Pengaruh Harga Terhadap Omzet Penjualan perode 2015- 2018 (Studi Kasus CV. PB. Hannas Maringki Kec. Cina Kab. Bone
Sunarti/01.15.3015 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai harga dan Omzet Penjualan pada salah
satu perusahaan yang ada di Kabupaten Bone. Pokok permasalahannya adalah
pengaruh harga terhadap omzet penjualan dan seberapa besar pengaruh harga
terhadap Omzet Penjualan pada CV. PB. Hannas Maringki. Sehingga penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh harga terhadap omzet penjualan dan
seberapa besar pengaruh harga terhadap omzet penjualan pada CV. PB Hannas
Maringki dalam 48 bulan (4 tahun).
Berdasarkan tujuan penelitian diatas, maka
jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder (time series) dari tahun 2015-2018, dan
dokumentasi dalam mengumpulkan data. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu uji asumsi klasik dan uji Hipotesis, yang diolah dengan menggunakan
Eviews 10
Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga memiliki pengaruh terhadap
Omzet penjualan hal ini dibuktikan dengan prob F-statistik adalah 0,015719 <
0,05 sehingga secara persial Ho ditolak dan H1 diterima. Sedangkan dari hasil uji
Koefisien determinasi menunjukkan bahwa nilai adjusted
R2 yakni 0,101198
atau 10%, hal ini mengartikan bahwa variabel Harga dan Omzet Penjualan
memiliki pengaruh atau proporsi sebesar 10% sedangkan sisanya sebesar 90%
dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dalam hal ini
ditunjukkan bahwa besar pengaruh harga terhadap omzet penjualan sebesar 10%
dan diinterpretasikan bahwa pengaruh kedua variabel penelitian dikategorikan
lemah.
A. Simpulan
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
harga terhadap omzet penjualan dan seberapa besar pengaruh harga terhadap
omzet penjualan pada CV. PB. Hannas Maringki periode 2015-2018.
Berdasarkan data yang telah diteliti maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Berdasarkan pengujian dan pengolahan data menunjukkan bahwa Harga
memiliki pengaruh terhadap Omzet penjualan hal ini dibuktikan dengan prob
F-statistik adalah 0,015719 < 0,05 sehingga secara persial Ho ditolak dan H1
diterima. Yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara Harga
terhadap omzet penjualan.
2. Sedangkan dari hasil uji Koefisien determinasi menunjukkan bahwa nilai
adjusted R2 yakni 0,101198 atau 10%, hal ini mengartikan bahwa variabel
Harga dan Omzet Penjualan memiliki pengaruh atau proporsi sebesar 10%
sedangkan sisanya sebesar 90% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti
dalam penelitian ini. Dalam hal ini ditunjukkan bahwa besar pengaruh harga
terhadap omzet penjualan sebesar 10% dan diinterpretasikan bahwa pengaruh
kedua variabel penelitian dikategorikan lemah.
B. Implikasi
Dalam penelitian ini, peneliti dapat memberikan beberapa implikasi sebagai
berikut;
1. Penulis berharap agar Cv. PB. Hannas Maringki dapat meningkatkan
kulitas produksi dan meningkatkan volume penjualan sehingga harga tidak
meningkat begitu pesat.
2. Penulis juga berharap agar perusahaan dapat menetapkan batasan harga
minimum secara bijak setelah memperhitungkan semua biaya dalam
kegiatan produksi sehingga menciptakan laba/pendapatanyang diharapkan.
satu perusahaan yang ada di Kabupaten Bone. Pokok permasalahannya adalah
pengaruh harga terhadap omzet penjualan dan seberapa besar pengaruh harga
terhadap Omzet Penjualan pada CV. PB. Hannas Maringki. Sehingga penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh harga terhadap omzet penjualan dan
seberapa besar pengaruh harga terhadap omzet penjualan pada CV. PB Hannas
Maringki dalam 48 bulan (4 tahun).
Berdasarkan tujuan penelitian diatas, maka
jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder (time series) dari tahun 2015-2018, dan
dokumentasi dalam mengumpulkan data. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu uji asumsi klasik dan uji Hipotesis, yang diolah dengan menggunakan
Eviews 10
Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga memiliki pengaruh terhadap
Omzet penjualan hal ini dibuktikan dengan prob F-statistik adalah 0,015719 <
0,05 sehingga secara persial Ho ditolak dan H1 diterima. Sedangkan dari hasil uji
Koefisien determinasi menunjukkan bahwa nilai adjusted
R2 yakni 0,101198
atau 10%, hal ini mengartikan bahwa variabel Harga dan Omzet Penjualan
memiliki pengaruh atau proporsi sebesar 10% sedangkan sisanya sebesar 90%
dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dalam hal ini
ditunjukkan bahwa besar pengaruh harga terhadap omzet penjualan sebesar 10%
dan diinterpretasikan bahwa pengaruh kedua variabel penelitian dikategorikan
lemah.
A. Simpulan
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
harga terhadap omzet penjualan dan seberapa besar pengaruh harga terhadap
omzet penjualan pada CV. PB. Hannas Maringki periode 2015-2018.
Berdasarkan data yang telah diteliti maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Berdasarkan pengujian dan pengolahan data menunjukkan bahwa Harga
memiliki pengaruh terhadap Omzet penjualan hal ini dibuktikan dengan prob
F-statistik adalah 0,015719 < 0,05 sehingga secara persial Ho ditolak dan H1
diterima. Yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara Harga
terhadap omzet penjualan.
2. Sedangkan dari hasil uji Koefisien determinasi menunjukkan bahwa nilai
adjusted R2 yakni 0,101198 atau 10%, hal ini mengartikan bahwa variabel
Harga dan Omzet Penjualan memiliki pengaruh atau proporsi sebesar 10%
sedangkan sisanya sebesar 90% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti
dalam penelitian ini. Dalam hal ini ditunjukkan bahwa besar pengaruh harga
terhadap omzet penjualan sebesar 10% dan diinterpretasikan bahwa pengaruh
kedua variabel penelitian dikategorikan lemah.
B. Implikasi
Dalam penelitian ini, peneliti dapat memberikan beberapa implikasi sebagai
berikut;
1. Penulis berharap agar Cv. PB. Hannas Maringki dapat meningkatkan
kulitas produksi dan meningkatkan volume penjualan sehingga harga tidak
meningkat begitu pesat.
2. Penulis juga berharap agar perusahaan dapat menetapkan batasan harga
minimum secara bijak setelah memperhitungkan semua biaya dalam
kegiatan produksi sehingga menciptakan laba/pendapatanyang diharapkan.
Ketersediaan
| SFEBI20190510 | 510/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
510/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
