Strategi Pengembangan Usaha Jasa Konveksi Dan Sablon Al- Ikhlas Bajoe Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Di JL. Yos Sudarso Kelurahan Bajoe Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone)
Nur Faika/01.15.3226 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang strategi pengembangan usaha untuk
meningkatkan konsumen dan apakah dalam pengembangan usaha yang di lakukan
sudah sesuai dengan perspektif ekonomi Islam. Metode penelitian yang digunakan
adalah penelitian Kualitatif.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, pengumpulan
data yang dilakukan dengan cara melakukan penyajian data menggunakan metode
observasi, wawancara, dan dokumentasi (tatap muka) untuk memperoleh data yang
akurat, objektif serta konkrit.
Hasil penelitian ini penulis melihat hasil Analisis SWOT. Matriks SWOT
memberikan kemungkinan alternatif strategi yang dapat di kembangkan oleh usaha
konveksi dan sablon Al-Ikhlas, yaitu strategi pengembangan pasar dan penetrasi
pasar, strategi pemasaran produk ke seluruh indonesia dengan promosi mengikuti era
digital saat ini, strategi kemitraan dengan pihak-pihak luar daerah atau seluruh
Indonesia, strategi peningkatan kualitas produk, strategi dalam sistem pembayaran
yang memudahkan konsumen yang membeli dalam jumlah besar.Strategi
pengembangan usaha dilihat dari tinjauan perspektif ekonomi Islam, yaitu
Pemasaran, dalam hal ini penjual menetapkan harga, namun memberikan kesempatan
kepada konsumen untuk tawar menawar agar menyepakati harga dan mencapai
keridhoan Allah swt. Keuangan, sebagai industri produksi usaha konveksi dan sablon
Al-Ikhlas belum mempunyai pencatatan keuangan baik bulanan maupun tahunan,
sedangkan Islam menganjurkan adanya suatu pencatatan. Produksi dan SDM, dalam
memproduksi Islam sangat dianjurkan saling menolong dalam jalan kebaikan serta
memerhatikan nilai keadilan dan kebajikan/kemanfaatan (Maṣlāḥah). Sosial, budaya,
dan Lingkungan, keharusan dalam menjaga lingkungan sekitar lokasi usaha
merupakan tindakan yang penting. Allah swt. menganjurkanagar tidak membuat
kerusakan di muka bumi. Kemitraan, Kemitraan yang hakiki adalah kemitraan yang
mengandung prinsip saling membutuhkan, saling memperkuat, dan saling
menguntungkan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian penjelasan pada pembahasan penelitian ini, maka dapat
disimpulkan bahwa:.
1. Strategi pengembangan usaha yang menggunakan matriks SWOT yang
menggambarkan secara jelas hasil Analisis SWOT. Matriks SWOT
memberikan kemungkinan alternatif strategi yang dapat dikembangkan oleh
usaha konveksi dan sablon Al-Ikhlas, yaitustrategi pengembangan pasar dan
penetrasi pasar, strategi pemasaran produk ke seluruh indonesia dengan
promosi mengikuti era digital saat ini, strategi kemitraan dengan pihak-pihak
luar daerah atau seluruh Indonesia, strategi peningkatan kualitas produk,
strategi dalam sistem pembayaran yang memudahkan konsumen yang
membeli dalam jumlah besar.
2. Strategi pengembangan usaha dalam perspektif ekonomi Islam. Yaitu jujur,
usaha konveksi dan sablon sudah menerapkan sikap jujur sesuai dengan
ekonomi islam. Ikhlas, pemilik usaha konveksi dan sablon Al-ikhlas didasari
dengan rasa ikhlas untung dan rugi sudah pernah beliau alami namun tidak
ornah ada rasa menyerah. Profesional, pemilik Usaha Konveksi dan Sablon
Al-Ikhlas, sangat memaksimalkan pekerjaan mereka. Silatuhrahmi, sikap ini
bertujuan untuk membangun hubungan baik, dengan sesama dan menciptkan
kerja sama yang baik dalam hal apapun. Niat Suci dan Ikhlas, menjalankan
usaha bagi usaha konveksi Al-Ikhlas merupakan niat dan ibadah.
Menunaikan zakat, infaq, dan shadaqoh, Menunaikan zakat, infaq, dan
shadaqoh hendaknya menjadi budaya pebisnis syariah sudah dilakukan oleh
pemilik usaha Konveksi dan Sablon Al-Ikhlas.
B. Implikasi
Berdasarkan simpulan di atas, maka penulis memberikan saran kepada
pemilik usaha konveksi dan sablon Al-Ikhlas memanfaatkan kekuatan dan
peluang yang dimiliki disamping tetap memperhatikan kelemahan dan ancaman.
Sehingga dapat mempertahankan usaha ini di masa mendatang, mengingat
persaingan teknologi sekarang ini. Serta dalam mengembangkan usahanya,
hendaknya usaha konveksi dan sablon Al-Ikhlas melakukan pengembangan
usaha sehingga produk lebih dikenal masyarakat.
meningkatkan konsumen dan apakah dalam pengembangan usaha yang di lakukan
sudah sesuai dengan perspektif ekonomi Islam. Metode penelitian yang digunakan
adalah penelitian Kualitatif.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, pengumpulan
data yang dilakukan dengan cara melakukan penyajian data menggunakan metode
observasi, wawancara, dan dokumentasi (tatap muka) untuk memperoleh data yang
akurat, objektif serta konkrit.
Hasil penelitian ini penulis melihat hasil Analisis SWOT. Matriks SWOT
memberikan kemungkinan alternatif strategi yang dapat di kembangkan oleh usaha
konveksi dan sablon Al-Ikhlas, yaitu strategi pengembangan pasar dan penetrasi
pasar, strategi pemasaran produk ke seluruh indonesia dengan promosi mengikuti era
digital saat ini, strategi kemitraan dengan pihak-pihak luar daerah atau seluruh
Indonesia, strategi peningkatan kualitas produk, strategi dalam sistem pembayaran
yang memudahkan konsumen yang membeli dalam jumlah besar.Strategi
pengembangan usaha dilihat dari tinjauan perspektif ekonomi Islam, yaitu
Pemasaran, dalam hal ini penjual menetapkan harga, namun memberikan kesempatan
kepada konsumen untuk tawar menawar agar menyepakati harga dan mencapai
keridhoan Allah swt. Keuangan, sebagai industri produksi usaha konveksi dan sablon
Al-Ikhlas belum mempunyai pencatatan keuangan baik bulanan maupun tahunan,
sedangkan Islam menganjurkan adanya suatu pencatatan. Produksi dan SDM, dalam
memproduksi Islam sangat dianjurkan saling menolong dalam jalan kebaikan serta
memerhatikan nilai keadilan dan kebajikan/kemanfaatan (Maṣlāḥah). Sosial, budaya,
dan Lingkungan, keharusan dalam menjaga lingkungan sekitar lokasi usaha
merupakan tindakan yang penting. Allah swt. menganjurkanagar tidak membuat
kerusakan di muka bumi. Kemitraan, Kemitraan yang hakiki adalah kemitraan yang
mengandung prinsip saling membutuhkan, saling memperkuat, dan saling
menguntungkan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian penjelasan pada pembahasan penelitian ini, maka dapat
disimpulkan bahwa:.
1. Strategi pengembangan usaha yang menggunakan matriks SWOT yang
menggambarkan secara jelas hasil Analisis SWOT. Matriks SWOT
memberikan kemungkinan alternatif strategi yang dapat dikembangkan oleh
usaha konveksi dan sablon Al-Ikhlas, yaitustrategi pengembangan pasar dan
penetrasi pasar, strategi pemasaran produk ke seluruh indonesia dengan
promosi mengikuti era digital saat ini, strategi kemitraan dengan pihak-pihak
luar daerah atau seluruh Indonesia, strategi peningkatan kualitas produk,
strategi dalam sistem pembayaran yang memudahkan konsumen yang
membeli dalam jumlah besar.
2. Strategi pengembangan usaha dalam perspektif ekonomi Islam. Yaitu jujur,
usaha konveksi dan sablon sudah menerapkan sikap jujur sesuai dengan
ekonomi islam. Ikhlas, pemilik usaha konveksi dan sablon Al-ikhlas didasari
dengan rasa ikhlas untung dan rugi sudah pernah beliau alami namun tidak
ornah ada rasa menyerah. Profesional, pemilik Usaha Konveksi dan Sablon
Al-Ikhlas, sangat memaksimalkan pekerjaan mereka. Silatuhrahmi, sikap ini
bertujuan untuk membangun hubungan baik, dengan sesama dan menciptkan
kerja sama yang baik dalam hal apapun. Niat Suci dan Ikhlas, menjalankan
usaha bagi usaha konveksi Al-Ikhlas merupakan niat dan ibadah.
Menunaikan zakat, infaq, dan shadaqoh, Menunaikan zakat, infaq, dan
shadaqoh hendaknya menjadi budaya pebisnis syariah sudah dilakukan oleh
pemilik usaha Konveksi dan Sablon Al-Ikhlas.
B. Implikasi
Berdasarkan simpulan di atas, maka penulis memberikan saran kepada
pemilik usaha konveksi dan sablon Al-Ikhlas memanfaatkan kekuatan dan
peluang yang dimiliki disamping tetap memperhatikan kelemahan dan ancaman.
Sehingga dapat mempertahankan usaha ini di masa mendatang, mengingat
persaingan teknologi sekarang ini. Serta dalam mengembangkan usahanya,
hendaknya usaha konveksi dan sablon Al-Ikhlas melakukan pengembangan
usaha sehingga produk lebih dikenal masyarakat.
Ketersediaan
| SSYA20190258 | 258/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
258/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Syariah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
