Strategi Meningkatkan Omset Secara Online (Bisnis Online Arnaysi Cake Jln. Pisang Kab. Bone)
Aminah/01.14.3221 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang strategi pemasaran pada bisnis online,
tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui perilaku
konsumen Arnaysi Cake agar dapat mempertahankan pelanggan lama dan
pelanggan baru dan merancang strategi pemasaran online Arnasyi Cake
berdasarkan kelebihan dan kekurangan yang ada. Penelitian ini diharapkan dapat
bermanfaat untuk memberikan informasi bagi bisnis online Arnaysi Cake untuk
meningkatkan omzet melalui strategi pemasaran yang dirancang. Pokok masalah
dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pertumbuhan dan peningkatan omset
Arnaysi Cake secara online (2) Bagaimana potensi Arnaysi Cake dalam
meningkatkan omset secara online (3) Bagaimana merumuskan suatu strategi
dalam meningkatkan omset Arnaysi Cake.
Berdasarkan tujuan penelitian di atas, untuk memperoleh data dari masalah
di atas maka penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research)
dengan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara, dokumentasi
untuk mengumpulkan data yang diperlukan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pertumbuhan dan peningkatan
omzet bisnis online Arnaysi Cake sangat bagus dilihat dari pertumbuhhan dan
peningkatan omzetnya yang pada awal dimulainya usaha hanya mendapatkan
pendapatan kotor sebanyak Rp. 2.520.000/ bulan setelah beberapa tahun dengan
adanya peningkatan dari segi jenis produk, harga dan kualitas bahan baku omzet
Arnaysi Cake mengalami pertumbuhan sebanyak Rp. 19,320,000/ bulan (2)
potensi pengembangan produk dan kualitas pelayanan yang diberikan Arnaysi
Cake mampu memenuhi kepuasan konsumen dilihat dari data hasil wawancara
dari beberapa pelanggan Arnaysi Cake (3) strategi pemasaran online yang
dialakukan Arnaysi Cake mampu meningkatkan pertumbuhan omzet Arnaysi Cake
setelah beberapa tahun.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan di bab sebelumnya, maka ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1.Pertumbuhan omzet Arnaysi Cake dipengaruhi oleh meningkatnya pelanggan
Arnaysi Cake, dan juga nilai transaksi yang meningkat sehingga
mempengaruhi omzet Arnaysi Cake. Bisnis online Arnaysi Cake memiliki
pertumbuhan yang bagus, karena jumlah kue yang dapat di produksi dalam
satu bulan paling banyak ±1.200 porsi jika dirata-ratakan itu hanya mencapai
±1.000 porsi dalam 1 bulan dari semua jenis kue seperti Donat 15-20 porsi/
hari, Panada 10-15 porsi/ hari, dan Jalangkote ±10 porsi/hari. Dari segi
peningkatan omzetnya pada tahun 2015 pendapatan kotor perbulannya sekitar
Rp. 2,520.000,/ bulan belum termasuk biaya produksi dan distribusinya,
setelah berjalan beberapa tahun Arnaysi Cake mengalami banyak peningkatan
bukan hanya dari segi jenis produknya, harganya, kualitas bahan baku dan
adanya pekerja, tetapi omzetnya juga mengalami peningkatan yang pesat,
yang awalnya hanya Rp. 2,520.000, / bulan sekarang pada awal tahun 2019
omzet Arnaysi Cake sudah meningkat sebanyak Rp. 19,320,000,/ bulan.
2.Arnaysi Cake tidak serta merta mengembangkan produknya, setelah ada
beberapa permintaan dari pelanggan maka barulah Arnaysi Cake berinisiatif
untuk mengembangkan produknya. Arnaysi Cake mengembangkan produknya
sesuai dengan buku yang ditulis Buchari Alma, yang mana pengembangan produk dilakukan berbagai
tahap.Taha-tahap yang diikuti dalampengembangan produk adalah adanyasuatu ide, penyaringan ide,
pengembangan ide, pembuatan percobaan, analisis usaha, percobaan
penjualan di pasar.
3.Strategi-strategi yang dilakukan Arnaysi Cake dapat mempengaruhi
peningkatan omzet.
B.Saran
Berdasarkan keterbatasan penelitian diatasa, maka dapat disarankan hal-hal
sebagai berikut:
1.Di harapkan Arnaysi Cake bisa mengembangkan lagi produknya sehingga
pelanggan semakin tertarik membeli produk di Arnaysi Cake.
2.Dari segi kemasan, agar Arnaysi Cake bisa membuat kemasan produknya agar
lebih menarik, dan buatkan label dikemasan produk sehingga makin menarik.
3.Baiknya agar jumlah kurirnya ditambah, agar pelayanan pengantaran tidak
membuat pelanggan menunggu lama sehingga pelanggan tidak perlu
mengambil pesanannya sendiri.
tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui perilaku
konsumen Arnaysi Cake agar dapat mempertahankan pelanggan lama dan
pelanggan baru dan merancang strategi pemasaran online Arnasyi Cake
berdasarkan kelebihan dan kekurangan yang ada. Penelitian ini diharapkan dapat
bermanfaat untuk memberikan informasi bagi bisnis online Arnaysi Cake untuk
meningkatkan omzet melalui strategi pemasaran yang dirancang. Pokok masalah
dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pertumbuhan dan peningkatan omset
Arnaysi Cake secara online (2) Bagaimana potensi Arnaysi Cake dalam
meningkatkan omset secara online (3) Bagaimana merumuskan suatu strategi
dalam meningkatkan omset Arnaysi Cake.
Berdasarkan tujuan penelitian di atas, untuk memperoleh data dari masalah
di atas maka penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research)
dengan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara, dokumentasi
untuk mengumpulkan data yang diperlukan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pertumbuhan dan peningkatan
omzet bisnis online Arnaysi Cake sangat bagus dilihat dari pertumbuhhan dan
peningkatan omzetnya yang pada awal dimulainya usaha hanya mendapatkan
pendapatan kotor sebanyak Rp. 2.520.000/ bulan setelah beberapa tahun dengan
adanya peningkatan dari segi jenis produk, harga dan kualitas bahan baku omzet
Arnaysi Cake mengalami pertumbuhan sebanyak Rp. 19,320,000/ bulan (2)
potensi pengembangan produk dan kualitas pelayanan yang diberikan Arnaysi
Cake mampu memenuhi kepuasan konsumen dilihat dari data hasil wawancara
dari beberapa pelanggan Arnaysi Cake (3) strategi pemasaran online yang
dialakukan Arnaysi Cake mampu meningkatkan pertumbuhan omzet Arnaysi Cake
setelah beberapa tahun.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan di bab sebelumnya, maka ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1.Pertumbuhan omzet Arnaysi Cake dipengaruhi oleh meningkatnya pelanggan
Arnaysi Cake, dan juga nilai transaksi yang meningkat sehingga
mempengaruhi omzet Arnaysi Cake. Bisnis online Arnaysi Cake memiliki
pertumbuhan yang bagus, karena jumlah kue yang dapat di produksi dalam
satu bulan paling banyak ±1.200 porsi jika dirata-ratakan itu hanya mencapai
±1.000 porsi dalam 1 bulan dari semua jenis kue seperti Donat 15-20 porsi/
hari, Panada 10-15 porsi/ hari, dan Jalangkote ±10 porsi/hari. Dari segi
peningkatan omzetnya pada tahun 2015 pendapatan kotor perbulannya sekitar
Rp. 2,520.000,/ bulan belum termasuk biaya produksi dan distribusinya,
setelah berjalan beberapa tahun Arnaysi Cake mengalami banyak peningkatan
bukan hanya dari segi jenis produknya, harganya, kualitas bahan baku dan
adanya pekerja, tetapi omzetnya juga mengalami peningkatan yang pesat,
yang awalnya hanya Rp. 2,520.000, / bulan sekarang pada awal tahun 2019
omzet Arnaysi Cake sudah meningkat sebanyak Rp. 19,320,000,/ bulan.
2.Arnaysi Cake tidak serta merta mengembangkan produknya, setelah ada
beberapa permintaan dari pelanggan maka barulah Arnaysi Cake berinisiatif
untuk mengembangkan produknya. Arnaysi Cake mengembangkan produknya
sesuai dengan buku yang ditulis Buchari Alma, yang mana pengembangan produk dilakukan berbagai
tahap.Taha-tahap yang diikuti dalampengembangan produk adalah adanyasuatu ide, penyaringan ide,
pengembangan ide, pembuatan percobaan, analisis usaha, percobaan
penjualan di pasar.
3.Strategi-strategi yang dilakukan Arnaysi Cake dapat mempengaruhi
peningkatan omzet.
B.Saran
Berdasarkan keterbatasan penelitian diatasa, maka dapat disarankan hal-hal
sebagai berikut:
1.Di harapkan Arnaysi Cake bisa mengembangkan lagi produknya sehingga
pelanggan semakin tertarik membeli produk di Arnaysi Cake.
2.Dari segi kemasan, agar Arnaysi Cake bisa membuat kemasan produknya agar
lebih menarik, dan buatkan label dikemasan produk sehingga makin menarik.
3.Baiknya agar jumlah kurirnya ditambah, agar pelayanan pengantaran tidak
membuat pelanggan menunggu lama sehingga pelanggan tidak perlu
mengambil pesanannya sendiri.
Ketersediaan
| SFEBI20190503 | 503/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
503/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
