Pengaruh Kualitas Beras Terhadap Minat Konsumen Studi Pada Pabrik Beras Hannas Maringki Desa Kawerang Kec. Cina Kab. Bone
Salwa Sarisani/01.15.3197 - Personal Name
Tingkat persaingan dalam dunia usaha di Indonesia sangat ketat karena setiap
perusahaan berusaha untuk dapat menawarkan produk dengan kualitas yang terbaik
kepada konsumennya. Pabrik Beras Hannas Maringki termasuk salah satu perusahaan
pabrik beras yang memiliki hasil produksi beras yang cukup sesuai dengan keinginan
konsumen. Skripsi ini membahas tentang pengaruh kualitas beras terhadap minat
konsumen yang dilakukan pada Pabrik Beras Hannas Maringki dengan menggunakan
pendekatan penelitian kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen dari Pabrik Beras
Hannas Maringki dan sampel yang diambil sejumlah 100 orang. Adapun variabel
dalam penelitian ini yakni kualitas beras sebagai variabel independen (X) dan minat
konsumen sebagai variabel dependen (Y). Metode pengumpulan data berupa metode
kuisioner dengan menggunakan skala Likert. Adapun data yang diperoleh dianalisis
menggunakan regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukan bahwa variable kualitas beras berpengaruh
positif dan signifikan minat konsumen. t hitung untuk variabel kualitas beras sebesar
16.636 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,005, yang berarti bahwa H 1 yang
menyatakan kualitas beras berpengaruh terhadap minat konsumen dapat diterima.
diterima. Sedangkan dari hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar
0,738 atau 73%, yang artinya pengaruh variabel independen (Kualitas Beras)
terhadap variabel dependen (Minat Konsumen) sebesar .738, ini menunjukkan bahwa
kontribusi variabel independen adalah sbesar 73%, sedangkan sisanya dipengaruhi
faktor lain yang tidak diteliti.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan mengenai pengaruh
kualitas beras terhadap minat konsumen pada PB Hannas Maringki, yakni:
1. Setelah melakukan uji hipotesis dengan menggunakan metode uji T, maka
diperoleh hasil yakni kualitas beras memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap minat konsumen. Yang berarti H 1 diterima.
2. Setelah melakukan uji hipotesis dengan menggunakan metode uji R 2 maka
diperoleh hasil yakni besar pengaruh variabel independen (kualitas beras)
terhadap variabel dependen (minat konsumen) sebesar 73%. Sedangkan
sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan penelitian di atas, maka peneliti merekomendasikan
saran berupa:
1. Bagi perusahaan diharapkan meningkatkan kualitas beras yang diproduksinya
agar dapat semakin meningkatkan minat konsumen.
2. Selain dari kualitas beras, pihak perusahaan juga harus mengoptimalkan hal-
hal yang dapat meningkatkan minat konsumen.
perusahaan berusaha untuk dapat menawarkan produk dengan kualitas yang terbaik
kepada konsumennya. Pabrik Beras Hannas Maringki termasuk salah satu perusahaan
pabrik beras yang memiliki hasil produksi beras yang cukup sesuai dengan keinginan
konsumen. Skripsi ini membahas tentang pengaruh kualitas beras terhadap minat
konsumen yang dilakukan pada Pabrik Beras Hannas Maringki dengan menggunakan
pendekatan penelitian kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen dari Pabrik Beras
Hannas Maringki dan sampel yang diambil sejumlah 100 orang. Adapun variabel
dalam penelitian ini yakni kualitas beras sebagai variabel independen (X) dan minat
konsumen sebagai variabel dependen (Y). Metode pengumpulan data berupa metode
kuisioner dengan menggunakan skala Likert. Adapun data yang diperoleh dianalisis
menggunakan regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukan bahwa variable kualitas beras berpengaruh
positif dan signifikan minat konsumen. t hitung untuk variabel kualitas beras sebesar
16.636 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,005, yang berarti bahwa H 1 yang
menyatakan kualitas beras berpengaruh terhadap minat konsumen dapat diterima.
diterima. Sedangkan dari hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar
0,738 atau 73%, yang artinya pengaruh variabel independen (Kualitas Beras)
terhadap variabel dependen (Minat Konsumen) sebesar .738, ini menunjukkan bahwa
kontribusi variabel independen adalah sbesar 73%, sedangkan sisanya dipengaruhi
faktor lain yang tidak diteliti.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan mengenai pengaruh
kualitas beras terhadap minat konsumen pada PB Hannas Maringki, yakni:
1. Setelah melakukan uji hipotesis dengan menggunakan metode uji T, maka
diperoleh hasil yakni kualitas beras memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap minat konsumen. Yang berarti H 1 diterima.
2. Setelah melakukan uji hipotesis dengan menggunakan metode uji R 2 maka
diperoleh hasil yakni besar pengaruh variabel independen (kualitas beras)
terhadap variabel dependen (minat konsumen) sebesar 73%. Sedangkan
sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan penelitian di atas, maka peneliti merekomendasikan
saran berupa:
1. Bagi perusahaan diharapkan meningkatkan kualitas beras yang diproduksinya
agar dapat semakin meningkatkan minat konsumen.
2. Selain dari kualitas beras, pihak perusahaan juga harus mengoptimalkan hal-
hal yang dapat meningkatkan minat konsumen.
Ketersediaan
| SFEBI2019446 | 446/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
446/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
