mengisi
waktu luang, tempat bersantai, tempat refreshing, pakai wifi, main game, kerja
tugas.
3. Dalam merumuskan suatu model perilaku konsumsi bagi generasi milenial di
kafe omer seorang manajer atau pengelola kafe harus mampu membentuk
strategi pemasaran yang dapat menarik generasi milenial agar tertarik untuk
berkunjung ke kafe. Strategi pemasaran yang dimaksud adalah melayani
dengan baik, memperhatikan kualitas rasa dari menu-menu yang ditawarkan,
memberikan harga yang yang bisa dijangkau oleh konsumen,
mempromosikan menu-menu yang ditawarkan, serta memenuhi semua
kebutuhan generasi milenial. Dengan strategi pemasaran yang baik akan
mendorong generasi milenial untuk melakukan konsumsi di kafe omer.
B. Saran
1. Untuk Pemilik Kafe
Pengunjung kafe omer sangat suka terhadap tempat yang luas dan terbuka,
harganya yang terjangkau dan rasa menu yang enak serta pelayanan yang baik,
oleh karena itu tetap perhatikan kebersihan tempatnya, pertahankan kualitas rasa
dari menu-menunya, sesuaikan harga dengan rasa menu dan juga tetap dapt
dijangkau oleh konsumen dan tingkatkan pelayanan menjadi lebih baik.
2. Untuk Peneliti Selanjutnya
Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lebih
dalam dan luas mengenai konsumsi generasi milenial dengan fokus penelitian
atau variabel penelitian yang lain dengan lokasi yang berbeda.
Ketersediaan
| SS20190137 | 137/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
137/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Syariah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
