Implementasi Fungsi Manajemen Dalam Mengelola Sarana Prasarana Pendidikan Di MTs Bulu-Bulu Kecamatan Tonra Kabupaten Bone
Arham Ambo/ 02.13.3145 - Personal Name
Kenyataan sarana pembelajaran yang ada seperti di atas sementara sistem sekolah yang ada dituntut untuk menghasilkan lulusan yang berprestasi (bermutu) dan dapat melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi. Sementara para pelaksana di lapangan dalam hal ini guru harus berupaya mencari berbagai alternatif sebagai solusi. Banyak sekolah yang sukses mengatasi masalah tersebut tetapi tidak sedikit sekolah dasar yang akhirnya gagal karena para gurunya tidak mampu mengatasi kendala sarana pembelajaran tersebut. Mungkin juga perhatian masyarakat di sekitarnya kurang bahkan tidak peduli dengan kondisi tersebut.
Adapun tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui pengelolaan manajemen sarana dan prasarana pembelajarandiMTsBulu-bulu. Untuk mengetahui Penggunaan manajemen sarana dan prasarana pendidikan di MTs Bulu-bulu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci. Penelitian ini dilakukan terutama berkaitan dengan pola tingkah laku manusia (behavior) dan apa makna yang terkandung dibalik tingkah laku yang sulit diukur dengan angka-angka serta penelitian yang berpangkal dari pola pikir induktif, yang didasarkan atas pengamatan obyektif partisipatif terhadap suatu fenomena sosial.
Pada penelitian ini diperoleh hasil yaitu pengelolan sarana dan prasara di MTs Bulu-Bulu melalui beberapa tahapan yaitu di mulai dari perencanaan, pengadaan, inventarisasi, pemakaian/penggunaan, penyimpanan dan penghapusandan bisa dikatakan bahwa pengelolaan sarana dan prasarana di MTs Bulu-Bulu sudah baik namun masih perlu lebih ditingkatkan lagi khususnya dari segi pemeliharaan serta pelaksanaan fungsi manajemen sarana dan prasarana di MTs Bulu-bulu masih perlu di tingkatkan dalam penerapannya. Khususnya dari segi pelaksanaan dan pengawasan sehingga sarana dan prasarana pendidikan di sekolah tersebut dapat terealisasi sesuai dengan tujuannya.
A.Simpulan
1.Pengelolaan sarana dan prasarana di MTs Bulu-Bulu melalaui beberapa tahapan yaitu: a) Perencanaan kebutuhan sarana dan prasarana,b) Pengadaan,
c) Inventaris, d) Penggunaan e) Penyimpanan, dan f)Penghapusan.
2.Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana
Pengelolan sarana dan prasara di MTs Bulu-Bulu melalui beberapa tahapan yaitu di mulai dari perencanaan, pengadaan, inventarisasi, pemakaian/penggunaan, penyimpanan dan penghapusandan bisa dikatakan bahwa pengelolaan sarana dan prasarana di MTs Bulu-Bulu sudah baik namun masih perlu lebih ditingkatkan lagi khususnya dari segi pemeliharaan serta pelaksanaan fungsi manajemen sarana dan prasarana di MTs Bulu-bulu masih perlu di tingkatkan dalam penerapannya.
B.Implikasi
1.Kepada Kepala Sekolahagar lebih bisa mengkomunikasikan dengan kepala sekolah dan komite dalam pemenuhan sarana dan prasarana yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dalam permendiknas tentang standar sarana dan prasarana yang harus dimiliki sekolah tingkatSMP/MTs.
2.Kepada MTs Bulu-Bulu diharapkan untuk lebih memperhatikan sarana dan prasarana apa saja yang perlu diperbaiki.
Adapun tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui pengelolaan manajemen sarana dan prasarana pembelajarandiMTsBulu-bulu. Untuk mengetahui Penggunaan manajemen sarana dan prasarana pendidikan di MTs Bulu-bulu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci. Penelitian ini dilakukan terutama berkaitan dengan pola tingkah laku manusia (behavior) dan apa makna yang terkandung dibalik tingkah laku yang sulit diukur dengan angka-angka serta penelitian yang berpangkal dari pola pikir induktif, yang didasarkan atas pengamatan obyektif partisipatif terhadap suatu fenomena sosial.
Pada penelitian ini diperoleh hasil yaitu pengelolan sarana dan prasara di MTs Bulu-Bulu melalui beberapa tahapan yaitu di mulai dari perencanaan, pengadaan, inventarisasi, pemakaian/penggunaan, penyimpanan dan penghapusandan bisa dikatakan bahwa pengelolaan sarana dan prasarana di MTs Bulu-Bulu sudah baik namun masih perlu lebih ditingkatkan lagi khususnya dari segi pemeliharaan serta pelaksanaan fungsi manajemen sarana dan prasarana di MTs Bulu-bulu masih perlu di tingkatkan dalam penerapannya. Khususnya dari segi pelaksanaan dan pengawasan sehingga sarana dan prasarana pendidikan di sekolah tersebut dapat terealisasi sesuai dengan tujuannya.
A.Simpulan
1.Pengelolaan sarana dan prasarana di MTs Bulu-Bulu melalaui beberapa tahapan yaitu: a) Perencanaan kebutuhan sarana dan prasarana,b) Pengadaan,
c) Inventaris, d) Penggunaan e) Penyimpanan, dan f)Penghapusan.
2.Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana
Pengelolan sarana dan prasara di MTs Bulu-Bulu melalui beberapa tahapan yaitu di mulai dari perencanaan, pengadaan, inventarisasi, pemakaian/penggunaan, penyimpanan dan penghapusandan bisa dikatakan bahwa pengelolaan sarana dan prasarana di MTs Bulu-Bulu sudah baik namun masih perlu lebih ditingkatkan lagi khususnya dari segi pemeliharaan serta pelaksanaan fungsi manajemen sarana dan prasarana di MTs Bulu-bulu masih perlu di tingkatkan dalam penerapannya.
B.Implikasi
1.Kepada Kepala Sekolahagar lebih bisa mengkomunikasikan dengan kepala sekolah dan komite dalam pemenuhan sarana dan prasarana yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dalam permendiknas tentang standar sarana dan prasarana yang harus dimiliki sekolah tingkatSMP/MTs.
2.Kepada MTs Bulu-Bulu diharapkan untuk lebih memperhatikan sarana dan prasarana apa saja yang perlu diperbaiki.
Ketersediaan
| ST20170223 | 223/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
223/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skirpsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
