Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Dalam Peningkatan Kinerja Guru (Studi pada SMK Negeri 1 Watampone)
Modh. Noor Sharif/02.12.3013 - Personal Name
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen berbasis sekolah di SMK Negeri 1 Watampone dan untuk mengetahui kontribusi manajemen berbasis sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SMK Negeri 1 Watampone.
Untuk memperoleh data dari masalah di atas, penulis menggunakan pendekatan penelitian yaitu teologi normatif, sosiologis, dan paedagogik. Instrument penelitian yang gunakan yaitu panduan observasi, pedoman wawancara, serta dokumentasi. Teknik penggumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi serta teknik analisis data yang penulis gunakan teknik analisis yang terstruktur.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Implementasi manajemen berbasis sekolah di SMK Negeri 1 Watampone sudah dilaksanakan dengan baik, dimana semua warga sekolah sudah bekerja sama dan mengetahui tugas pokok dan fungsi masing-masing. Pelaksanaan tugas yang diberikan berdasarkan dengan kemampuan dari anggotanya sendiri yang mampu berkreasi dan berinovasi sesuai dengan ketersediaan sumberdaya yang disediakan sekolah. Walaupun masih ada kendala yang dihadapi sekolah akan tetapi dapat diatasi oleh kepala sekolah yang bertanggung jawab penuh akan keberhasilan sekolah itu sendiri dalam pencapaian mutu sekolah yang lebih baik. 2) Kontribusi dari manajemen berbasis sekolah dalam peningkatan kinerja guru sudah dapat dirasakan sendiri oleh guru-guru yang dilihat dari pelaksanaan tugasnya dalam kegiatan belajar mengajar yang cukup baik kerena mampu merumuskan kebutuhan belajar peserta didik di SMK Negeri 1 Watampone. Selain itu keperibadian, yang baik dari setiap guru mampu menjadi contoh yang baik bagi pesrta didik dalam pembentukan karakter setiap peserta didik dan komunikasi yang dilakukan dapat disesuaikan saat bergaul dengan sesama guru, peserta didik maupun menghadapi orang tua peserta didik, Sehingga mempererat kerja sama antara semua warga sekolah.
A. Simpulan
Dari uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Implementasi manajemen berbasis sekolah di SMK Negeri 1 Watampone sudah dilaksanakan dengan baik, dimana semua warga sekolah sudah bekerja sama dan mengetahui tugas pokok dan fungsi masing-masing. Pelaksanaan tugas yang diberikan berdasarkan dengan kemampuan dari anggotanya sendiri yang mampu berkreasi dan berinovasi sesuai dengan ketersediaan sumberdaya yang disediakan sekolah. Walaupun masih ada kendala yang dihadapi sekolah akan tetapi dapat diatasi oleh kepala sekolah yang bertanggung jawab penuh akan keberhasilan sekolah itu sendiri dalam pencapaian mutu sekolah yang lebih baik.
2. Kontribusi dari manajemen berbasis sekolah dalam peningkatan kinerja guru sudah dapat dirasakan sendiri oleh guru-guru yang dilihat dari pelaksanaan tugasnya dalam kegiatan belajar mengajar yang cukup baik kerena mampu merumuskan kebutuhan belajar peserta didik di SMK Negeri 1 Watampone. Selain itu keperibadian, yang baik dari setiap guru mampu menjadi contoh yang baik bagi pesrta didik dalam pembentukan karakter setiap peserta didik dan komunikasi yang dilakukan dapat disesuaikan saat bergaul dengan sesama guru, peserta didik maupun menghadapi orang tua peserta didik, Sehingga mempererat kerja sama antara semua warga sekolah.
B. Saran-saran
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dengan memperhatikan hasil-hasilnya, maka penulis dapat memberikan saran-saran sebagi berikut:
1. Kepada kepala SMK Negeri 1 Watampone agar berusaha untuk semakin meningkatkan kualitas penerapan manajemen berbasis sekolah yang dapat meningkatkan kinerja guru
2. Kepada guru SMK Negeri 1 Watampone agar ikut mendukung penuh penerapan manajemen berbasis sekolah agar dapat meningkatkan kinerjanya
Untuk memperoleh data dari masalah di atas, penulis menggunakan pendekatan penelitian yaitu teologi normatif, sosiologis, dan paedagogik. Instrument penelitian yang gunakan yaitu panduan observasi, pedoman wawancara, serta dokumentasi. Teknik penggumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi serta teknik analisis data yang penulis gunakan teknik analisis yang terstruktur.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Implementasi manajemen berbasis sekolah di SMK Negeri 1 Watampone sudah dilaksanakan dengan baik, dimana semua warga sekolah sudah bekerja sama dan mengetahui tugas pokok dan fungsi masing-masing. Pelaksanaan tugas yang diberikan berdasarkan dengan kemampuan dari anggotanya sendiri yang mampu berkreasi dan berinovasi sesuai dengan ketersediaan sumberdaya yang disediakan sekolah. Walaupun masih ada kendala yang dihadapi sekolah akan tetapi dapat diatasi oleh kepala sekolah yang bertanggung jawab penuh akan keberhasilan sekolah itu sendiri dalam pencapaian mutu sekolah yang lebih baik. 2) Kontribusi dari manajemen berbasis sekolah dalam peningkatan kinerja guru sudah dapat dirasakan sendiri oleh guru-guru yang dilihat dari pelaksanaan tugasnya dalam kegiatan belajar mengajar yang cukup baik kerena mampu merumuskan kebutuhan belajar peserta didik di SMK Negeri 1 Watampone. Selain itu keperibadian, yang baik dari setiap guru mampu menjadi contoh yang baik bagi pesrta didik dalam pembentukan karakter setiap peserta didik dan komunikasi yang dilakukan dapat disesuaikan saat bergaul dengan sesama guru, peserta didik maupun menghadapi orang tua peserta didik, Sehingga mempererat kerja sama antara semua warga sekolah.
A. Simpulan
Dari uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Implementasi manajemen berbasis sekolah di SMK Negeri 1 Watampone sudah dilaksanakan dengan baik, dimana semua warga sekolah sudah bekerja sama dan mengetahui tugas pokok dan fungsi masing-masing. Pelaksanaan tugas yang diberikan berdasarkan dengan kemampuan dari anggotanya sendiri yang mampu berkreasi dan berinovasi sesuai dengan ketersediaan sumberdaya yang disediakan sekolah. Walaupun masih ada kendala yang dihadapi sekolah akan tetapi dapat diatasi oleh kepala sekolah yang bertanggung jawab penuh akan keberhasilan sekolah itu sendiri dalam pencapaian mutu sekolah yang lebih baik.
2. Kontribusi dari manajemen berbasis sekolah dalam peningkatan kinerja guru sudah dapat dirasakan sendiri oleh guru-guru yang dilihat dari pelaksanaan tugasnya dalam kegiatan belajar mengajar yang cukup baik kerena mampu merumuskan kebutuhan belajar peserta didik di SMK Negeri 1 Watampone. Selain itu keperibadian, yang baik dari setiap guru mampu menjadi contoh yang baik bagi pesrta didik dalam pembentukan karakter setiap peserta didik dan komunikasi yang dilakukan dapat disesuaikan saat bergaul dengan sesama guru, peserta didik maupun menghadapi orang tua peserta didik, Sehingga mempererat kerja sama antara semua warga sekolah.
B. Saran-saran
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dengan memperhatikan hasil-hasilnya, maka penulis dapat memberikan saran-saran sebagi berikut:
1. Kepada kepala SMK Negeri 1 Watampone agar berusaha untuk semakin meningkatkan kualitas penerapan manajemen berbasis sekolah yang dapat meningkatkan kinerja guru
2. Kepada guru SMK Negeri 1 Watampone agar ikut mendukung penuh penerapan manajemen berbasis sekolah agar dapat meningkatkan kinerjanya
Ketersediaan
| ST20160202 | 202/2016 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
202/2016
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
