Pengaruh Pengelolaan Sarana dan Prasarana terhadap Motivasi Kerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Daarul Qur’an Pajalele kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang pengaruh pengelolaan sarana dan prasarana terhadap motivasi kerja guru di Madrasah Tsanawiyah Daarul Qur’an Pajalele. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan sarana dan prasarana , motivasi kerja guru, dan pengaruh pengelolaan sarana dan prasarana terhadap motivasi kerja guru di Madrasah Tsanawiyah Daarul Qur’an Pajalele Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan metode penelitian lapangan (field research ) dengan pengumpulan data melakukan observasi, dokumentasi, dan penyebaran angket. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kuantitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang pengelolaan sarana dan prasarana terhadap motivasi kerja guru di Madrasah Tsanawiyah Daarul Qur’an Pajalele. Dalam menganalisis data, penulis melakukan pengujian menggunakan statistik uji regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan pengelolaan sarana dan prasarana di Madrasah Tsanawiyah adalah baik. Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban responden yang dibagikan kepada 30 responden mengenai pengelolaan sarana dan prasarana. Jawaban responden adalah 46,6% yang berada pada kategori baik (71– 74), sedangkan motivasi kerja guru di Madrasah Tsanawiyah Daarul Qur’an Pajalele adalah tinggi. Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban responden yang dibagikan kepada 30 responden mengenai motivasi kerja guru. Jawaban responden adalah 36,7% yang berada pada kategori tinggi (71 – 75). Berdasarkan hasil uji analisis regresi linear, nilai Konstanta (a) = 53,47 dan Koefisien regresi (b)= 0,22, maka hasil dari korelasi product moment (rxy) = 0,61. Untuk uji signikasi koefisien pengaruh (b) melihat dari anava, dari uji anava nilai Fhitung sebesar 35,806> Ftabel sebesar 4,20, serta uji Thitung sebesar 4,075 > Ttabel sebesar 2,763. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengelolaan sarana dan prasarana terhadap motivasi kerja guru di Madrasah Tsanawiyah Daarul Qur’an Pajalele Kecamatan Tellu Siattingge Kabupaten Bone.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Pengelolaan sarana dan prasarana di MTs Daarul Qur’an Pajalele baik karena rata-rata tanggapan dari responden diperoleh nilai sebesar 46,6%. Angka 46,6% berada pada kategori baik, yaitu terletak pada interval antara 71-74. Dengan demikian, dapat dibuktikan bahwa pengelolaan sarana dan prasarana yang terkait dengan perencanaan,pengadaan, pemeliharaan dan pengawasan, inventaris serta penghapusan termasuk dalam kategori baik. Hal tersebut membuktikan bahwa hipotesis pertama yang diajukan dapat disetujui atau diterima atau terbukti kebenarannya.
2. Motivasi kerja guru di MTs Daarul Qur’an Pajalele tinggi karena rata-rata tanggapan dari responden diperoleh nilai sebesar 36,7%. Angka 36,7% berada pada kategori tinggi, yaitu terletak pada interval antara 71-75.
3. Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pengelolaan sarana dan prasarana (variabel X) terhadap motivasi kerja guru (variabel Y) dengan kuat hubungan antara dua variabel sebesar 0,61. Kemudian dari uji anava nilai Fhitung 35,806 > Ftabel 4,20, serta uji Thitung sebesar 4,075 > Ttabel sebesar 2,763. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengelolaan sarana dan prasarana terhadap motivasi kerja guru di Madrasah Tsanawiyah Daarul Qur’an Pajalele.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, selanjutnya penulis akan menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran kepada pihak sekolah di Madrasah Tsanawiyah Daarul Qur’an Pajalele. Adapun saran-saran yang penulis maksud, yaitu sebagai berikut:
1. Mengenai sarana dan prasarana yang ada di Madrasah tersebut lebih dikelola lagi dengan baik agar lebih maksimal lagi penggunaannya serta mendiskusikan sarana dan prasarana apa yang harus di butuhkan agar madrasah tersebut bisa memberikan motivasi bagi guru untuk bekerja dengan sarana yang memadai.
2. Kepada guru-guru di Madrasah Tsanawiyah Daarul Qur’an Pajalele agar selalu bersemangat dalam menjalankan tugas-tugas dan tanggung jawabnya agar dapat menghasilkan kinerja yang optimal.
3. Kepada kepala sekolah di Madrasah Tsanawiyah Daarul Qur’an Pajalele diharapkan untuk senantiasa melibatkan para personel sekolah/madrasah untuk ikut terlibat dalam pengelolaan sarana dan prasarana agar guru-guru bisa ikut memberikan arahan tentang apa-apa saja yang dibutuhkan dalam melengkapi sarana yang ada dikelas dan lain-lain.
Ketersediaan
ST20170190190/2017Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

190/2017

Penerbit

STAIN Watampone : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top