Analisis Penetapan Harga Jual dengan Metode Mark Up Pricing (Studi Kasus pada Raisa Collection)
Emi Risdayanti Idris/01 14 3013 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penetapan harga jual dengan
mengunakan metode mark up pricing di toko Raisa Collection. Berdasarkan tujuan
penelitian diatas, maka jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan
menggunakan pendekatan Deskriktif kuantitatif. Data-data yang dibutuhkan dengan
menggunakan metode observasi, dan metode dokumentasi. Data-data yang telah
dikumpulkan melalui metode-metode tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik
analisis data, yaitu descriptive analysis, dan mark up pricing. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa Penetapan harga jual yang ditetapkan oleh toko Raisa Collection
masih menggunakan metode harga jual yang ditetapkan oleh produsen, yaitu harga
jual yang mengikuti harga pasaran yang telah ditetapkan oleh usaha-usaha dagang
sejenis lainnya. Perhitungan berdasarkan metode metode Mark Up Pricing. Dimana
harga jual yang dihitung berdasarkan metode jauh Mark Up Pricing lebih mahal
dibandingkan dengan harga pasaran.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas, maka dapat ditarik
kesimpulan:
Penetapan harga jual yang ditetapkan oleh toko Raisa Collection masih
menggunakan metode harga jual yang ditetapkan oleh produsen, yaitu harga jual yang
mengikuti harga pasaran yang telah ditetapkan oleh usaha-usaha dagang sejenis
lainnya. Perhitungan berdasarkan metode metode Mark Up Pricing. Dimana harga
jual yang dihitung berdasarkan metode jauh Mark Up Pricing lebih mahal
dibandingkan dengan harga pasaran.
B. Saran
Setalah melakukan penelitian, pembahasan dan merumuskan kesimpulan dari
penelitian, maka penulis memberikan beberapa saran yang berkaitan dengan
penelitian yang telah dilakukan untuk dijadikan masukan dan pertimbangan yang
berguna bagi pihak-pihak yang berkepentingan antara lain:
1. Perhitungan untuk menentukan harga jual produk dengan menggunakan
metode Mark Up Pricing dapat mengidentifikasikan secara signifikan biaya-
biaya produksi per produk.
2. Pihak toko Raisa Colletion dapat mempertimbangkan cara penentuan harga
jual produk berdasarkan Mark Up Pricing, dimana harga jual yang
ditentukan lebih mahal harga jual yang ditentukan perusahaan, namun tetap
memiliki laba yang sesuai dari laba yang diharapkan perusahaan.
mengunakan metode mark up pricing di toko Raisa Collection. Berdasarkan tujuan
penelitian diatas, maka jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan
menggunakan pendekatan Deskriktif kuantitatif. Data-data yang dibutuhkan dengan
menggunakan metode observasi, dan metode dokumentasi. Data-data yang telah
dikumpulkan melalui metode-metode tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik
analisis data, yaitu descriptive analysis, dan mark up pricing. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa Penetapan harga jual yang ditetapkan oleh toko Raisa Collection
masih menggunakan metode harga jual yang ditetapkan oleh produsen, yaitu harga
jual yang mengikuti harga pasaran yang telah ditetapkan oleh usaha-usaha dagang
sejenis lainnya. Perhitungan berdasarkan metode metode Mark Up Pricing. Dimana
harga jual yang dihitung berdasarkan metode jauh Mark Up Pricing lebih mahal
dibandingkan dengan harga pasaran.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas, maka dapat ditarik
kesimpulan:
Penetapan harga jual yang ditetapkan oleh toko Raisa Collection masih
menggunakan metode harga jual yang ditetapkan oleh produsen, yaitu harga jual yang
mengikuti harga pasaran yang telah ditetapkan oleh usaha-usaha dagang sejenis
lainnya. Perhitungan berdasarkan metode metode Mark Up Pricing. Dimana harga
jual yang dihitung berdasarkan metode jauh Mark Up Pricing lebih mahal
dibandingkan dengan harga pasaran.
B. Saran
Setalah melakukan penelitian, pembahasan dan merumuskan kesimpulan dari
penelitian, maka penulis memberikan beberapa saran yang berkaitan dengan
penelitian yang telah dilakukan untuk dijadikan masukan dan pertimbangan yang
berguna bagi pihak-pihak yang berkepentingan antara lain:
1. Perhitungan untuk menentukan harga jual produk dengan menggunakan
metode Mark Up Pricing dapat mengidentifikasikan secara signifikan biaya-
biaya produksi per produk.
2. Pihak toko Raisa Colletion dapat mempertimbangkan cara penentuan harga
jual produk berdasarkan Mark Up Pricing, dimana harga jual yang
ditentukan lebih mahal harga jual yang ditentukan perusahaan, namun tetap
memiliki laba yang sesuai dari laba yang diharapkan perusahaan.
Ketersediaan
| SS20190033 | 33/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
33/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Syariah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
