Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi terhadap Kepuasan Siswa di MTs Bulu-Bulu Kabupaten Bone
Michel Grahayu Arsita/02.13.3144 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang pengaruh kualitas pelayanan administrasi
terhadap kepuasan siswa di MTs Bulu-Bulu. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kualitas pelayanan administrasi, kepuasan siswa, dan tentang pengaruh
kualitas pelayanan administrasi terhadap kepuasan siswa di MTs Bulu-Bulu.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan field
research (penelitian lapangan) dengan melakukan observasi, dokumentasi, dan
penyebaran angket. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode
kuantitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang kualitas pelayanan administrasi
dan tentang kepuasan siswa. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan rumus
proporsi atau persentase dan korelasi product moment, serta melakukan pengujian
independensi antara dua faktor dengan menggunakan statistik uji regresi linear
sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan administrasi di
MTs Bulu-Bulu adalah cukup. Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban angket
yang dibagikan kepada 42 responden kualitas pelayanan administrasi. Rata-rata dari
jawaban responden adalah 72,97 . Angka 72,97 berada pada kategori cukup yaitu
terletak pada interval antara 64-72 , sedangkan tingkat kepuasan siswa dalah baik.
Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban angket yang dibagikan kepada 42
responden mengenai kepuasan siswa. Rata-rata jawaban responden adalah 77,78 .
Angka berada pada kategori baik yaitu terletak pada interval antara 77-8 . Jadi
pengaruh kualitas pelayanan administrasi terhadap kepuasan siswa di MTs Bulu-Bulu
adalah sedang atau cukup.
Berdasarkan hasil uji anava nilai Fhitung sebesar 10,0878926 > Ftabel
sebesar 4,182964, serta uji Thitung sebesar 3,186961 > Ttabel sebesar 2,363846. Hal
ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan administrasi
terhadap kepuasan siswa di MTs Bulu-Bulu.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Kualitas pelayanan administrasi di MTs Bulu-Bulu cukup, karena rata-rata
tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai sebesar 72,79. Angka
72,97 berada pada kategori cukup yaitu terletak pada interval antara 64-72.
2. Kepuasan siswa di MTs Bulu-Bulu baik, karena rata-rata tanggapan angket
dari para responden diperoleh nilai sebesar 77,78. Angka 77,78 berada pada
kategori baik yaitu terletak pada interval antara 77-83.
3. Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif dapat dinyatakan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan administrasi (variabel X)
terhadap kepuasan siswa (variabel Y) dengan kuat hubungan antara dua
variabel sebesar 0,45. Dari nilai Rxy yang diperoleh 0,45, maka selanjutnya
dikonsultasikan pada tabel interpretasi yang besarnya antara 0,40–0,70 yang
termasuk dalam kategori sedang atau cukup. Kemudian dari uji anava nilai
Fhitung sebesar 10,0878926 > Ftabel sebesar 4,182964, serta uji Thitung sebesar
3,186861 > Ttabel sebesar 2,363846. kualitas pelayanan administrasi
berpengaruh tergadap kepuasan siswa di MTs Bulu-Bulu mempengaruhi
dalam hal kepuasan siswa walaupun tidak begitu kuat.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, selanjutnya penulis akan
menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran kepada pihak sekolah di
MTs Bulu-Bulu. Adapun saran-saran yang penulis maksud, yaitu sebagai berikut:
1. Untuk mencapai suatu keberhasilan pendidikan, kepala sekolah hendaknya
lebih mengembangkan dan meningkatkan pelayanan administrasi dan mutu
sekolah karena dengan adanya administrasi yang baik akan memberikan efek
yang positif terhadap peningkatan bagi peserta didik.
2. kepala sekolah yang berperan sebagai pemimpin dalam sekolah hendaknya
tegas dan memberikan pengarahan yang bijaksana agar siswa merasa puas
dengan lingkungan sekolah.
terhadap kepuasan siswa di MTs Bulu-Bulu. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kualitas pelayanan administrasi, kepuasan siswa, dan tentang pengaruh
kualitas pelayanan administrasi terhadap kepuasan siswa di MTs Bulu-Bulu.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan field
research (penelitian lapangan) dengan melakukan observasi, dokumentasi, dan
penyebaran angket. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode
kuantitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang kualitas pelayanan administrasi
dan tentang kepuasan siswa. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan rumus
proporsi atau persentase dan korelasi product moment, serta melakukan pengujian
independensi antara dua faktor dengan menggunakan statistik uji regresi linear
sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan administrasi di
MTs Bulu-Bulu adalah cukup. Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban angket
yang dibagikan kepada 42 responden kualitas pelayanan administrasi. Rata-rata dari
jawaban responden adalah 72,97 . Angka 72,97 berada pada kategori cukup yaitu
terletak pada interval antara 64-72 , sedangkan tingkat kepuasan siswa dalah baik.
Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban angket yang dibagikan kepada 42
responden mengenai kepuasan siswa. Rata-rata jawaban responden adalah 77,78 .
Angka berada pada kategori baik yaitu terletak pada interval antara 77-8 . Jadi
pengaruh kualitas pelayanan administrasi terhadap kepuasan siswa di MTs Bulu-Bulu
adalah sedang atau cukup.
Berdasarkan hasil uji anava nilai Fhitung sebesar 10,0878926 > Ftabel
sebesar 4,182964, serta uji Thitung sebesar 3,186961 > Ttabel sebesar 2,363846. Hal
ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan administrasi
terhadap kepuasan siswa di MTs Bulu-Bulu.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Kualitas pelayanan administrasi di MTs Bulu-Bulu cukup, karena rata-rata
tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai sebesar 72,79. Angka
72,97 berada pada kategori cukup yaitu terletak pada interval antara 64-72.
2. Kepuasan siswa di MTs Bulu-Bulu baik, karena rata-rata tanggapan angket
dari para responden diperoleh nilai sebesar 77,78. Angka 77,78 berada pada
kategori baik yaitu terletak pada interval antara 77-83.
3. Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif dapat dinyatakan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan administrasi (variabel X)
terhadap kepuasan siswa (variabel Y) dengan kuat hubungan antara dua
variabel sebesar 0,45. Dari nilai Rxy yang diperoleh 0,45, maka selanjutnya
dikonsultasikan pada tabel interpretasi yang besarnya antara 0,40–0,70 yang
termasuk dalam kategori sedang atau cukup. Kemudian dari uji anava nilai
Fhitung sebesar 10,0878926 > Ftabel sebesar 4,182964, serta uji Thitung sebesar
3,186861 > Ttabel sebesar 2,363846. kualitas pelayanan administrasi
berpengaruh tergadap kepuasan siswa di MTs Bulu-Bulu mempengaruhi
dalam hal kepuasan siswa walaupun tidak begitu kuat.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, selanjutnya penulis akan
menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran kepada pihak sekolah di
MTs Bulu-Bulu. Adapun saran-saran yang penulis maksud, yaitu sebagai berikut:
1. Untuk mencapai suatu keberhasilan pendidikan, kepala sekolah hendaknya
lebih mengembangkan dan meningkatkan pelayanan administrasi dan mutu
sekolah karena dengan adanya administrasi yang baik akan memberikan efek
yang positif terhadap peningkatan bagi peserta didik.
2. kepala sekolah yang berperan sebagai pemimpin dalam sekolah hendaknya
tegas dan memberikan pengarahan yang bijaksana agar siswa merasa puas
dengan lingkungan sekolah.
Ketersediaan
| ST20170188 | 188/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
188/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
