Analisis Pengaruh Market Segmentation Terhadap Jumlah Penjualan Pada AHA Food Waetuo Kabupaten Bone
Ahzandi/01.14.3146 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang analisis pengaruh market segmentation
terhadap jumlah penjualan pada AHA Food Waetuo Kabupaten Bone, pokok
permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana peramalan terhadap jumlah
penjualan yang dilakukan oleh AHA Food Waetuo Kabupaten Bone pada tahun
berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar jumlah
penjualan yang didapat dari AHA Food Waetuo pada tahun berikutnya sehingga
dapat memberikan dampak yang positif bagi pihak AHA Food Waetuo dalam
peningkatan jumlah penjualanya untuk tahun berikutnya.
Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan penelitian
lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan dilakukan dengan cara wawancara,
observasi dan dokumentasi dalam mengumpulkan data yang diperlukan. Data yang
telah terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan analisis time series dengan
menggunakan tehnik analisis trend dengan metode kuadrat terkecil (least Squere
Method).
Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa perhitungan dengan
mengunakan tehnik analisis trend dengan metode kuadrat terkecil (least Squere
Method) menunjukkan nilai peramalan jumlah penjualan yang akan diperoleh pada
AHA Food Waetuo Kabupaten Bone minimal sebanyak 3.797 kemasan yang akan
terjual pada Tahun berikutnya dengan nilai X sebesar 3.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diatas, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Market segmentation yang dilakukan pada AHA Food Waetuo Kabupaten
Bone dalam hal ini market segmentation geografis yaitu dilakukan dengan
memasarkan produk-produknya keberbagai kecamatan-kecamatan yang
ada di Kabupaten Bone adapun segmentasi pasarnya yakni Kec. Bajoe,
Kec. Cellu, Kec. Macanang dan Kec. Palakka.
2. Berdasarkan analisis variabel penelitian telah diperoleh hasil peramalan
dengan menggunakan tehnik analisis trend dengan metode kuadrat terkecil
(least Squere Method) menunjukkan nilai peramalan jumlah penjualan
yang akan diperoleh pada AHA Food Waetuo Kabupaten Bone minimal
sebanyak 3.797 kemasan yang akan terjual pada Tahun berikutnya dengan
nilai X sebesar 3.
B. Implikasi
Berdasarkan simpulan di atas, maka hasil dari penelitian ini dapat
diimplementasikan, sebagai berikut:
1. Dengan adanya penelitian ini diharapkan masyarakat dalam hal ini pembaca
dari dapat menambah wawasan mengenai market segmentation sehingga
dapat menambah pengetahuan dan lebih cerdas dalam memilih produk yang
sesuai dengan letak geografis, demografis, psikografis dan tingkah laku
sehingga dalam hal ini setiap konsumen tidak sembarangan lagi dalam
membeli dan mengkomsumsi produk-produk makanan dalam kehidupan
sehari-harinya.
2. Dengan adanya penelitian ini diharapkan agar pihak AHA Food Kabupaten
Bone dapat mengetahui bahwa seberapa pentingnya market segmentation
bagi suatu perusahaan baik yang memiliki jenis usaha menengah keatas,
karena dengan market segmentation yang tepat maka akan memberi
pengaruh pula dalam peningkatan jumlah penjualan khususnya bagi AHA
Food Kabupaten Bone.
terhadap jumlah penjualan pada AHA Food Waetuo Kabupaten Bone, pokok
permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana peramalan terhadap jumlah
penjualan yang dilakukan oleh AHA Food Waetuo Kabupaten Bone pada tahun
berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar jumlah
penjualan yang didapat dari AHA Food Waetuo pada tahun berikutnya sehingga
dapat memberikan dampak yang positif bagi pihak AHA Food Waetuo dalam
peningkatan jumlah penjualanya untuk tahun berikutnya.
Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan penelitian
lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan dilakukan dengan cara wawancara,
observasi dan dokumentasi dalam mengumpulkan data yang diperlukan. Data yang
telah terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan analisis time series dengan
menggunakan tehnik analisis trend dengan metode kuadrat terkecil (least Squere
Method).
Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa perhitungan dengan
mengunakan tehnik analisis trend dengan metode kuadrat terkecil (least Squere
Method) menunjukkan nilai peramalan jumlah penjualan yang akan diperoleh pada
AHA Food Waetuo Kabupaten Bone minimal sebanyak 3.797 kemasan yang akan
terjual pada Tahun berikutnya dengan nilai X sebesar 3.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diatas, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Market segmentation yang dilakukan pada AHA Food Waetuo Kabupaten
Bone dalam hal ini market segmentation geografis yaitu dilakukan dengan
memasarkan produk-produknya keberbagai kecamatan-kecamatan yang
ada di Kabupaten Bone adapun segmentasi pasarnya yakni Kec. Bajoe,
Kec. Cellu, Kec. Macanang dan Kec. Palakka.
2. Berdasarkan analisis variabel penelitian telah diperoleh hasil peramalan
dengan menggunakan tehnik analisis trend dengan metode kuadrat terkecil
(least Squere Method) menunjukkan nilai peramalan jumlah penjualan
yang akan diperoleh pada AHA Food Waetuo Kabupaten Bone minimal
sebanyak 3.797 kemasan yang akan terjual pada Tahun berikutnya dengan
nilai X sebesar 3.
B. Implikasi
Berdasarkan simpulan di atas, maka hasil dari penelitian ini dapat
diimplementasikan, sebagai berikut:
1. Dengan adanya penelitian ini diharapkan masyarakat dalam hal ini pembaca
dari dapat menambah wawasan mengenai market segmentation sehingga
dapat menambah pengetahuan dan lebih cerdas dalam memilih produk yang
sesuai dengan letak geografis, demografis, psikografis dan tingkah laku
sehingga dalam hal ini setiap konsumen tidak sembarangan lagi dalam
membeli dan mengkomsumsi produk-produk makanan dalam kehidupan
sehari-harinya.
2. Dengan adanya penelitian ini diharapkan agar pihak AHA Food Kabupaten
Bone dapat mengetahui bahwa seberapa pentingnya market segmentation
bagi suatu perusahaan baik yang memiliki jenis usaha menengah keatas,
karena dengan market segmentation yang tepat maka akan memberi
pengaruh pula dalam peningkatan jumlah penjualan khususnya bagi AHA
Food Kabupaten Bone.
Ketersediaan
| SYA20180204 | 204/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
204/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Syariah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
