Efektivitas Pengelolaan Retribusi Pasar untuk Meningkatkan Pelayanan Publik dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Pasar Sentral Palakka)
Risnayanti/ 01.14.3167 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Efektivitas Pengelolaan Retribusi Pasar
untuk Meningkatkan Pelayanan Publik dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada
Pasar Sentral Palakka)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas
pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen dalam pemungutan retribusi pasar pada Badan
Pendapatan Daerah UPTD pasar sentral Palakka Kabupaten Bone.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi dalam mengumpulkan data yang diperlukan. Data yang telah terkumpul
kemudian diolah dengan menggunakan teknik reduksi data (data reduction),
penyajian data(data display) dan penarikan kesimpulan (conclution
drawing/verification).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan retribusi pelayanan pasar
di pasar sentral Palakka belum efektif. Hal ini dapat lihat dari beberapa fungsi
manajemen yang tidak terlaksana dengan baik sehingga realiasi pendapatan retribusi
tidak pernah tercapai karena masih adanya pedagang yang tidak membayar retribusi
juga penindakan pemerintah yang kurang tegas terhadap pedagang yang tidak
membayar retribusi. Dilhat dari Pelaksanaan pengelolaan retribusi di pasar sentral
Palakka belum sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam, karena dari pemberian
penindakan yang kurang tegas, belum mampu mengelola retribusi pasar dengan baik
dan masih ada beberapa para wajib retribusi yang tidak menjalankan kewajiban
mereka yakni membayar retribusi. Sehingga pemungutan retribusi pasar dalam
meningkatkan pelayanan publikpun belum efektif dikarenakan selain faktor wajib
retribusi yang tidak sadar akan pentingnya membayar retribusi juga adanya
permasalahan lain yang terjadi dalam pemungutan retribusi pasar seperti adanya
tunggakan-tunggakan pembayaran retribusi dan banyaknya tempat yang masih
kosong atau tutup.
Permasalahan-permasalahan tersebut yang mengakibatkan tidak tercapainya
target sehingga diperlukan upaya penindakan yang tegas untuk menanggulangi dan
mengatasi permasalahan yang terjadi dalam pemungutan retribusi pasar.
A. Kesimpulan
1. Pengelolaan retribusi pelayanan pasar di pasar sentral Palakka belum efektif.
Hal ini dapat lihat dari beberapa fungsi manajemen yang tidak terlaksana
dengan baik sehingga realiasi pendapatan retribusi tidak pernah tercapai karena
masih adanya pedagang yang tidak membayar retribusi juga penindakan
pemerintah yang kurang tegas terhadap pedagang yang tidak membayar
retribusiPengorganisasian dalam hal jumlah kolektor dan staf serta pembagian
tugasnya sudah efektif karena jumlah kolektor dan staf sudah cukup bila
dibandingkan dengan luas wilayah kerja mereka.
2. Pelaksanaan pengelolaan retribusi di pasar sentral Palakka belum sesuai dengan
prinsip-prinsip ekonomi Islam, hal ini dapat dilihat dari pemberian penindakan
yang kurang tegas, belum mampu mengelola retribusi pasar dengan baik dan
masih ada beberapa para wajib retribusi yang tidak menjalankan kewajiban
mereka yakni membayar retribusi.
3. Pemberian pelayanan kepada pedagang pasar sentral Palakkka sudah efektif
dimana telah disediakannya fasilitas sarana dan prasana untuk pedagang,
adanya pelayanan kebersihan, keamanan, serta air dan listrik. Namun,
pemungutan retribusi pasar dalam meningkatkan pelayanan publik belum
efektif dikarenakan selain faktor wajib retribusi yang tidak sadar akan
pentingnya membayar retribusi juga adanya permasalahan lain yang terjadi
dalam pemungutan retribusi pasar seperti adanya tunggakan-tunggakan
pembayaran retribusi dan banyaknya tempat yang masih kosong atau tutup.
B. Saran
1. Diharapkaan adanya sosialisasi terhadap pedagang tentang arti pentingnya
membayar retribusi pasar dan perlunya penindakan yang tegas terhadap
pedagang yang tidak membayar retribusi pasar agar ada efek jera, sehingga para
pedagang selalu tepat waktu membayar retribusi agar target pendapatan
retribusi dapat tercapai.
2. Diharapkan para pemimpin maupun kolektor dan staf UPTD pasar sentral
Palakka agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh rasa
tanggung jawab.
3. Diharapkan agar wajib retribusi sadar akan pentingnya membayar retribusi
pasar sehingga Badan Pendapatan Daerah UPTD pasar sentral Palakka dapat
meningkatkan pelayanan publik.
untuk Meningkatkan Pelayanan Publik dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada
Pasar Sentral Palakka)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas
pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen dalam pemungutan retribusi pasar pada Badan
Pendapatan Daerah UPTD pasar sentral Palakka Kabupaten Bone.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi dalam mengumpulkan data yang diperlukan. Data yang telah terkumpul
kemudian diolah dengan menggunakan teknik reduksi data (data reduction),
penyajian data(data display) dan penarikan kesimpulan (conclution
drawing/verification).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan retribusi pelayanan pasar
di pasar sentral Palakka belum efektif. Hal ini dapat lihat dari beberapa fungsi
manajemen yang tidak terlaksana dengan baik sehingga realiasi pendapatan retribusi
tidak pernah tercapai karena masih adanya pedagang yang tidak membayar retribusi
juga penindakan pemerintah yang kurang tegas terhadap pedagang yang tidak
membayar retribusi. Dilhat dari Pelaksanaan pengelolaan retribusi di pasar sentral
Palakka belum sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam, karena dari pemberian
penindakan yang kurang tegas, belum mampu mengelola retribusi pasar dengan baik
dan masih ada beberapa para wajib retribusi yang tidak menjalankan kewajiban
mereka yakni membayar retribusi. Sehingga pemungutan retribusi pasar dalam
meningkatkan pelayanan publikpun belum efektif dikarenakan selain faktor wajib
retribusi yang tidak sadar akan pentingnya membayar retribusi juga adanya
permasalahan lain yang terjadi dalam pemungutan retribusi pasar seperti adanya
tunggakan-tunggakan pembayaran retribusi dan banyaknya tempat yang masih
kosong atau tutup.
Permasalahan-permasalahan tersebut yang mengakibatkan tidak tercapainya
target sehingga diperlukan upaya penindakan yang tegas untuk menanggulangi dan
mengatasi permasalahan yang terjadi dalam pemungutan retribusi pasar.
A. Kesimpulan
1. Pengelolaan retribusi pelayanan pasar di pasar sentral Palakka belum efektif.
Hal ini dapat lihat dari beberapa fungsi manajemen yang tidak terlaksana
dengan baik sehingga realiasi pendapatan retribusi tidak pernah tercapai karena
masih adanya pedagang yang tidak membayar retribusi juga penindakan
pemerintah yang kurang tegas terhadap pedagang yang tidak membayar
retribusiPengorganisasian dalam hal jumlah kolektor dan staf serta pembagian
tugasnya sudah efektif karena jumlah kolektor dan staf sudah cukup bila
dibandingkan dengan luas wilayah kerja mereka.
2. Pelaksanaan pengelolaan retribusi di pasar sentral Palakka belum sesuai dengan
prinsip-prinsip ekonomi Islam, hal ini dapat dilihat dari pemberian penindakan
yang kurang tegas, belum mampu mengelola retribusi pasar dengan baik dan
masih ada beberapa para wajib retribusi yang tidak menjalankan kewajiban
mereka yakni membayar retribusi.
3. Pemberian pelayanan kepada pedagang pasar sentral Palakkka sudah efektif
dimana telah disediakannya fasilitas sarana dan prasana untuk pedagang,
adanya pelayanan kebersihan, keamanan, serta air dan listrik. Namun,
pemungutan retribusi pasar dalam meningkatkan pelayanan publik belum
efektif dikarenakan selain faktor wajib retribusi yang tidak sadar akan
pentingnya membayar retribusi juga adanya permasalahan lain yang terjadi
dalam pemungutan retribusi pasar seperti adanya tunggakan-tunggakan
pembayaran retribusi dan banyaknya tempat yang masih kosong atau tutup.
B. Saran
1. Diharapkaan adanya sosialisasi terhadap pedagang tentang arti pentingnya
membayar retribusi pasar dan perlunya penindakan yang tegas terhadap
pedagang yang tidak membayar retribusi pasar agar ada efek jera, sehingga para
pedagang selalu tepat waktu membayar retribusi agar target pendapatan
retribusi dapat tercapai.
2. Diharapkan para pemimpin maupun kolektor dan staf UPTD pasar sentral
Palakka agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh rasa
tanggung jawab.
3. Diharapkan agar wajib retribusi sadar akan pentingnya membayar retribusi
pasar sehingga Badan Pendapatan Daerah UPTD pasar sentral Palakka dapat
meningkatkan pelayanan publik.
Ketersediaan
| SS201900107 | 107/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
107/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Syariah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
