Strategi Pengembangan dan Pendistribusian Produk Kasur dalam Pemberdayaan Masyarakat (Studi pada UD. Asri Yahya Kelurahan Bulu Tempe Kec. Tanete Riattang Barat)
Risna/01.14.3.0224 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan produk
kasur di Kelurahan Bulu Tempe dengan menggunakan marketing mix, untuk
mengetahui pendistribusian kasur di Kelurahan Bulu Tempe dengan menggunakan
marketing mix dalam islam, dan juga untuk mengetahui peran pengembangan dan
pendistribusian produk kasur terhadap pemberdayaan masyarakat.
Berdasarkan tujuan penelitian diatas, maka jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data
dalam penelitian terdiri dari sumber primer dan sekunder yang diperoleh melalui
metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data-data yang telah dikumpulkan
melalui metode-metode tersebut dengan menggunakan teknik analisis data, yaitu
descriptive analysis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pendistribusian kasur dipergunakan
oleh pemilik UD. Asri Yahya untuk memasarkan produk kasurnya dalam jumlah
yang banyak dan jenis ukuran yang berbeda-beda pada waktu yang diperlukan.
Pendistribusian barang kepada konsumen dan tentunya memperhatikan strategi
penjualan untuk menghasilkan keuntungan yang diharapkan oleh perusahaan dengan
memperhatikan produk, harga, tempat, promosi, people (orang), proses, bukti fisik.
Pendistribusian produk sesuai dengan syariat Islam dengan memperhatikan prinsip
kebebasan dan keadilan dengan mempertimbangkan hal-hal yang dilakukan agar
barang dapat sampai dengan mudah ditangan pelanggan. Peran pengembangan dan
pendistribusian produk kasur sebagai salah satu jalur dari produsen ke konsumen
melalui perantara pendistribusian barang dengan pemakai sehingga dengan adanya
usaha ini dapat memberdayakan masyarakat sekitar.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian penjelasan pada pembahasan hasil penelitian ini, maka
dapat disimpulkan bahwa :
a. Pendistribusian kasur dipergunakan oleh pemilik UD. Asri Yahya untuk
memasarkan produk kasurnya dalam jumlah yang banyak dan jenis ukuran
yang berbeda-beda pada waktu yang diperlukan. Pendistribusian barang
kepada konsumen dan tentunya memperhatikan strategi penjualan untuk
menghasilkan keuntungan yang diharapkan oleh perusahaan dengan
memperhatikan produk, harga, tempat, promosi, people (orang), proses, bukti
fisik.
b. Pendistribusian produk sesuai dengan syariat Islam dengan memperhatikan
prinsip kebebasan dan keadilan dengan mempertimbangkan hal-hal yang
dilakukan agar barang dapat sampai dengan mudah ditangan pelanggan.
c. Peran pengembangan dan pendistribusian produk kasur sebagai salah satu jalur
dari produsen ke konsumen melalui perantara pendistribusian barang dengan
pemakai sehingga dengan adanya usaha ini dapat memberdayakan masyarakat
sekitar.
B. Saran
Berdasarkan simpulan di atas, maka penulis memberikan saran kepada pemilik UD.
Asri Yahya agar memperhatikan strategi pengembangan dan pendistribusian kasurnya
agar tujuan usaha untuk mendapatkan keuntungan dan memperluas pangsa pasar
dapat tercapai, memanfaatkan kekuatan dan peluang yang dimiliki disamping tetap
memperhatikan kelemahan dan ancaman. Sehingga dapat mempertahankan usaha ini
di masa yang akan datang, mengingat persaingan teknologi sekarang ini. Serta dalam
mengembangkan pemasarannya, hendaknya UD. Asri Yahya melakukan
pengembangan pasar sehingga produk lebih dikenal masyarakat
kasur di Kelurahan Bulu Tempe dengan menggunakan marketing mix, untuk
mengetahui pendistribusian kasur di Kelurahan Bulu Tempe dengan menggunakan
marketing mix dalam islam, dan juga untuk mengetahui peran pengembangan dan
pendistribusian produk kasur terhadap pemberdayaan masyarakat.
Berdasarkan tujuan penelitian diatas, maka jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data
dalam penelitian terdiri dari sumber primer dan sekunder yang diperoleh melalui
metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data-data yang telah dikumpulkan
melalui metode-metode tersebut dengan menggunakan teknik analisis data, yaitu
descriptive analysis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pendistribusian kasur dipergunakan
oleh pemilik UD. Asri Yahya untuk memasarkan produk kasurnya dalam jumlah
yang banyak dan jenis ukuran yang berbeda-beda pada waktu yang diperlukan.
Pendistribusian barang kepada konsumen dan tentunya memperhatikan strategi
penjualan untuk menghasilkan keuntungan yang diharapkan oleh perusahaan dengan
memperhatikan produk, harga, tempat, promosi, people (orang), proses, bukti fisik.
Pendistribusian produk sesuai dengan syariat Islam dengan memperhatikan prinsip
kebebasan dan keadilan dengan mempertimbangkan hal-hal yang dilakukan agar
barang dapat sampai dengan mudah ditangan pelanggan. Peran pengembangan dan
pendistribusian produk kasur sebagai salah satu jalur dari produsen ke konsumen
melalui perantara pendistribusian barang dengan pemakai sehingga dengan adanya
usaha ini dapat memberdayakan masyarakat sekitar.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian penjelasan pada pembahasan hasil penelitian ini, maka
dapat disimpulkan bahwa :
a. Pendistribusian kasur dipergunakan oleh pemilik UD. Asri Yahya untuk
memasarkan produk kasurnya dalam jumlah yang banyak dan jenis ukuran
yang berbeda-beda pada waktu yang diperlukan. Pendistribusian barang
kepada konsumen dan tentunya memperhatikan strategi penjualan untuk
menghasilkan keuntungan yang diharapkan oleh perusahaan dengan
memperhatikan produk, harga, tempat, promosi, people (orang), proses, bukti
fisik.
b. Pendistribusian produk sesuai dengan syariat Islam dengan memperhatikan
prinsip kebebasan dan keadilan dengan mempertimbangkan hal-hal yang
dilakukan agar barang dapat sampai dengan mudah ditangan pelanggan.
c. Peran pengembangan dan pendistribusian produk kasur sebagai salah satu jalur
dari produsen ke konsumen melalui perantara pendistribusian barang dengan
pemakai sehingga dengan adanya usaha ini dapat memberdayakan masyarakat
sekitar.
B. Saran
Berdasarkan simpulan di atas, maka penulis memberikan saran kepada pemilik UD.
Asri Yahya agar memperhatikan strategi pengembangan dan pendistribusian kasurnya
agar tujuan usaha untuk mendapatkan keuntungan dan memperluas pangsa pasar
dapat tercapai, memanfaatkan kekuatan dan peluang yang dimiliki disamping tetap
memperhatikan kelemahan dan ancaman. Sehingga dapat mempertahankan usaha ini
di masa yang akan datang, mengingat persaingan teknologi sekarang ini. Serta dalam
mengembangkan pemasarannya, hendaknya UD. Asri Yahya melakukan
pengembangan pasar sehingga produk lebih dikenal masyarakat
Ketersediaan
| SFEBI20190162 | 162/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
162/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
