Pengaruh Penggunaan Media Permainan Bahasa Berburu Kata terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs As’adiyah Uloe Kab. Bone
Aisya Darwis/021.42.023 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Pengaruh Penggunaan Media Permainan
Bahasa Berburu Kata terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VIII
MTs As’adiyah Uloe Kab. Bone. Hal yang dikaji dalam skripsi ini yakni, sejauhmana
pengaruh media permainan bahasa berburu kata terhadap penguasaan kosakata bahasa
Arab siswa kelas MTs As’adiyah Uloe.
Untuk memudahkan pemecahan masalah di atas, digunakan metode penelitian
lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik metode penelitian kuantitatif
(The Static Group Comparison Design) yaitu penelitian rancangan ini menggunakan
dua kelompok, namun pemilihan kedua kelompok tersebut, bukan secara random.
Dalam pengumpulan data digunakan beberapa metode yakni melakukan tes (pretest
dan posttest). Setelah data terkumpul maka dianalisis dengan menggunakan analisis
data uji t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media permainan bahasa berburu
kata berpengaruh positif terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab. Hal tersebut
dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil perolehan nilai pretest dan posttest
yang dicapai oleh kelas eksperimen dengan perolehan nilai rata-rata lebih tinggi dari
kelas kontrol yaitu sebesar 70,47 sedangkan kelas eksperimen 78,47 setelah
dilakukan perlakuan , sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas
eksperimen 8,0 lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil uji t juga
menunjukkan bahwa media permainan bahasa berburu kata terbukti berpengaruh
positif terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VIII MTs As’adiyah
Uloe Kab. Bone.
A. Simpulan
Adapun kesimpulan dari hasil penelitian ini terdiri dari tiga bagian sebagai
berikut :
1. Penggunaan media permainan bahasa berburu kata di kelas VIII MTs As’adiyah
Uloe
Penggunaan media permainan bahasa berburu kata di kelas VIII MTs
As’adiyah Uloe didapatkan kondisi kelas yang aktif dan kondusif. Hal tersebut
dikarenakan media tersebut merupakan media baru bagi siswa sehingga rasa ingin
tahu mereka lebih tinggi dan mengacu emosional siswa untuk menunjukkan
eksistensinya menjadi yang terbaik dari yang lain. Maka dari itu penggunaan
media permainan bahasa berburu kata efektif digunakan untuk mendukung
perkembangan pembelajaran bahasa Arab terkhusus untuk aspek penguasaan
kosakata bahasa Arab.
2. Tingkat penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs
As’adiyah Uloe
Tingkat penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs
As’adiyah Uloe dapat dilihat dari hasil nilai pretest dan posttest untuk kelas
eksperimen dan kelas kontrol dan uji t pretest dan posttest untuk masing-masing
kelas tersebut. Dari analisis data yang telah dilakukan, didapatkan rata-rata nilai
pretest kelas eksperimen sebesar 24,56 dan rata-rata nilai posttest sebesar 78,47
sehingga mengalami peningkatan sebesar 53,91. Begitu pula untuk kelas kontrol,
didapatkan rata-rata nilai pretest sebesar 27,85 dan rata-rata nilai posttest sebesar
70,47 sehingga mengalami peningkatan sebesar 42,62. Dari kedua data tersebut
menunjukkan penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs
As’adiyah Uloe sebelum dan sesudah perlakuan mengalami peningkatan.
3. Pengaruh Penggunaan Media Permainan Bahasa Berburu Kata terhadap
Penguasaan Kosakata Bahasa Arab pada Siswa Kelas VIII MTs As’adiyah Uloe
Kab. Bone
Berdasarkan uji t posttest diketahui rata-rata hasil belajar kelas ekeperimen
sebesar 78,47 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 70,47, sehingga
dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 8,0 lebih besar
dibandingkan dengan kelas kontrol. Maka diketahui t hitung sebesar -3,604 dengan
signifikansi 0,000. Didapatkan t table dari df 22 pada taraf signifikansi 5% adalah
2,086. Jadi nilai t table > t hitung (2,086 > -3,604) dan nilai signifikansinya kurang
dari 0,05 (p = 0,000 < 0,05). Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan
secara signifikan pada skor hasil belajar siswa kelompok eksperimen atau yang
diberikan perlakuan dengan penggunaan media permainan bahasa berburu kata
sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan media permainan berburu kata
berpengaruh positif terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas
VIII MTs As’adiyah Uloe.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian, perlu kiranya penulis memberi saran semata-
mata sebagai masukan khusunya kepada guru mata pelajaran bahasa Arab hendaknya
media permainan bahasa berburu kata ini dapat ditindaklanjuti dalam kegiatan
pembelajaran bahasa Arab. Dan bagi rekan mahasiswa berikutnya yang akan
mengembangkan penelitian ini, diharapkan dapat melakukan uji coba dengan subjek
yang lebih besar dan waktu pembelajaran yang lebih lama untuk mendapatkan tingkat
keefektifan dan efisiensi yang lebih baik, khusunya pengaplikasian pada penguasaan
kosakata bahasa Arab.
Untuk semua pendidik hendaknya tidak henti-hentinya menjalin komunikasi
yang baik dengan pendidik lainya, peserta didik, tenaga kependidikan maupun orang
tua dan masyarakat agar terjalin hubungan persaudaraan dan silatuhrahmi yang baik
sehingga dapat bekerjasama dalam melakukan kegiatan di sekolah ataupun hal
lainnya yang terkait dengan pengembangan diri siswa.
Untuk semua pihak yang bersangkutan di sekolah diharapkan agar senantiasa
menjalin hubungan dengan baik kesesama pendidik, tenaga kependidikan ataupun
siswa lain agar lebih mudah untuk berkomunikasi yang baik dan memberikan kesan
yang baik, apalagi dalam wilayah pembelajaran, disarankan supaya lebih aktif dan
kreatif sehingga siswa dapat melakukan sesuai yang diharapkan agar selalu tertanam
pembelajaran tersebut dalam diri siswa.
Bahasa Berburu Kata terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VIII
MTs As’adiyah Uloe Kab. Bone. Hal yang dikaji dalam skripsi ini yakni, sejauhmana
pengaruh media permainan bahasa berburu kata terhadap penguasaan kosakata bahasa
Arab siswa kelas MTs As’adiyah Uloe.
Untuk memudahkan pemecahan masalah di atas, digunakan metode penelitian
lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik metode penelitian kuantitatif
(The Static Group Comparison Design) yaitu penelitian rancangan ini menggunakan
dua kelompok, namun pemilihan kedua kelompok tersebut, bukan secara random.
Dalam pengumpulan data digunakan beberapa metode yakni melakukan tes (pretest
dan posttest). Setelah data terkumpul maka dianalisis dengan menggunakan analisis
data uji t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media permainan bahasa berburu
kata berpengaruh positif terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab. Hal tersebut
dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil perolehan nilai pretest dan posttest
yang dicapai oleh kelas eksperimen dengan perolehan nilai rata-rata lebih tinggi dari
kelas kontrol yaitu sebesar 70,47 sedangkan kelas eksperimen 78,47 setelah
dilakukan perlakuan , sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas
eksperimen 8,0 lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil uji t juga
menunjukkan bahwa media permainan bahasa berburu kata terbukti berpengaruh
positif terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VIII MTs As’adiyah
Uloe Kab. Bone.
A. Simpulan
Adapun kesimpulan dari hasil penelitian ini terdiri dari tiga bagian sebagai
berikut :
1. Penggunaan media permainan bahasa berburu kata di kelas VIII MTs As’adiyah
Uloe
Penggunaan media permainan bahasa berburu kata di kelas VIII MTs
As’adiyah Uloe didapatkan kondisi kelas yang aktif dan kondusif. Hal tersebut
dikarenakan media tersebut merupakan media baru bagi siswa sehingga rasa ingin
tahu mereka lebih tinggi dan mengacu emosional siswa untuk menunjukkan
eksistensinya menjadi yang terbaik dari yang lain. Maka dari itu penggunaan
media permainan bahasa berburu kata efektif digunakan untuk mendukung
perkembangan pembelajaran bahasa Arab terkhusus untuk aspek penguasaan
kosakata bahasa Arab.
2. Tingkat penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs
As’adiyah Uloe
Tingkat penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs
As’adiyah Uloe dapat dilihat dari hasil nilai pretest dan posttest untuk kelas
eksperimen dan kelas kontrol dan uji t pretest dan posttest untuk masing-masing
kelas tersebut. Dari analisis data yang telah dilakukan, didapatkan rata-rata nilai
pretest kelas eksperimen sebesar 24,56 dan rata-rata nilai posttest sebesar 78,47
sehingga mengalami peningkatan sebesar 53,91. Begitu pula untuk kelas kontrol,
didapatkan rata-rata nilai pretest sebesar 27,85 dan rata-rata nilai posttest sebesar
70,47 sehingga mengalami peningkatan sebesar 42,62. Dari kedua data tersebut
menunjukkan penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs
As’adiyah Uloe sebelum dan sesudah perlakuan mengalami peningkatan.
3. Pengaruh Penggunaan Media Permainan Bahasa Berburu Kata terhadap
Penguasaan Kosakata Bahasa Arab pada Siswa Kelas VIII MTs As’adiyah Uloe
Kab. Bone
Berdasarkan uji t posttest diketahui rata-rata hasil belajar kelas ekeperimen
sebesar 78,47 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 70,47, sehingga
dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 8,0 lebih besar
dibandingkan dengan kelas kontrol. Maka diketahui t hitung sebesar -3,604 dengan
signifikansi 0,000. Didapatkan t table dari df 22 pada taraf signifikansi 5% adalah
2,086. Jadi nilai t table > t hitung (2,086 > -3,604) dan nilai signifikansinya kurang
dari 0,05 (p = 0,000 < 0,05). Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan
secara signifikan pada skor hasil belajar siswa kelompok eksperimen atau yang
diberikan perlakuan dengan penggunaan media permainan bahasa berburu kata
sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan media permainan berburu kata
berpengaruh positif terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas
VIII MTs As’adiyah Uloe.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian, perlu kiranya penulis memberi saran semata-
mata sebagai masukan khusunya kepada guru mata pelajaran bahasa Arab hendaknya
media permainan bahasa berburu kata ini dapat ditindaklanjuti dalam kegiatan
pembelajaran bahasa Arab. Dan bagi rekan mahasiswa berikutnya yang akan
mengembangkan penelitian ini, diharapkan dapat melakukan uji coba dengan subjek
yang lebih besar dan waktu pembelajaran yang lebih lama untuk mendapatkan tingkat
keefektifan dan efisiensi yang lebih baik, khusunya pengaplikasian pada penguasaan
kosakata bahasa Arab.
Untuk semua pendidik hendaknya tidak henti-hentinya menjalin komunikasi
yang baik dengan pendidik lainya, peserta didik, tenaga kependidikan maupun orang
tua dan masyarakat agar terjalin hubungan persaudaraan dan silatuhrahmi yang baik
sehingga dapat bekerjasama dalam melakukan kegiatan di sekolah ataupun hal
lainnya yang terkait dengan pengembangan diri siswa.
Untuk semua pihak yang bersangkutan di sekolah diharapkan agar senantiasa
menjalin hubungan dengan baik kesesama pendidik, tenaga kependidikan ataupun
siswa lain agar lebih mudah untuk berkomunikasi yang baik dan memberikan kesan
yang baik, apalagi dalam wilayah pembelajaran, disarankan supaya lebih aktif dan
kreatif sehingga siswa dapat melakukan sesuai yang diharapkan agar selalu tertanam
pembelajaran tersebut dalam diri siswa.
Ketersediaan
| ST20180262 | 262/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
262/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
