Penerapan Kompetensi Kepala Sekolah Sebagai Pengawas Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SMPN 2 Dua Boccoe Kec. Dua Boccoe
Dewi Hartika/02. 12.3151 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Penerapan Kompetensi Kepala Sekolah
Sebagai Pengawas Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SMPN 2 Dua
Boccoe Kec. Dua Boccoe”. Untuk mengetahui kompetensi kepala sekolah sebagai
pengawas dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMPN 2 Dua Boccoe. Untuk
mengetahui kontribusi kompetensi kepala sekolah sebagai pengawas dalam
meningkatkan profesionalisme guru di SMPN 2 Dua Boccoe.
Untuk memudahkan memperoleh data dari masalah tersebut di atas, penulis
menggunakan metode penelitian lapangan (Fiel Research) dengan menggunakan
teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. penetapan lokasi penelitian,
menyiapkan instrumen penelitian, teknik pengumpulan data, data diperoleh dan
dianalisis dengan menggunakan metode induktif deduktif, kemudian penulis
menggunakan tehnik pengumpulan data yang berupa library search dengan fiel
research selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif.
Kompetensi kepala sekolah sebagai pengawas dalam meningkatkan
profesionalisme guru di SMPN 2 Dua Boccoe yaitu kepala sekolah memiliki
kompetensi sebagai pengawas di sekolah dengan baik dalam melaksanakaan tugas
dan tanggung jawabnya dalam meningkatkan profesionalisme guru, memiliki
kompetensi dalam mengembangkan segala bidang seperti ilmu pengetahuan seorang
guru dan penggunaan teknologi oleh seorang guru dalam mengembangankan mutu
pendidikan. Kontribusi kompetensi kepala sekolah sebagai pengawas dalam
meningkatkan profesionalisme guru di SMPN 2 Dua Boccoe yaitu kepala sekolah
memberikan tanggung jawab kepada guru yang sesuai potensi guru sehingga guru
dapat menyelesaikan pekerjaannya dalam melakukan proses pembelajaran dengan
baik seperti guru harus menyusun RPP, merumuskan tujuan pembelajaran, dapat
menjelaskan materi dengan baik, memotivasi dan mengubah suasana kelas dengan
baik.
A. Simpulan
Setelah peneliti menguraikan secara terperinci tentang masalah-masalah
tentang topik pembahasan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa:
1. Kompetensi kepala sekolah sebagai pengawas dalam meningkatkan
profesionalisme guru di SMPN 2 Dua Boccoe yaitu kepala sekolah memiliki
kompetensi sebagai pengawas di sekolah dengan baik dalam melaksanakaan
tugas dan tanggung jawabnya dalam meningkatkan profesionalisme guru,
memiliki kompetensi dalam mengembangkan segala bidang seperti ilmu
pengetahuan seorang guru dan penggunaan teknologi oleh seorang guru dalam
mengembangkan mutu pendidikan.
2. Kontribusi kompetensi kepala sekolah sebagai pengawas dalam meningkatkan
profesionalisme guru di SMPN 2 Dua Boccoe yaitu kepala sekolah memberikan
tanggung jawab kepada guru yang sesuai potensi guru sehingga guru dapat
menyelesaikan pekerjaannya dalam melakukan proses pembelajaran dengan
baik seperti guru harus menyusun RPP, merumuskan tujuan pembelajaran,
dapat menjelaskan materi dengan baik, memotivasi dan mengubah suasana
kelas dengan baik.
B. Saran
1. Pengawas atau kepala sekolah hendaknya melaksanakan kegiatan yang terkait
peranan pengawas atau kepala sekolah tidak hanya melakukan membimbing
para guru dalam proses pelajaran yang dapat meningkatkan potensi siswa akan
tetapi perlu juga adanya kegiatan monitoring yang dilakukan.
2. Kontribusi kepala sekolah sebagai pengawas dalam meningkatkan
profesionalisme guru harus selalu mempertahankan hal-hal yang positif yang
didapatkan oleh kepala sekolah maupun guru-guru.
Sebagai Pengawas Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SMPN 2 Dua
Boccoe Kec. Dua Boccoe”. Untuk mengetahui kompetensi kepala sekolah sebagai
pengawas dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMPN 2 Dua Boccoe. Untuk
mengetahui kontribusi kompetensi kepala sekolah sebagai pengawas dalam
meningkatkan profesionalisme guru di SMPN 2 Dua Boccoe.
Untuk memudahkan memperoleh data dari masalah tersebut di atas, penulis
menggunakan metode penelitian lapangan (Fiel Research) dengan menggunakan
teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. penetapan lokasi penelitian,
menyiapkan instrumen penelitian, teknik pengumpulan data, data diperoleh dan
dianalisis dengan menggunakan metode induktif deduktif, kemudian penulis
menggunakan tehnik pengumpulan data yang berupa library search dengan fiel
research selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif.
Kompetensi kepala sekolah sebagai pengawas dalam meningkatkan
profesionalisme guru di SMPN 2 Dua Boccoe yaitu kepala sekolah memiliki
kompetensi sebagai pengawas di sekolah dengan baik dalam melaksanakaan tugas
dan tanggung jawabnya dalam meningkatkan profesionalisme guru, memiliki
kompetensi dalam mengembangkan segala bidang seperti ilmu pengetahuan seorang
guru dan penggunaan teknologi oleh seorang guru dalam mengembangankan mutu
pendidikan. Kontribusi kompetensi kepala sekolah sebagai pengawas dalam
meningkatkan profesionalisme guru di SMPN 2 Dua Boccoe yaitu kepala sekolah
memberikan tanggung jawab kepada guru yang sesuai potensi guru sehingga guru
dapat menyelesaikan pekerjaannya dalam melakukan proses pembelajaran dengan
baik seperti guru harus menyusun RPP, merumuskan tujuan pembelajaran, dapat
menjelaskan materi dengan baik, memotivasi dan mengubah suasana kelas dengan
baik.
A. Simpulan
Setelah peneliti menguraikan secara terperinci tentang masalah-masalah
tentang topik pembahasan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa:
1. Kompetensi kepala sekolah sebagai pengawas dalam meningkatkan
profesionalisme guru di SMPN 2 Dua Boccoe yaitu kepala sekolah memiliki
kompetensi sebagai pengawas di sekolah dengan baik dalam melaksanakaan
tugas dan tanggung jawabnya dalam meningkatkan profesionalisme guru,
memiliki kompetensi dalam mengembangkan segala bidang seperti ilmu
pengetahuan seorang guru dan penggunaan teknologi oleh seorang guru dalam
mengembangkan mutu pendidikan.
2. Kontribusi kompetensi kepala sekolah sebagai pengawas dalam meningkatkan
profesionalisme guru di SMPN 2 Dua Boccoe yaitu kepala sekolah memberikan
tanggung jawab kepada guru yang sesuai potensi guru sehingga guru dapat
menyelesaikan pekerjaannya dalam melakukan proses pembelajaran dengan
baik seperti guru harus menyusun RPP, merumuskan tujuan pembelajaran,
dapat menjelaskan materi dengan baik, memotivasi dan mengubah suasana
kelas dengan baik.
B. Saran
1. Pengawas atau kepala sekolah hendaknya melaksanakan kegiatan yang terkait
peranan pengawas atau kepala sekolah tidak hanya melakukan membimbing
para guru dalam proses pelajaran yang dapat meningkatkan potensi siswa akan
tetapi perlu juga adanya kegiatan monitoring yang dilakukan.
2. Kontribusi kepala sekolah sebagai pengawas dalam meningkatkan
profesionalisme guru harus selalu mempertahankan hal-hal yang positif yang
didapatkan oleh kepala sekolah maupun guru-guru.
Ketersediaan
| ST20160199 | 199/2016 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
199/2016
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
