Peranan Public Relation dalam Menjalankan Komunikasi Internal di Mega Auto Central Finance Cabang Bone
Syahri Ramadani Hamzah/01 14 3009 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang peranan Public Relation dalam menjalankan
komunikasi internal di Mega Auto Central Finance Cabang Bone (MACF).
Pembahasan yang dikaji dalam skripsi ini yakni bagaimana bentuk peranan Public
Relation dalam perusahaan Mega Auto Central Finance Cabang Bone.
Berdasarkan masalah penelitian, maka jenis penelitian yang digunakan yaitu
penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, metode
pengumpulan data yang digunakan yaitu riset kepustakaan (library research) dan riset
lapangan (field research). sedangkan instrument penelitian menggunakan metode
observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Public Relation memiliki peran
penting dalam komunikasi perusahaan. Dalam perusahaan MACF keberadaan Public
Relation telah diterapkan dalam komunikasinya, dilihat dari aspek-aspek yang ada
dan diterapkan oleh MACF yang saling berkesinambungan. 2) Hasil dari sebuah
penerapan Public Relation terlihat signifikan dengan meningkatnya volume nasabah
akibat saluran komunikasi yang baik. Penerapan Public Relation yang baik dalam
perusahaan tak hanya memberikan relasi yang kuat antara nasabah dan perusahaan
tetapi juga menjalin hubungan baik dan terjalinnya komunikasi yang baikantara
sesama karyawan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka dapat di
tarik kesimpulan sebagai berikut:
Pertama, Public Relation memiliki peran penting dalam komunikasi
perusahaan. Sebuah komunikasi yang baik dalam perusahaan dalam hal ini MACF
perlu saling komunikasi yang baik sehingga tercipta saluran komunikasi yang apik
yang bisa menarik nasabah. Dalam perusahaan MACF keberadaan Public Relation
telah diterapkan dalam komunikasinya, dilihat dari aspek-aspek yang ada dan
diterapkan oleh MACF yang saling berkesinambungan.
Kedua, hasil dari sebuah penerapan Public Relation ini terlihat signifikan
dengan meningkatnya volume nasabah akibat saluran komunikasi yang baik. Dan
dengan ini kepercayaan nasabah meningkat dengan mempercayakan sepenuhnya
terhadap perusahaan MACF untuk mengatur kredit atau pembiayaan yang mereka
ambil. Penerapan Public Relation yang baik dalam perusahaan tak hanya
memberikan relasi yang kuat antara nasabah dan perusahaan tetapi juga menjalin
hubungan baik dan terjalinnya komunikasi yang baikantara sesama karyawan.
B. Saran
Pertama, kepada perusahaan Mega Auto Central Finance Cabang Bone lebih
membuka secara transparan jalur komunikasi antara sesama karyawan agar nasabah
dapat melihat langsung kearifan yang terjalin di dalam perusahaan MACF.
Kedua, bagi nasabah MACF agar lebih memperhatikan struktur atau tempo
yang telah diberikan sebelumnya agar tidak ada komunikasi yang salah terjadi.
Ketiga, bagi peneliti sebaiknya memperluas pengetahuannya tentang Public
Relation dan pengimplementasiannya di perusahaan dan pada umumnya dikalangan
masyarakat umum khususnya.
komunikasi internal di Mega Auto Central Finance Cabang Bone (MACF).
Pembahasan yang dikaji dalam skripsi ini yakni bagaimana bentuk peranan Public
Relation dalam perusahaan Mega Auto Central Finance Cabang Bone.
Berdasarkan masalah penelitian, maka jenis penelitian yang digunakan yaitu
penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, metode
pengumpulan data yang digunakan yaitu riset kepustakaan (library research) dan riset
lapangan (field research). sedangkan instrument penelitian menggunakan metode
observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Public Relation memiliki peran
penting dalam komunikasi perusahaan. Dalam perusahaan MACF keberadaan Public
Relation telah diterapkan dalam komunikasinya, dilihat dari aspek-aspek yang ada
dan diterapkan oleh MACF yang saling berkesinambungan. 2) Hasil dari sebuah
penerapan Public Relation terlihat signifikan dengan meningkatnya volume nasabah
akibat saluran komunikasi yang baik. Penerapan Public Relation yang baik dalam
perusahaan tak hanya memberikan relasi yang kuat antara nasabah dan perusahaan
tetapi juga menjalin hubungan baik dan terjalinnya komunikasi yang baikantara
sesama karyawan.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka dapat di
tarik kesimpulan sebagai berikut:
Pertama, Public Relation memiliki peran penting dalam komunikasi
perusahaan. Sebuah komunikasi yang baik dalam perusahaan dalam hal ini MACF
perlu saling komunikasi yang baik sehingga tercipta saluran komunikasi yang apik
yang bisa menarik nasabah. Dalam perusahaan MACF keberadaan Public Relation
telah diterapkan dalam komunikasinya, dilihat dari aspek-aspek yang ada dan
diterapkan oleh MACF yang saling berkesinambungan.
Kedua, hasil dari sebuah penerapan Public Relation ini terlihat signifikan
dengan meningkatnya volume nasabah akibat saluran komunikasi yang baik. Dan
dengan ini kepercayaan nasabah meningkat dengan mempercayakan sepenuhnya
terhadap perusahaan MACF untuk mengatur kredit atau pembiayaan yang mereka
ambil. Penerapan Public Relation yang baik dalam perusahaan tak hanya
memberikan relasi yang kuat antara nasabah dan perusahaan tetapi juga menjalin
hubungan baik dan terjalinnya komunikasi yang baikantara sesama karyawan.
B. Saran
Pertama, kepada perusahaan Mega Auto Central Finance Cabang Bone lebih
membuka secara transparan jalur komunikasi antara sesama karyawan agar nasabah
dapat melihat langsung kearifan yang terjalin di dalam perusahaan MACF.
Kedua, bagi nasabah MACF agar lebih memperhatikan struktur atau tempo
yang telah diberikan sebelumnya agar tidak ada komunikasi yang salah terjadi.
Ketiga, bagi peneliti sebaiknya memperluas pengetahuannya tentang Public
Relation dan pengimplementasiannya di perusahaan dan pada umumnya dikalangan
masyarakat umum khususnya.
Ketersediaan
| SFEBI20190396 | 396/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
396/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
