Pengaruh Kualitas Produksi Terhadap Volume Penjualan pada Mega Jilbab 2 Watampone
Fitriani/01.15.3261 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produksi
Terhadap Volume Penjualan pada Mega Jilbab 2 Watampone.
Jenis penelitian ini tergolong penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif
Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan
data dengan kuesioner/angket.Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang
melakukan pembelian Jilbab pada Mega Jilbab 2 Watampone.Penarikan sampel
menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh 30 sampel.Teknik
analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji
linearitas, analisis regresi linier sederhana, uji hipotesis t, Pengujian dilakukan
dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 21.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kualitas
produksi (X) terhadap volume penjualan (Y).Hal itu dibuktikan dengan hasil uji
regresi menunjukkan adanya hubungan yang positif kemudian dibuktikan dengan
hasil uji t yaitu menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,0000< 0,05 dan nilai
t hitung 3,708 > nilai t tabel 1,70113. Nilai koefisien menunjukkan berpengaruh
positif, artinya setiap peningkatan kualitas produksi sebesar 0,01 (1%), maka dapat
dikatakan menambah peningkatan volume penjualan sebesar 0,864 (86,4%) dan
sisanya 0,136 (13,6).
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan mengenai pengaruh
kualitas produksi terhadap volume penjualan pada Mega Jilbab 2 Watampone
sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil uji hipotesis yaitu uji t diperoleh nilai t hitung sebesar
3,441 > t tabel 1,70113. ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara kualitas produksi (X) terhadap volume penjualan (Y).
2. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan berpengaruh positif, artinya setiap
peningkatan kualitas produksi sebesar 0,01 (1%), maka dapat dikatakan
menambah peningkatan volume penjualan sebesar 0,864 (86,4%).
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan penelitian di atas, maka peneliti
merekomendasikan saran berupa:
1. Mega Jilbab 2 Watampone harus memperhatikan produk yang dijual,
konsumen tentu saja ingin mendapatkan kualitas produk terbaik yang akan
mereka gunakan. Apabila konsumen merasa kualitas suatu produk sangat
baik maka akan dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan
pembelian terus-menerus.
2. Selain itu pula harus memperhatikan keseimbangan antara kualitas produk
dan harga agar dapat menarik konsumen, sebuah kesesuain antara kualitas
produk dan harga yang efektif akan dapat menarik minat konsumen dalam
membeli.
Terhadap Volume Penjualan pada Mega Jilbab 2 Watampone.
Jenis penelitian ini tergolong penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif
Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan
data dengan kuesioner/angket.Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang
melakukan pembelian Jilbab pada Mega Jilbab 2 Watampone.Penarikan sampel
menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh 30 sampel.Teknik
analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji
linearitas, analisis regresi linier sederhana, uji hipotesis t, Pengujian dilakukan
dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 21.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kualitas
produksi (X) terhadap volume penjualan (Y).Hal itu dibuktikan dengan hasil uji
regresi menunjukkan adanya hubungan yang positif kemudian dibuktikan dengan
hasil uji t yaitu menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,0000< 0,05 dan nilai
t hitung 3,708 > nilai t tabel 1,70113. Nilai koefisien menunjukkan berpengaruh
positif, artinya setiap peningkatan kualitas produksi sebesar 0,01 (1%), maka dapat
dikatakan menambah peningkatan volume penjualan sebesar 0,864 (86,4%) dan
sisanya 0,136 (13,6).
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan mengenai pengaruh
kualitas produksi terhadap volume penjualan pada Mega Jilbab 2 Watampone
sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil uji hipotesis yaitu uji t diperoleh nilai t hitung sebesar
3,441 > t tabel 1,70113. ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara kualitas produksi (X) terhadap volume penjualan (Y).
2. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan berpengaruh positif, artinya setiap
peningkatan kualitas produksi sebesar 0,01 (1%), maka dapat dikatakan
menambah peningkatan volume penjualan sebesar 0,864 (86,4%).
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan penelitian di atas, maka peneliti
merekomendasikan saran berupa:
1. Mega Jilbab 2 Watampone harus memperhatikan produk yang dijual,
konsumen tentu saja ingin mendapatkan kualitas produk terbaik yang akan
mereka gunakan. Apabila konsumen merasa kualitas suatu produk sangat
baik maka akan dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan
pembelian terus-menerus.
2. Selain itu pula harus memperhatikan keseimbangan antara kualitas produk
dan harga agar dapat menarik konsumen, sebuah kesesuain antara kualitas
produk dan harga yang efektif akan dapat menarik minat konsumen dalam
membeli.
Ketersediaan
| SFEBI20190167 | 167/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
167/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
