Strategi Pengembangan Pasar dalam Meningkatkan Penjualan Bakso Dan Nugget (Studi Pada Pabrik AHA Food Di Waetuo Kab. Bone)
Riskan Sanjaya/ 01.15.3111 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai strategi pengembangan pasar Pabrik AHA
Food di Desa Waetuo Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Pokok
permasalahannya adalah bagaimana strategi pengembangan pasar yang dilakukan
pabrik AHA Food Desa Waetuo Kecamatan Tanete Riattang Timur. Masalah ini
dianalisis dengan pendekatan keilmuan ekonomi syariah dengan metode kualitatif dan
dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa pemilik Usaha Pabrik AHA
Food ini menggunakan Strategi Rapid Penetration yaitu dengan menetapkan harga
produk yang rendah dan kegiatan promosi yang tinggi. Dimana strategi ini
menetapkan harga dari produk lebih terjangkau bagi para konsumen. Sedangkan
kegiatan promosi lebih di prioritaskan agar produk pabrik AHA Food lebih dikenal
oleh banyak orang. Dimana promosi ini dilakukan melalui social media dan
membagikan brosur ke swalayan. Kegiatan promosi ini dilakukan oleh sebagian dari
tenaga kerja pabrik AHA Food dan pemilik pabrik AHA Food serta teman-teman
terdekat yang berada di luar daerah sehingga meningkatkan pengembangan pasar dari
pabrik AHA Food
A. Kesimpulan
Dari pemaparan hasil dan pembahasan di bab sebelumnya, maka dapat
disimpulkan sebagai berikut;
1. Pelaksanaan program pengembangan pasar dilakukan dengan menjalankan
mitra kerja yang terdapat pada wilayah lain sehingga memperluas promosi
produk dari AHA FOOD. Industri AHA FOOD selalu berusaha untuk dapat
tetap hidup, berkembang, dan mampu bersaing. Dalam rangka inilah, maka
AHA FOOD selalu menetapkan dan menerapkan strategi dan cara
pelaksanaan kegiatan pemasarannya. Kegiatan pemasaran yang dilakukan,
diarahkan untuk dapat mencapai sasaran usaha yang dapat berupa tingkat
laba yang diperoleh dalam jangka panjang dan share pasar tertentu serta
total unit dan total volume penjualan tertentu dalam suatu jangka waktu
tertentu. Pengarahan kegiatan pemasaran tersebut hanya mungkin dapat
dilakukan dengan menetapkan promosi melalui mitra terpercaya yang
terdapat diwilayah lain.
2. Kemampuan perusahaan dalam mengatasi hambatan yang terjadi
menentukan keberhasilan dalam mencari keuntungan, apabila perusahaan
tidak mampu mengatasi hambatan yang terjadi maka perusahaan akan
mengalami kerugian. Jadi perlu adanya tindakan dalam mengahadapi
ataupun
Food di Desa Waetuo Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Pokok
permasalahannya adalah bagaimana strategi pengembangan pasar yang dilakukan
pabrik AHA Food Desa Waetuo Kecamatan Tanete Riattang Timur. Masalah ini
dianalisis dengan pendekatan keilmuan ekonomi syariah dengan metode kualitatif dan
dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa pemilik Usaha Pabrik AHA
Food ini menggunakan Strategi Rapid Penetration yaitu dengan menetapkan harga
produk yang rendah dan kegiatan promosi yang tinggi. Dimana strategi ini
menetapkan harga dari produk lebih terjangkau bagi para konsumen. Sedangkan
kegiatan promosi lebih di prioritaskan agar produk pabrik AHA Food lebih dikenal
oleh banyak orang. Dimana promosi ini dilakukan melalui social media dan
membagikan brosur ke swalayan. Kegiatan promosi ini dilakukan oleh sebagian dari
tenaga kerja pabrik AHA Food dan pemilik pabrik AHA Food serta teman-teman
terdekat yang berada di luar daerah sehingga meningkatkan pengembangan pasar dari
pabrik AHA Food
A. Kesimpulan
Dari pemaparan hasil dan pembahasan di bab sebelumnya, maka dapat
disimpulkan sebagai berikut;
1. Pelaksanaan program pengembangan pasar dilakukan dengan menjalankan
mitra kerja yang terdapat pada wilayah lain sehingga memperluas promosi
produk dari AHA FOOD. Industri AHA FOOD selalu berusaha untuk dapat
tetap hidup, berkembang, dan mampu bersaing. Dalam rangka inilah, maka
AHA FOOD selalu menetapkan dan menerapkan strategi dan cara
pelaksanaan kegiatan pemasarannya. Kegiatan pemasaran yang dilakukan,
diarahkan untuk dapat mencapai sasaran usaha yang dapat berupa tingkat
laba yang diperoleh dalam jangka panjang dan share pasar tertentu serta
total unit dan total volume penjualan tertentu dalam suatu jangka waktu
tertentu. Pengarahan kegiatan pemasaran tersebut hanya mungkin dapat
dilakukan dengan menetapkan promosi melalui mitra terpercaya yang
terdapat diwilayah lain.
2. Kemampuan perusahaan dalam mengatasi hambatan yang terjadi
menentukan keberhasilan dalam mencari keuntungan, apabila perusahaan
tidak mampu mengatasi hambatan yang terjadi maka perusahaan akan
mengalami kerugian. Jadi perlu adanya tindakan dalam mengahadapi
ataupun
Ketersediaan
| SFEBI20190485 | 485/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
485/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
