Strategi Peningkatan Daya Saing Usaha Abon Ikan Tuna ( Studi Pada Abon Ikan Rubons Di Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai)
Adrian Imran Amir/01.15.3236 - Personal Name
Penelitian ini membahas mengenai persaingan usaha Abon Ikan Tuna Rubons
Di Kecamatan Sinjainutara Kabupaten Sinjai. Adapun masalah pokok adalah (1)
strategi apa yang di gunakan dalam meningkatkan daya saing usaha abon ikan tuna
rubons dalam menghadapi persaingan usaha di kecamatan Sinjai Utara Kabupaten
Sinjai (2) faktor-faktor yang dapat meningkatkan daya saing usaha abon ikan tuna
rubons di kecamatan sinjaiutara kabupaten sinjai sehingga mampu berdaya saing
dengan produk lainya.
Berdasarkan tujuan penelitian, untuk memproleh data dari masalah diatas,
maka penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research ) dengan
mettode deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara dsn dokumentasi dalam
mengumpulkan data yang di perlukan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) strategi daya saing yang di gunakan
dalam persaingan usaha udah cukup bagus. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan
penjualan abon rubons dan keuntungan usaha yang selalu meningkat dri bulan ke
bulanya. (2) faktor-faktor yang di gunakan dalam berdaya saing cukup mumpuni. Hal
ini dapat dilihat dari pertama kondisi faktor di antaranya SDA/ bahan baku harus
terjamin kualitas dan kuantitasnya, pemilihan SDA/ tenaga kerja harus sesuai dengan
kebutuhan dan memberikan pelatihan khusus, pemamfaatan teknologi dalam
memasarkan produk, modal, serta infrastruktur. Kedua, kondisi permintaan ideal
yang di lakukan pak rusdy adalah merealisasikan serta meningkatkan pelayan yang
cepat dan harga yang sudah tersedia. Ketiga, industri berkait dan pendukung,
diantaranya industri dalam memasok bahan baku, serta industri dalam memasarkan
produk banyak melakukakan kerja sama. Keempat, persaingan usaha yang semakin
kuat. Kelima, terkait dengan faktor pemerintah yang sangat aktif dalam memberi
bantuan para pelaku UKM.
A. Kesimpulan
Berdasarksn hasil penelitian yang telah di kemukakan sebelumnya,
maka dapat di simpulkan bahwa :
1. Strategi yang di lakukan oleh pak rusdy selaku pemilik usaha dalam
meningkatkan data saing usaha abon ikan tuna rubons dalam
menghadapi persaingan usaha yaitu menciptaptakan merek yang
berkualitas, kemasan produk harus tahan banting dan menarik
perhatian konsumen, produk yang di hasilkan harus berbeda-beda
atau memiliki kelebihan tersendiri dari produk usaha lain, harga
yang di tetapkan harus terstruktur dan berbeda-beda agarkonsumen
tidak komplen, meningkatkan penyaluran produk agar mudah di
kenali para konsumen serta aktif meningkatkan kegiatan promosi
agar mudah di ketahui konsumen baik itu di dalam kota maupun di
luar kota.
2. Faktor-faktor yang dapat meningkatkan daya saing usaha abon ikan
tuna rubons yaitu pertama kondisi faktor di antaranya SDA/ bahan
baku harus terjamin kualitas dan kuantitasnya, pemilihan SDA/
tenaga kerja harus sesuai dengan kebutuhan dan memberikan
pelatihan khusus, pemamfaatan teknologi dalam memasarkan
produk, modal, serta infrastruktur. Kedua, kondisi permintaan ideal
yang di lakukan pak rusdy adalah merealisasikan serta
meningkatkan pelayan yang cepat dan harga yang sudah tersedia.
Ketiga, industri berkait dan pendukung, diantaranya industri dalam
memasok bahan baku, serta industri dalam memasarkan produk
banyak melakukakan kerja sama. Keempat, persaingan usaha yang
semakin kuat. Kelima, terkait dengan faktor pemerintah yang sangat
aktif dalam memberi bantuan para pelaku UKM.
B. Implikasi
Pendekatan full costing merupakan hal penting yang harus di ketahui
usaha UMKM milik pak rusdy abon rubons ikan tuna . berdasarkan hasil
penelitian maka dapat di jual sarang sebagai berikut :
1. Usaha abon ikan tuna rubons sebaiknya dapat mengatur administrasi
sendiri, karna sebuah usaha yang baik dan maju perlu adanya
dokumentasi lenkap baik berupa bagian keuangan maupun
administrasi. Dengan mettode full costing dapat memberikan dasar
untuk menentukan harga dan tetap selalu berenovasi untuk
menciptakan produk baru yang tetap mengunakan ikan sebagai
bahan baku utamanya.
2. Usaha abon ikan tuna rubons harus menerapkan target pencapaian
dalam usaha. Target ini buat memacu agar usaha yang di jalankan
bisa makin berkembang, dengan target usaha yang kita bikin sendiri
, kita pasti berfikir bagaimana menciptakan ide ide baru dalam
bisnis. Semakin banyak ide muncul, semakin banyak pula bisa di
eksekusi.kalau ide sudah jadi produk dan bisa di terimah oleh
masyarakat percaya usaha yang di kelolala tidak akan mengalami
kebangkrutan dan sebaliknya akan mninkatdrastis.
3. Usaha abon ikan tuna rubons harus memiliki deskripsi usaha yang
jelas agar dapat di pahami oleh semua orang. Deskripsi bisnis atau
gambaran yang menjelaskan bentuk usaha produk yang dijual atau
jasa yang di tawarkan, untung dan rugi produk yang di jual, harga,
biyaya operasional usaha, target bisnis, hingga sistem kerja sama
yang di lakukan.
Di Kecamatan Sinjainutara Kabupaten Sinjai. Adapun masalah pokok adalah (1)
strategi apa yang di gunakan dalam meningkatkan daya saing usaha abon ikan tuna
rubons dalam menghadapi persaingan usaha di kecamatan Sinjai Utara Kabupaten
Sinjai (2) faktor-faktor yang dapat meningkatkan daya saing usaha abon ikan tuna
rubons di kecamatan sinjaiutara kabupaten sinjai sehingga mampu berdaya saing
dengan produk lainya.
Berdasarkan tujuan penelitian, untuk memproleh data dari masalah diatas,
maka penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research ) dengan
mettode deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara dsn dokumentasi dalam
mengumpulkan data yang di perlukan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) strategi daya saing yang di gunakan
dalam persaingan usaha udah cukup bagus. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan
penjualan abon rubons dan keuntungan usaha yang selalu meningkat dri bulan ke
bulanya. (2) faktor-faktor yang di gunakan dalam berdaya saing cukup mumpuni. Hal
ini dapat dilihat dari pertama kondisi faktor di antaranya SDA/ bahan baku harus
terjamin kualitas dan kuantitasnya, pemilihan SDA/ tenaga kerja harus sesuai dengan
kebutuhan dan memberikan pelatihan khusus, pemamfaatan teknologi dalam
memasarkan produk, modal, serta infrastruktur. Kedua, kondisi permintaan ideal
yang di lakukan pak rusdy adalah merealisasikan serta meningkatkan pelayan yang
cepat dan harga yang sudah tersedia. Ketiga, industri berkait dan pendukung,
diantaranya industri dalam memasok bahan baku, serta industri dalam memasarkan
produk banyak melakukakan kerja sama. Keempat, persaingan usaha yang semakin
kuat. Kelima, terkait dengan faktor pemerintah yang sangat aktif dalam memberi
bantuan para pelaku UKM.
A. Kesimpulan
Berdasarksn hasil penelitian yang telah di kemukakan sebelumnya,
maka dapat di simpulkan bahwa :
1. Strategi yang di lakukan oleh pak rusdy selaku pemilik usaha dalam
meningkatkan data saing usaha abon ikan tuna rubons dalam
menghadapi persaingan usaha yaitu menciptaptakan merek yang
berkualitas, kemasan produk harus tahan banting dan menarik
perhatian konsumen, produk yang di hasilkan harus berbeda-beda
atau memiliki kelebihan tersendiri dari produk usaha lain, harga
yang di tetapkan harus terstruktur dan berbeda-beda agarkonsumen
tidak komplen, meningkatkan penyaluran produk agar mudah di
kenali para konsumen serta aktif meningkatkan kegiatan promosi
agar mudah di ketahui konsumen baik itu di dalam kota maupun di
luar kota.
2. Faktor-faktor yang dapat meningkatkan daya saing usaha abon ikan
tuna rubons yaitu pertama kondisi faktor di antaranya SDA/ bahan
baku harus terjamin kualitas dan kuantitasnya, pemilihan SDA/
tenaga kerja harus sesuai dengan kebutuhan dan memberikan
pelatihan khusus, pemamfaatan teknologi dalam memasarkan
produk, modal, serta infrastruktur. Kedua, kondisi permintaan ideal
yang di lakukan pak rusdy adalah merealisasikan serta
meningkatkan pelayan yang cepat dan harga yang sudah tersedia.
Ketiga, industri berkait dan pendukung, diantaranya industri dalam
memasok bahan baku, serta industri dalam memasarkan produk
banyak melakukakan kerja sama. Keempat, persaingan usaha yang
semakin kuat. Kelima, terkait dengan faktor pemerintah yang sangat
aktif dalam memberi bantuan para pelaku UKM.
B. Implikasi
Pendekatan full costing merupakan hal penting yang harus di ketahui
usaha UMKM milik pak rusdy abon rubons ikan tuna . berdasarkan hasil
penelitian maka dapat di jual sarang sebagai berikut :
1. Usaha abon ikan tuna rubons sebaiknya dapat mengatur administrasi
sendiri, karna sebuah usaha yang baik dan maju perlu adanya
dokumentasi lenkap baik berupa bagian keuangan maupun
administrasi. Dengan mettode full costing dapat memberikan dasar
untuk menentukan harga dan tetap selalu berenovasi untuk
menciptakan produk baru yang tetap mengunakan ikan sebagai
bahan baku utamanya.
2. Usaha abon ikan tuna rubons harus menerapkan target pencapaian
dalam usaha. Target ini buat memacu agar usaha yang di jalankan
bisa makin berkembang, dengan target usaha yang kita bikin sendiri
, kita pasti berfikir bagaimana menciptakan ide ide baru dalam
bisnis. Semakin banyak ide muncul, semakin banyak pula bisa di
eksekusi.kalau ide sudah jadi produk dan bisa di terimah oleh
masyarakat percaya usaha yang di kelolala tidak akan mengalami
kebangkrutan dan sebaliknya akan mninkatdrastis.
3. Usaha abon ikan tuna rubons harus memiliki deskripsi usaha yang
jelas agar dapat di pahami oleh semua orang. Deskripsi bisnis atau
gambaran yang menjelaskan bentuk usaha produk yang dijual atau
jasa yang di tawarkan, untung dan rugi produk yang di jual, harga,
biyaya operasional usaha, target bisnis, hingga sistem kerja sama
yang di lakukan.
Ketersediaan
| SFEBI20190248 | 248/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
248/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
