Strategi Pengembangan Bisnis Islami Dengan Menggunakan Modal sendiri (Studi Pada Barokah Print di Kabupaten Bone)
Putri Deflyanti S/01.15.3061 - Personal Name
Indonesia sebagai negara berkembang, tidak menyediakan banyak kesempatan
kerja, terutama di sektor formal. Pada tahun 2016, lebih dari 1,4 juta pencari kerja di
Indonesia, hanya 742.000 orang yang akhirnya dipekerjakan. Dengan jumlah tenaga
kerja yang bertambah 2 juta setiap tahun. Sudah menjadi rahasia umum untuk bekerja
di suatu lembaga pemerintahan maupun perusahaan, harus menyingkirkan begitu
banyak pesaing, jika tidak diterima akan menyalahkan pemerintah karena kurangnya
lapangan kerja. Pemuda harusnya bisa memulai untuk membantu pemerintah dalam
membuka lapangan kerja. Akan tetapi, membangun bisnis membutuhkan modal,
sedangkan modal yang dibutuhkan tidak mengandung unsur riba dan sesuai dengan
hukum syariat maka dari itu dibutuhkan strategi dalam membangun bisnis dengan
menggunakan modal sendiri dan bagaimana bisnis tersebut bisa terus berkembang.
Suhri pemilik Barokah print yang menjadi objek penelitian memulai usaha dengan
modal sendiri. Maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana
pengembangan bisnis Islam di barokah Print dan bagaimana Strategi Barokah Print
dalam mengembangkan usahanya dengan menggunakan modal sendiri.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan
kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi,
kemudian penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan 3 langkah
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Barokah Print menerapkan strategi
berbisnis Islam seperti Harga terjangkau, promosi, dan pelayanan yang unggul. Serta
cara untuk mengembangkan sesuai dengan nilai-nilai dan prinsip-prinsip Islam yaitu,
mempunyai niat yang baik, bersikap jujur, mencari rezeki halal dan baik, sholat tepat
waktu dan menjaga aturan syariat.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan di bab sebelumnya, maka disimpulkan
sebagai berikut:
1. Pengembangan Bisnis Islami yang ada pada Barokah Print dilakukan dengan
beberapa aspek seperti;
a) Niat yang baik
Aspek ini telah terdapat pada Barokah Print awal mula usaha ini untuk
membantu para pelanggan khususnya pelajar agar mendapatkan harga
terjangkau.
b) Bersikap jujur
Dalam mengembangkan bisnis, Barokah Print menjunjung tinggi kejujuran
dalam hal ini dilihat cara mempromosikan dengan jujur. Jujur sangat penting
dalam pengembangan bisnis sebagai penjual kita akan mendapatkan
kepercayaan dari pelanggan.
c) Mencari rezeki halal dan baik
Segala macam jual beli harus sesuai dengan hukum dan nilai-nilai Islam.
Cara mendapatkannya harus halal dan baik. Dalam hal pencarian harta juga
harus baik Barokah Print menerapkan hal tersebut dengan menerapkan
kedisiplinan.
d) Sholat tepat waktu
Suhri pemilik Barokah Print selalu melaksanakan sholat tepat waktu, Dalam
mengembangkan bisnis Islam, perlu adanya hubungan baik antara pemilik
bisnis (hamba) dengan Allah tujuannya agar selalu dipermudah dalam
mencari rezeki.
e) Menjaga aturan syariah
Barokah Print tidak melakukan transaksi yang tidak diperbolehkan syariat.
Dimana modal yang digunakan Barokah Print yakni modal sendiri, modal
diperoleh dari pemilik usaha sendiri sehingga terhindar dari riba. Dan
Barokah Print menggunakan salah satu metode pengembangan usaha
kejujuran yang dimana tidak melakukan penipuan.
2. Strategi Barokah Print menggunakan modal sendiri dalam mengembangan
usaha
a) Harga terjangkau
Barokah Print menetapkan harga dengan mengkalkulasikan bahan (kertas
dan tinta) yang digunakan sebelum akhirnya menetapkan harga Rp150,- per
lembar. Suhri pemilik Barokah Print mengatakan bahwa, menetapkan harga
murah memang memberikan tenaga yang ekstra. Walau keuntungan yang
didapatkan sedikit tetapi dari keuntungan yang terus-menerus dapat
membuat Barokah Print berkembang sampai sekarang.
b) Promotion (Promosi)
Strategi promosi yang digunakan Barokah Print yaitu dengan jujur.
Mempromosikan harga dengan transparansi sesuai dengan harga yang
dibayar oleh pelanggan.
c) Service Execellence (Pelayanan yang Unggul)
Pelayanan Barokah Print sudah baik dilihat dari beberapa strategi-strategi
yang digunakan dalam pengembangan usaha.
B. Implikasi
1 Pengembangan Bisnis Islami menjadi nilai-nilai yang menjadi landasan agar
individu dalam menjalankan bisnis mempunyai cara dan tujuan untuk
mengembangakan bisnis sesuai dengan aturan Allah.
2 Strategi bisnis Islami adalah tindakan-tindakan yang dijadikan kebiasaan atau
dorongan dalam membangun bisnis agar bisnis terus berjalan.
kerja, terutama di sektor formal. Pada tahun 2016, lebih dari 1,4 juta pencari kerja di
Indonesia, hanya 742.000 orang yang akhirnya dipekerjakan. Dengan jumlah tenaga
kerja yang bertambah 2 juta setiap tahun. Sudah menjadi rahasia umum untuk bekerja
di suatu lembaga pemerintahan maupun perusahaan, harus menyingkirkan begitu
banyak pesaing, jika tidak diterima akan menyalahkan pemerintah karena kurangnya
lapangan kerja. Pemuda harusnya bisa memulai untuk membantu pemerintah dalam
membuka lapangan kerja. Akan tetapi, membangun bisnis membutuhkan modal,
sedangkan modal yang dibutuhkan tidak mengandung unsur riba dan sesuai dengan
hukum syariat maka dari itu dibutuhkan strategi dalam membangun bisnis dengan
menggunakan modal sendiri dan bagaimana bisnis tersebut bisa terus berkembang.
Suhri pemilik Barokah print yang menjadi objek penelitian memulai usaha dengan
modal sendiri. Maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana
pengembangan bisnis Islam di barokah Print dan bagaimana Strategi Barokah Print
dalam mengembangkan usahanya dengan menggunakan modal sendiri.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan
kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi,
kemudian penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan 3 langkah
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Barokah Print menerapkan strategi
berbisnis Islam seperti Harga terjangkau, promosi, dan pelayanan yang unggul. Serta
cara untuk mengembangkan sesuai dengan nilai-nilai dan prinsip-prinsip Islam yaitu,
mempunyai niat yang baik, bersikap jujur, mencari rezeki halal dan baik, sholat tepat
waktu dan menjaga aturan syariat.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan di bab sebelumnya, maka disimpulkan
sebagai berikut:
1. Pengembangan Bisnis Islami yang ada pada Barokah Print dilakukan dengan
beberapa aspek seperti;
a) Niat yang baik
Aspek ini telah terdapat pada Barokah Print awal mula usaha ini untuk
membantu para pelanggan khususnya pelajar agar mendapatkan harga
terjangkau.
b) Bersikap jujur
Dalam mengembangkan bisnis, Barokah Print menjunjung tinggi kejujuran
dalam hal ini dilihat cara mempromosikan dengan jujur. Jujur sangat penting
dalam pengembangan bisnis sebagai penjual kita akan mendapatkan
kepercayaan dari pelanggan.
c) Mencari rezeki halal dan baik
Segala macam jual beli harus sesuai dengan hukum dan nilai-nilai Islam.
Cara mendapatkannya harus halal dan baik. Dalam hal pencarian harta juga
harus baik Barokah Print menerapkan hal tersebut dengan menerapkan
kedisiplinan.
d) Sholat tepat waktu
Suhri pemilik Barokah Print selalu melaksanakan sholat tepat waktu, Dalam
mengembangkan bisnis Islam, perlu adanya hubungan baik antara pemilik
bisnis (hamba) dengan Allah tujuannya agar selalu dipermudah dalam
mencari rezeki.
e) Menjaga aturan syariah
Barokah Print tidak melakukan transaksi yang tidak diperbolehkan syariat.
Dimana modal yang digunakan Barokah Print yakni modal sendiri, modal
diperoleh dari pemilik usaha sendiri sehingga terhindar dari riba. Dan
Barokah Print menggunakan salah satu metode pengembangan usaha
kejujuran yang dimana tidak melakukan penipuan.
2. Strategi Barokah Print menggunakan modal sendiri dalam mengembangan
usaha
a) Harga terjangkau
Barokah Print menetapkan harga dengan mengkalkulasikan bahan (kertas
dan tinta) yang digunakan sebelum akhirnya menetapkan harga Rp150,- per
lembar. Suhri pemilik Barokah Print mengatakan bahwa, menetapkan harga
murah memang memberikan tenaga yang ekstra. Walau keuntungan yang
didapatkan sedikit tetapi dari keuntungan yang terus-menerus dapat
membuat Barokah Print berkembang sampai sekarang.
b) Promotion (Promosi)
Strategi promosi yang digunakan Barokah Print yaitu dengan jujur.
Mempromosikan harga dengan transparansi sesuai dengan harga yang
dibayar oleh pelanggan.
c) Service Execellence (Pelayanan yang Unggul)
Pelayanan Barokah Print sudah baik dilihat dari beberapa strategi-strategi
yang digunakan dalam pengembangan usaha.
B. Implikasi
1 Pengembangan Bisnis Islami menjadi nilai-nilai yang menjadi landasan agar
individu dalam menjalankan bisnis mempunyai cara dan tujuan untuk
mengembangakan bisnis sesuai dengan aturan Allah.
2 Strategi bisnis Islami adalah tindakan-tindakan yang dijadikan kebiasaan atau
dorongan dalam membangun bisnis agar bisnis terus berjalan.
Ketersediaan
| SFEBI20190186 | 186/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
186/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
