Urgensi Peranan Perpustakaan dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa (Studi di SMA Negeri 5 Watampone Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone)
Syarifa Ariesma/02.13.3229 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Peranan Perpustakaan dalam Peningkatan
Prestasi Belajar Siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran
objektif mengenai profil perpustakaan di SMA Negeri 5 Watampone, gambaran
prestasi belajar siswa serta sumbangsi perpustakaan dalam peningkatan prestasi
belajar siswa di SMA Negeri 5 Watampone.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan
manajemen, sosiologis, paedagogik dan psikologis. Adapun tahap yang dilakukan
yaitu Wawancara dengan beberapa narasumber yang dianggap dapat memberikan
informasi. Penelitian ini juga melakukan observasi ke lokasi studi peneliti. Adapun
data-data yang diperoleh dengan cara melalui dokumentasi berupa data-data yang
bersifat teoritis seperti buku-buku, data-data dari dokumen contohnya catatan formal,
dan sebagian yang bersangkutan dengan judul.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1). Profil perpustakaan di SMA Negeri
5 Watampone yakni: Perpustakaan di SMA Negeri 5 Watampone berdiri sejak
sekolah mulai beroperasi pada tahun 1985, semakin hari pihak sekolah berusaha
untuk melakukan perbaikan untuk fasilitas perpustakaan sehingga nantinya
perpustkaan dapat dimanfaatkan dengan baik-baik oleh peserta didik maupun oleh
guru dalam proses belajar mengajar. 2). Gambaran prestasi belajar siswa di SMA
Negeri 5 Watampone mengalami penurunan, hal tersebut dibuktikan dari presentase
kelulusan pada tahun ajaran 2014/2015 yakni 100 % sedangkan pada tahun ajaran
2015/2016 mengalami penurunan menjadi 90%. 3). Sumbangsi perpustakaan dalam
peningkatan prestasi belajar siswa yaitu membantu dalam memperoleh bahan ajar,
dengan banyaknya jumlah buku membantu peserta didik dalam menyelesaikan tugas.
Implikasi penelitian, Kepala sekolah harus selalu menerima masukan atau
saran terkait dengan adanya kekurangan terhadap fasilitas sekolah salah satunya
perpustakaan yang dapat membantu bagi para guru dan peserta didik, serta mulai
mempertimbangkan pemanfaatan fasilitas komputer diperpustakaan untuk fasilitas
penunjang perpustakaan kearah yang lebih baik Bagi para orang-orang yang
memiliki wewenang di sekeolah untuk bisa semakin peduli terkait minat baca
perserta didik agar para siswa semakin gemar membaca dan mampu berdampak pada
prestasi belajarnya.
A. Kesimpulan
Perana perpustakaan dalam peningkatan prestasi belajar siswa adalah sebagai
berikut:
1. Pengadaan yang dilakukan di perpustakaan SMA Negeri 5 Watampone,
memberikan manfaat yang besar baik untuk guru maupun siswa karena
dengan adanya pengadaan koleksi yang dilakukan mampu memnuhi
kebutuhan pengguna serta menjadi pedoman bagi pengembangan
perpustakaan.
2. Prestasi belajar siswa di SMA Negeri 5 Watampone mengalami penurunan
dua tahun terakhir salah satu penyebabnya karena kurangnya kemampuan
siswa menyelesaikan tugas sehingga pihak sekolah berusaha meningkatkan
hal tersebut melalui pengolahan perpustakaan sehingga melalui hal
tersebut misal pengolahan koleksi dengan baik sehingga nantinya
berdampak pada minat baca siswa.
3. Penyusunan koleksi buku yang baik oleh pihak sekolah mampu
memberikan dampak yang baik khususnya bagi prestasi siswa karna
dengan adanya penyusunan yang baik maka para pengguna dapat dengan
mudah menemukan koleksi yang diinginkannya sehingga dapat berdampak
baik bagi prestasi siswa sendiri khususnya di SMA Negeri 5 Watampone.
B. Saran
Setelah mengadakan penelitian di SMA Negeri 5 Watampone terkait Peranan
perpustakaan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 5
Watampone, maka penulis mempunyai saran bagi SMA Negeri 5 Watampone,
sebagai berikut:
1. Kepala sekolah harus selalu menerima masukan atau saran terkait dengan
adanya kekurangan terhadap fasilitas sekolah salah satunya perpustakaan
yang dapat membantu bagi para guru dan peserta didik.
2. Bagi para orang-orang yang memiliki wewenang di sekeolah untuk bisa
semakin peduli terkait minat baca perserta didik agar para siswa semakin
gemar membaca dan mampu berdampak pada prestasi belajarnya
3. Kepala sekolah juga sebaiknya mulai mempertimbangkan pemanfaatan
fasilitas komputer diperpustakaan untuk fasilitas penunjang perpustakaan
kearah yang lebih baik.
Prestasi Belajar Siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran
objektif mengenai profil perpustakaan di SMA Negeri 5 Watampone, gambaran
prestasi belajar siswa serta sumbangsi perpustakaan dalam peningkatan prestasi
belajar siswa di SMA Negeri 5 Watampone.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan
manajemen, sosiologis, paedagogik dan psikologis. Adapun tahap yang dilakukan
yaitu Wawancara dengan beberapa narasumber yang dianggap dapat memberikan
informasi. Penelitian ini juga melakukan observasi ke lokasi studi peneliti. Adapun
data-data yang diperoleh dengan cara melalui dokumentasi berupa data-data yang
bersifat teoritis seperti buku-buku, data-data dari dokumen contohnya catatan formal,
dan sebagian yang bersangkutan dengan judul.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1). Profil perpustakaan di SMA Negeri
5 Watampone yakni: Perpustakaan di SMA Negeri 5 Watampone berdiri sejak
sekolah mulai beroperasi pada tahun 1985, semakin hari pihak sekolah berusaha
untuk melakukan perbaikan untuk fasilitas perpustakaan sehingga nantinya
perpustkaan dapat dimanfaatkan dengan baik-baik oleh peserta didik maupun oleh
guru dalam proses belajar mengajar. 2). Gambaran prestasi belajar siswa di SMA
Negeri 5 Watampone mengalami penurunan, hal tersebut dibuktikan dari presentase
kelulusan pada tahun ajaran 2014/2015 yakni 100 % sedangkan pada tahun ajaran
2015/2016 mengalami penurunan menjadi 90%. 3). Sumbangsi perpustakaan dalam
peningkatan prestasi belajar siswa yaitu membantu dalam memperoleh bahan ajar,
dengan banyaknya jumlah buku membantu peserta didik dalam menyelesaikan tugas.
Implikasi penelitian, Kepala sekolah harus selalu menerima masukan atau
saran terkait dengan adanya kekurangan terhadap fasilitas sekolah salah satunya
perpustakaan yang dapat membantu bagi para guru dan peserta didik, serta mulai
mempertimbangkan pemanfaatan fasilitas komputer diperpustakaan untuk fasilitas
penunjang perpustakaan kearah yang lebih baik Bagi para orang-orang yang
memiliki wewenang di sekeolah untuk bisa semakin peduli terkait minat baca
perserta didik agar para siswa semakin gemar membaca dan mampu berdampak pada
prestasi belajarnya.
A. Kesimpulan
Perana perpustakaan dalam peningkatan prestasi belajar siswa adalah sebagai
berikut:
1. Pengadaan yang dilakukan di perpustakaan SMA Negeri 5 Watampone,
memberikan manfaat yang besar baik untuk guru maupun siswa karena
dengan adanya pengadaan koleksi yang dilakukan mampu memnuhi
kebutuhan pengguna serta menjadi pedoman bagi pengembangan
perpustakaan.
2. Prestasi belajar siswa di SMA Negeri 5 Watampone mengalami penurunan
dua tahun terakhir salah satu penyebabnya karena kurangnya kemampuan
siswa menyelesaikan tugas sehingga pihak sekolah berusaha meningkatkan
hal tersebut melalui pengolahan perpustakaan sehingga melalui hal
tersebut misal pengolahan koleksi dengan baik sehingga nantinya
berdampak pada minat baca siswa.
3. Penyusunan koleksi buku yang baik oleh pihak sekolah mampu
memberikan dampak yang baik khususnya bagi prestasi siswa karna
dengan adanya penyusunan yang baik maka para pengguna dapat dengan
mudah menemukan koleksi yang diinginkannya sehingga dapat berdampak
baik bagi prestasi siswa sendiri khususnya di SMA Negeri 5 Watampone.
B. Saran
Setelah mengadakan penelitian di SMA Negeri 5 Watampone terkait Peranan
perpustakaan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 5
Watampone, maka penulis mempunyai saran bagi SMA Negeri 5 Watampone,
sebagai berikut:
1. Kepala sekolah harus selalu menerima masukan atau saran terkait dengan
adanya kekurangan terhadap fasilitas sekolah salah satunya perpustakaan
yang dapat membantu bagi para guru dan peserta didik.
2. Bagi para orang-orang yang memiliki wewenang di sekeolah untuk bisa
semakin peduli terkait minat baca perserta didik agar para siswa semakin
gemar membaca dan mampu berdampak pada prestasi belajarnya
3. Kepala sekolah juga sebaiknya mulai mempertimbangkan pemanfaatan
fasilitas komputer diperpustakaan untuk fasilitas penunjang perpustakaan
kearah yang lebih baik.
Ketersediaan
| ST20170233 | 233/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
233/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
