Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Cafe Rabica Kab.Bone)
Sri Wahyuni/ 01.14.3233 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang analisis faktor-faktor yang mempengaruhi
kepuasan pelanggan (Studi Kasus Cafe Rabica Kab.Bone). penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui (1) apakah kualitas produk dan harga secara varsial berpengaruh
terhadap kepuasan pelanggan pada Cafe Rabica (2) untuk mengetahui faktor-
faktor apakah yang paling mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan pada Cafe
Rabica.
Berdasarkan tujuan penelitian di atas, untuk memperoleh data dari masalah
di atas maka penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research)
dengan metode deskriptif kuantitatif dengan membagikan kuisioner, dokumentasi
untuk mengumpulkan data yang diperlukan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas produk dan harga secara
varsial atau menyeluruh berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan(2) faktor yang
paling mempengaruhi kepuasan pelanggan pada Cafe Rabica adalah faktor kualitas
produk.
A. Simpulan
berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diatas, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Hasil analisis nmenunjukkan bahwa secara parsial variabel kualitas
produk (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan
pelanggan (Y).diketahui nilai sig untuk pengaruh X1 terhadap Y adalah
0,022< 0,05 dan nilai t hitung 2,365 > t tabel 2,012sehingga dapat
disimpulkan bahwa Hi diterima yang berarti terdapat pengaruh kualitas
produk (X1) terhadap kepuasan pelanggan (Y).
2. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara persial variabel harga (X2)
berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y).
Diketahui nilai sig untuk pengaruh X2 terhadap Y adalah sebesar 0,000
< 0,05 dan nilai t hitung 5,058 > t tabel 2,012. Sehingga adapat
disimpulkan bahwa H2 diterima yang berarti terdapat pengaruh harga
(X2) terhadap kepuasan pelanggan (Y).
3. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa secara varsial variabel
kualitas produk(X1) dan harga(X2) berpengaruh secara varsial terhadap
kepuasan pelanggan (Y). Dimana nilai signivikansi untuk pengaruh X1
dan X2 secara varsial terhadap Y adalah sebesar 0,000 f tabel 3,19, sehingga adapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh X1 dan X2 secara varsial terhadap Y
B. Implikasi
Adapun saran-saran yang dapat penulis berikan sehubungan dengan hasil
penelitian ini yaitu sebagai berikut:
1. Disarankan kepada Cafe Rabica agar dapat lebih memperhatikan
mengenai kualitas produk serta cafe Rabica juga harus memperhatikan
mengenai masalah harga yang bersaing. Ini dimaksudkan untuk dapat
menigkatkan kepuasan pelanggan.
2. Cafe rabica sebaiknya lebih memperhatikan suhu ruangan yang sejuk
agar pelanggan tidak kepanas atau gerah saat berkunjung.
kepuasan pelanggan (Studi Kasus Cafe Rabica Kab.Bone). penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui (1) apakah kualitas produk dan harga secara varsial berpengaruh
terhadap kepuasan pelanggan pada Cafe Rabica (2) untuk mengetahui faktor-
faktor apakah yang paling mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan pada Cafe
Rabica.
Berdasarkan tujuan penelitian di atas, untuk memperoleh data dari masalah
di atas maka penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research)
dengan metode deskriptif kuantitatif dengan membagikan kuisioner, dokumentasi
untuk mengumpulkan data yang diperlukan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas produk dan harga secara
varsial atau menyeluruh berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan(2) faktor yang
paling mempengaruhi kepuasan pelanggan pada Cafe Rabica adalah faktor kualitas
produk.
A. Simpulan
berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diatas, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Hasil analisis nmenunjukkan bahwa secara parsial variabel kualitas
produk (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan
pelanggan (Y).diketahui nilai sig untuk pengaruh X1 terhadap Y adalah
0,022< 0,05 dan nilai t hitung 2,365 > t tabel 2,012sehingga dapat
disimpulkan bahwa Hi diterima yang berarti terdapat pengaruh kualitas
produk (X1) terhadap kepuasan pelanggan (Y).
2. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara persial variabel harga (X2)
berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y).
Diketahui nilai sig untuk pengaruh X2 terhadap Y adalah sebesar 0,000
< 0,05 dan nilai t hitung 5,058 > t tabel 2,012. Sehingga adapat
disimpulkan bahwa H2 diterima yang berarti terdapat pengaruh harga
(X2) terhadap kepuasan pelanggan (Y).
3. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa secara varsial variabel
kualitas produk(X1) dan harga(X2) berpengaruh secara varsial terhadap
kepuasan pelanggan (Y). Dimana nilai signivikansi untuk pengaruh X1
dan X2 secara varsial terhadap Y adalah sebesar 0,000 f tabel 3,19, sehingga adapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh X1 dan X2 secara varsial terhadap Y
B. Implikasi
Adapun saran-saran yang dapat penulis berikan sehubungan dengan hasil
penelitian ini yaitu sebagai berikut:
1. Disarankan kepada Cafe Rabica agar dapat lebih memperhatikan
mengenai kualitas produk serta cafe Rabica juga harus memperhatikan
mengenai masalah harga yang bersaing. Ini dimaksudkan untuk dapat
menigkatkan kepuasan pelanggan.
2. Cafe rabica sebaiknya lebih memperhatikan suhu ruangan yang sejuk
agar pelanggan tidak kepanas atau gerah saat berkunjung.
Ketersediaan
| SSYA20190601 | 601/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
601/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Syarah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
