Strategi Penyaluran Distribusi Dalam Peningkatan Penjualan PT. Fastrata Buana Watampone.
Muhammad Arfah Irvan/01.14.3285 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang Strategi penyaluran distribusi dalam
peningkatan penjualan PT. Fastrata Buana Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui kendala apa saja yang di hadapi dalam penyaluran distribusi dan
bagaimana strategi penyaluran distribusi dalam peningkatan penjualan PT. Fastrata
Buana Watampone.
Berdasarkan tujuan penelitian diatas, maka jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan lapangan (filed research). Adapun
teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian diolah menggunakan teknik
analisis deskriptif. Proses analisis dimulai dengan menggunakan seluruh data yang
tersedia dari berbagai sumber yaitu wawancara dan dokumentasi kemudian
mengadakan reduksi data yang diperoleh dilapangan dengan memilih hal yang pokok
serta disusun secara sistematis serta menginterpretasi data sehingga menjadi data
yang benar-benar terkait dengan permasalahan yang dibahas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kendala yang di hadapi dalam
penyaluran distribusi pada PT. Fastrata Buana Watampone ada dua yaitu kendala
internal dan kendala eksterrnal. Adapun kendala internal yang dihadapi yaitu kendala
yang terjadi dalam suatu perusahaan dan biasanya kendala ini timbul karena
permasalahan interen perusahaan. Sedangkan yang menjadi kendala eksternal yaitu
biaya
dan manajemen waktu. Strategi penyaluran distribusi dalam peningkatan
penjualan PT. Fastrata Buana Watampone yaitu pertimbangan pasar, pertimbangan
produk/barang, pertimbangan tentang perantara, dan pertimbangan perusahaan
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan rumusan masalah diatas, maka dapat
ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Kendala yang di hadapi dalam penyaluran distribusi pada PT. Fastrata Buana
Watampone ada dua yaitu kendala internal dan kendala eksterrnal. Kendala
internal yaitu suatu kendala yang terjadi dalam suatu perusahaan dan biasanya
kendala ini timbul karena permasalahan interen perusahaan. Adapun yang
menjadi kendala internal yang terjadi di PT. Fastrata Buana Cabang
Watampone yaitu Permasalahan sistem dan Konflik sosial antara karyawan.
Sedangkan yang mnjadi kendala eksternal yaitu biaya (biaya pengiriman
barang/biaya transportasi) dan manajemen waktu seprti sering terjadi macet.
2. Strategi penyaluran distribusi dalam peningkatan penjualan PT. Fastrata Buana
Watampone yaitu pertimbangan pasar, ada beberapa hal yang diperhatikan
dalam pertimbangan pasar yaitu jenis pasar, jumlah pelanggan potensial,
konsentrasi pasar secara geografis, jumlah pesanan, kebiasaan dalam
pembelian. pertimbangan produk/barang (nilai unit, besar dan berat barang,
mudah-rusaknya barang, sifat teknis, barang standar dan pesanan, luasnya lini
produk), pertimbangan tentang perantara (pelayanan yang diberikan oleh
perantara, kegunaan perantara, sikap perantara terhadap kebijakan produsen,
volume penjualan, ongkos), pertimbangan perusahaan (sumber pembiayaan
pengalaman dan kemampuan manajemen, pengawasan saluran, pelayanan yang
dilakukan oleh penjual).
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan yang dipaparkan di atas, maka penulis mengajukan
saran yang dapat dijadikan bahan pertimbangkan oleh perusahaan. Mengingat
perkembangan perusahaan yang semakin pesat terutama di bidang pemasaran
maka saluran distribusi yang telah dipakai harus dapat dipertahankan dan tentunya
juga dapat meningkatkan kualitas produk serta layanan yang diberikan sehingga
peningkatan pendapatan dapat tetap tercapai.
Selain itu PT. Fastrata Buana Watampone diharapkan dapat mengatasi
kendala baik kendala internal seperti menjalin komunikasi yang baik antar
karyawan agar tidak terjadi miss komunikasi maupun kendala eksternal yaitu
mengantisipasi macet dengan memanfaatkan google maps, agar kegiatan
perusahaan dapat tetap terjalin dengan baik.
peningkatan penjualan PT. Fastrata Buana Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui kendala apa saja yang di hadapi dalam penyaluran distribusi dan
bagaimana strategi penyaluran distribusi dalam peningkatan penjualan PT. Fastrata
Buana Watampone.
Berdasarkan tujuan penelitian diatas, maka jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan lapangan (filed research). Adapun
teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian diolah menggunakan teknik
analisis deskriptif. Proses analisis dimulai dengan menggunakan seluruh data yang
tersedia dari berbagai sumber yaitu wawancara dan dokumentasi kemudian
mengadakan reduksi data yang diperoleh dilapangan dengan memilih hal yang pokok
serta disusun secara sistematis serta menginterpretasi data sehingga menjadi data
yang benar-benar terkait dengan permasalahan yang dibahas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kendala yang di hadapi dalam
penyaluran distribusi pada PT. Fastrata Buana Watampone ada dua yaitu kendala
internal dan kendala eksterrnal. Adapun kendala internal yang dihadapi yaitu kendala
yang terjadi dalam suatu perusahaan dan biasanya kendala ini timbul karena
permasalahan interen perusahaan. Sedangkan yang menjadi kendala eksternal yaitu
biaya
dan manajemen waktu. Strategi penyaluran distribusi dalam peningkatan
penjualan PT. Fastrata Buana Watampone yaitu pertimbangan pasar, pertimbangan
produk/barang, pertimbangan tentang perantara, dan pertimbangan perusahaan
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan rumusan masalah diatas, maka dapat
ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Kendala yang di hadapi dalam penyaluran distribusi pada PT. Fastrata Buana
Watampone ada dua yaitu kendala internal dan kendala eksterrnal. Kendala
internal yaitu suatu kendala yang terjadi dalam suatu perusahaan dan biasanya
kendala ini timbul karena permasalahan interen perusahaan. Adapun yang
menjadi kendala internal yang terjadi di PT. Fastrata Buana Cabang
Watampone yaitu Permasalahan sistem dan Konflik sosial antara karyawan.
Sedangkan yang mnjadi kendala eksternal yaitu biaya (biaya pengiriman
barang/biaya transportasi) dan manajemen waktu seprti sering terjadi macet.
2. Strategi penyaluran distribusi dalam peningkatan penjualan PT. Fastrata Buana
Watampone yaitu pertimbangan pasar, ada beberapa hal yang diperhatikan
dalam pertimbangan pasar yaitu jenis pasar, jumlah pelanggan potensial,
konsentrasi pasar secara geografis, jumlah pesanan, kebiasaan dalam
pembelian. pertimbangan produk/barang (nilai unit, besar dan berat barang,
mudah-rusaknya barang, sifat teknis, barang standar dan pesanan, luasnya lini
produk), pertimbangan tentang perantara (pelayanan yang diberikan oleh
perantara, kegunaan perantara, sikap perantara terhadap kebijakan produsen,
volume penjualan, ongkos), pertimbangan perusahaan (sumber pembiayaan
pengalaman dan kemampuan manajemen, pengawasan saluran, pelayanan yang
dilakukan oleh penjual).
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan yang dipaparkan di atas, maka penulis mengajukan
saran yang dapat dijadikan bahan pertimbangkan oleh perusahaan. Mengingat
perkembangan perusahaan yang semakin pesat terutama di bidang pemasaran
maka saluran distribusi yang telah dipakai harus dapat dipertahankan dan tentunya
juga dapat meningkatkan kualitas produk serta layanan yang diberikan sehingga
peningkatan pendapatan dapat tetap tercapai.
Selain itu PT. Fastrata Buana Watampone diharapkan dapat mengatasi
kendala baik kendala internal seperti menjalin komunikasi yang baik antar
karyawan agar tidak terjadi miss komunikasi maupun kendala eksternal yaitu
mengantisipasi macet dengan memanfaatkan google maps, agar kegiatan
perusahaan dapat tetap terjalin dengan baik.
Ketersediaan
| SSYA202190581 | 581/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
581/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Syariah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
