Implementasi Kebijakan Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Organisasi Ekstrakurikuler di Mts Al-Faaizun Watang Palakka Kab. Bone
Evi Anggeriani/02. 13. 3104 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai“Implementasi Kebijakan Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Organisasi Ekstrakurikuler di Mts Al-Faaizun Watang Palakka Kab. Bone”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui tentang Strategi Implementasi Kebijakan Kepala Madrasah dan Kontribusi Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Organisasi Ektrakurikuler di MTs Al-Faaizun Watang Palakka Kab. Bone
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas digunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deduktif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif.
Strategi Implementasi kebijakan kepala madrasah di MTs Al-Faaizun Watang Palakka Kab.Bone yaitu kepala madrasah melakukan penyaluran komunikasi yang baik, mensosialisasikan ke semua stakeholder madrasah dalam memberikan kejelasan dalam mencapai tujuan, konsistensi terhadap suatu perintah, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Kontribusi Kepala Madrasah dalam pengembangan organisasi ekstrakurikuler di MTs Al-Faaizun Watang Palakka yaitu bahwa dalam menjalankan perannya sebagai edukator tentunya, membimbing siswa dalam meningkatkan kreativitas dalam lingkungan organisasi ekstrakurikuler, kepala madrasah dalam menjalankan perannya sebagai motivator yaitu memberikan sebuah penghargaan kepada peserta didik yang berprestasi serta, memberikan semangat agar lebih giat berlatih dalam setiap kegiatan. Sedangkan kepala madrasah dalam menjalankan perannya sebagai leader/pemimpin yaitu memberikan contoh yang baik kepada anggotanya serta keteladanan dalam menjalankan setiap kebijakan yang telah ditetapkan.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang dikemukakan pada bab hasil penelitian, maka dapat dikemukakan beberapa simpulan yaitu sebagai berikut :
1. Strategi Implementasi kebijakan kepala madrasah di MTs Al-Faaizun Watang Palakka yaitu kepala madrasah melakukan penyaluran komunikasi yang baik, mensosialisasikan ke semua stakeholder madrasah dalam memberikan kejelasan dalam mencapai tujuan, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dalam mewujudkan pembelajaran dan bimbingan secara efektif.
2. Kontribusi Kepala Madrasah dalam pengembangan organisasi ekstrakurikuler di MTs Al-Faaizun Watang Palakka yaitu bahwa dalam menjalankan perannya sebagai edukator telah membimbing siswa dalam meningkatkan kreativitas dalam lingkungan organisasi ekstrakurikuler, kepala madrasah dalam menjalankan perannya sebagai motivator yaitu memberikan sebuah penghargaan kepada peserta didik yang berprestasi serta memberikan nasehat bagi peserta didik yang kurang berprestasi agar kedepannya bisa membawa nama baik madrasah, memberikan semangat agar lebih giat berlatih dalam setiap kegiatan. Sedangkan kepala madrasah dalam menjalankan perannya sebagai leader/pemimpin yaitu memberikan contoh yang baik kepada anggotanya serta keteladanan dalam menjalankan setiap kebijakan yang telah ditetapkan.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut :
1. Diharapkan kepada Kepala Madrasah di MTs Al-Faaizun Watang Palakka lebih memperhatikan strategi implementasi kebijakan dalam pengembangan organisasi ekstrakurikuler agar apa yang menjadi tujuan organisasi dapat tercapai.
2. Diharapkan kepada kepala madrasah di MTs Al-Faaizun Watang Palakka lebih memperhatikan perannya dalam pengembangan organisasi ekstrakurikuler di Madrasah apakah sudah terlaksana dengan baik atau belum.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas digunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deduktif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif.
Strategi Implementasi kebijakan kepala madrasah di MTs Al-Faaizun Watang Palakka Kab.Bone yaitu kepala madrasah melakukan penyaluran komunikasi yang baik, mensosialisasikan ke semua stakeholder madrasah dalam memberikan kejelasan dalam mencapai tujuan, konsistensi terhadap suatu perintah, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Kontribusi Kepala Madrasah dalam pengembangan organisasi ekstrakurikuler di MTs Al-Faaizun Watang Palakka yaitu bahwa dalam menjalankan perannya sebagai edukator tentunya, membimbing siswa dalam meningkatkan kreativitas dalam lingkungan organisasi ekstrakurikuler, kepala madrasah dalam menjalankan perannya sebagai motivator yaitu memberikan sebuah penghargaan kepada peserta didik yang berprestasi serta, memberikan semangat agar lebih giat berlatih dalam setiap kegiatan. Sedangkan kepala madrasah dalam menjalankan perannya sebagai leader/pemimpin yaitu memberikan contoh yang baik kepada anggotanya serta keteladanan dalam menjalankan setiap kebijakan yang telah ditetapkan.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang dikemukakan pada bab hasil penelitian, maka dapat dikemukakan beberapa simpulan yaitu sebagai berikut :
1. Strategi Implementasi kebijakan kepala madrasah di MTs Al-Faaizun Watang Palakka yaitu kepala madrasah melakukan penyaluran komunikasi yang baik, mensosialisasikan ke semua stakeholder madrasah dalam memberikan kejelasan dalam mencapai tujuan, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dalam mewujudkan pembelajaran dan bimbingan secara efektif.
2. Kontribusi Kepala Madrasah dalam pengembangan organisasi ekstrakurikuler di MTs Al-Faaizun Watang Palakka yaitu bahwa dalam menjalankan perannya sebagai edukator telah membimbing siswa dalam meningkatkan kreativitas dalam lingkungan organisasi ekstrakurikuler, kepala madrasah dalam menjalankan perannya sebagai motivator yaitu memberikan sebuah penghargaan kepada peserta didik yang berprestasi serta memberikan nasehat bagi peserta didik yang kurang berprestasi agar kedepannya bisa membawa nama baik madrasah, memberikan semangat agar lebih giat berlatih dalam setiap kegiatan. Sedangkan kepala madrasah dalam menjalankan perannya sebagai leader/pemimpin yaitu memberikan contoh yang baik kepada anggotanya serta keteladanan dalam menjalankan setiap kebijakan yang telah ditetapkan.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut :
1. Diharapkan kepada Kepala Madrasah di MTs Al-Faaizun Watang Palakka lebih memperhatikan strategi implementasi kebijakan dalam pengembangan organisasi ekstrakurikuler agar apa yang menjadi tujuan organisasi dapat tercapai.
2. Diharapkan kepada kepala madrasah di MTs Al-Faaizun Watang Palakka lebih memperhatikan perannya dalam pengembangan organisasi ekstrakurikuler di Madrasah apakah sudah terlaksana dengan baik atau belum.
Ketersediaan
| ST20170187 | 187/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
187/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
