Peranan Promosi di Sosial Media Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Online Pada Hijab FMD.ID dalam Perspektif Ekonomi Syariah
Vran Siska Desi Sulistiowati/01..14..3175 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang peranan promosi melalui sosial media terhadap
peningkatan volume penjualan online (studi pada hijab FMD.ID). penelitian ini
dilaksanakan untuk mengetahui peranan promosi melalui sosial media dan respon
konsumen terhadap promosi tersebut.
Berdasarkan tujuan penelitian diatas, maka jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan
kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi dalam mengumpulkan data yang diperlukan. Data yang terkumpul
kemudian diolah dengan menggunakan teknik descriptive analysis untuk mengetahui
peranan promosi melalui sosial media terhadap peningkatan volume penjualan online
(studi pada hijab FMD.ID).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan promosi melalui sosial media
terhadap peningkatan volume penjualan online memberikan manfaat yang besar
dalam meningkatkan penjualan. Karena dengan mengunggah foto serta video yang
menarik, unik, dan jelas mampu menarik konsumen sehingga dapat meningkatkan
volume penjualan. Sedangkan, respon pelanggan atau konsumen terhadap promosi
yang dilakukan oleh FMD.id sangat positif. Respon dari pelanggan atau konsumen
terlihat dari jumlah like pada setiap postingan foto maupun video produk dari akun
sosial media FMD.id serta antusias dari konsumen atau pelanggan dengan melakukan
pembelian jilbab di FMD.id. Promosi yang telah dilakukan oleh FMD.id sangat
menarik, unik, dan jelas. Sehingga mampu menarik konsumen untuk membeli jilbab
dari FMD.id.
Dari hasil penelitian diatas diharapkan bahwa Hijab FMD.id terus melakukan
inovasi dan terobosan baru dalam melakukan promosi untuk meningkatkan penjualan
produk, mengadakan program seperti giveaway untuk menjaga dan mempertahankan
pelanggan yang sudah ada dan menarik pelanggan baru, dan memperhatikan faktor
lain selain promosi yang telah dilakukan untuk dapat bersaing dengan pesaing yang
mulai bermunculan seperti faktor harga, variasi produk, kualitas produk, dan faktor
lainnya.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan di atas, maka ditarik kesimpulan sebagai
berikut:
1. Peranan promosi melalui sosial media terhadap peningkatan volume penjualan
online memberikan manfaat yang besar dalam meningkatkan penjualan baik
penjualan offline maupun pejualan online. Penerapan promosi dengan
menggunakan sosial media dalam hal ini yaitu akun instagram FMD.id serta akun
facebook pribadi dari owner untuk menginformasikan produk dengan membagikan foto
dan video yang dapat menimbulkan rasa keingintahuan dari konsumen dan juga dapat
menjangkau konsumen yang lebih banyak dan lebih luas sehingga mampu
meningkatkan jumlah penjualan.
2. Respon pelanggan atau konsumen terhadap promosi yang dilakukan oleh
FMD.id sangat positif. Respon dari pelanggan atau konsumen terlihat dari
jumlah like pada setiap postingan foto maupun video produk dari akun sosial
media FMD.id serta antusias dari konsumen atau pelanggan dengan melakukan
pembelian jilbab di FMD.id. Promosi yang telah dilakukan oleh FMD.id sangat
menarik, unik, dan jelas. Sehingga mampu menarik konsumen untuk membeli
jilbab dari FMD.id.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan di atas, maka penulis memberikan saran-saran yang
membangun untuk kemajuan pelaksanaan promosi melalui sosial media pada
Hijab FMD.id maupun bagi pihak-pihak yang memerlukan sebagai berikut:
1. Diharapkan Hijab FMD.id terus melakukan inovasi dan terobasan baru dalam
melakukan promosi untuk meningkatkan penjualan produk.
2. Diharapkan FMD.id mengadakan program seperti giveaway untuk menjaga dan
mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan menarik pelanggan baru.
3. Hijab FMD.id juga perlu memperhatikan faktor lain selain promosi yang telah
dilakukan untuk dapat bersaing dengan pesaing yang mulai bermunculan seperti
faktor harga, variasi produk, kualitas produk, dan faktor lainnya.
peningkatan volume penjualan online (studi pada hijab FMD.ID). penelitian ini
dilaksanakan untuk mengetahui peranan promosi melalui sosial media dan respon
konsumen terhadap promosi tersebut.
Berdasarkan tujuan penelitian diatas, maka jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan
kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi dalam mengumpulkan data yang diperlukan. Data yang terkumpul
kemudian diolah dengan menggunakan teknik descriptive analysis untuk mengetahui
peranan promosi melalui sosial media terhadap peningkatan volume penjualan online
(studi pada hijab FMD.ID).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan promosi melalui sosial media
terhadap peningkatan volume penjualan online memberikan manfaat yang besar
dalam meningkatkan penjualan. Karena dengan mengunggah foto serta video yang
menarik, unik, dan jelas mampu menarik konsumen sehingga dapat meningkatkan
volume penjualan. Sedangkan, respon pelanggan atau konsumen terhadap promosi
yang dilakukan oleh FMD.id sangat positif. Respon dari pelanggan atau konsumen
terlihat dari jumlah like pada setiap postingan foto maupun video produk dari akun
sosial media FMD.id serta antusias dari konsumen atau pelanggan dengan melakukan
pembelian jilbab di FMD.id. Promosi yang telah dilakukan oleh FMD.id sangat
menarik, unik, dan jelas. Sehingga mampu menarik konsumen untuk membeli jilbab
dari FMD.id.
Dari hasil penelitian diatas diharapkan bahwa Hijab FMD.id terus melakukan
inovasi dan terobosan baru dalam melakukan promosi untuk meningkatkan penjualan
produk, mengadakan program seperti giveaway untuk menjaga dan mempertahankan
pelanggan yang sudah ada dan menarik pelanggan baru, dan memperhatikan faktor
lain selain promosi yang telah dilakukan untuk dapat bersaing dengan pesaing yang
mulai bermunculan seperti faktor harga, variasi produk, kualitas produk, dan faktor
lainnya.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan di atas, maka ditarik kesimpulan sebagai
berikut:
1. Peranan promosi melalui sosial media terhadap peningkatan volume penjualan
online memberikan manfaat yang besar dalam meningkatkan penjualan baik
penjualan offline maupun pejualan online. Penerapan promosi dengan
menggunakan sosial media dalam hal ini yaitu akun instagram FMD.id serta akun
facebook pribadi dari owner untuk menginformasikan produk dengan membagikan foto
dan video yang dapat menimbulkan rasa keingintahuan dari konsumen dan juga dapat
menjangkau konsumen yang lebih banyak dan lebih luas sehingga mampu
meningkatkan jumlah penjualan.
2. Respon pelanggan atau konsumen terhadap promosi yang dilakukan oleh
FMD.id sangat positif. Respon dari pelanggan atau konsumen terlihat dari
jumlah like pada setiap postingan foto maupun video produk dari akun sosial
media FMD.id serta antusias dari konsumen atau pelanggan dengan melakukan
pembelian jilbab di FMD.id. Promosi yang telah dilakukan oleh FMD.id sangat
menarik, unik, dan jelas. Sehingga mampu menarik konsumen untuk membeli
jilbab dari FMD.id.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan di atas, maka penulis memberikan saran-saran yang
membangun untuk kemajuan pelaksanaan promosi melalui sosial media pada
Hijab FMD.id maupun bagi pihak-pihak yang memerlukan sebagai berikut:
1. Diharapkan Hijab FMD.id terus melakukan inovasi dan terobasan baru dalam
melakukan promosi untuk meningkatkan penjualan produk.
2. Diharapkan FMD.id mengadakan program seperti giveaway untuk menjaga dan
mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan menarik pelanggan baru.
3. Hijab FMD.id juga perlu memperhatikan faktor lain selain promosi yang telah
dilakukan untuk dapat bersaing dengan pesaing yang mulai bermunculan seperti
faktor harga, variasi produk, kualitas produk, dan faktor lainnya.
Ketersediaan
| SS20180174 | 174/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
174/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Syariah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
