Minat Masyarakat Dalam Menggunakan Ojek Daring Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Grab Kab. Bone)
Meliani Astuti/01.15.3019 - Personal Name
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui 1) minat masyarakat dalam
menggunakan ojek daring 2) faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat
dalam menggunakan ojek daring dalam perspektif ekonomi islam.
Adapun jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan
dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yakni peneliti mengembangkan data yang
ditemukan terkait dengan objek penelitian, kemudian data tersebut dianalisis untuk
menjawab pokok masalah dalam penelitian ini. Karena itu, diperlukan metode
pengumpulan data dalam bentuk interview (wawancara), observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat masyarakat dalam
menggunakan Grab di Kab. Bone dikatakan cukup baik. Adapun faktor-faktor yang
mempengaruhi minat masyarakat dalam menggunakan Grab yaitu Faktor dari dalam
(Intrinsik/Internal) yang terdiri dari prinsip kejujuran dan prinsip tanggungjawab
dengan diterapkannya prinsip kejujuran dan prinsip tanggungjawab pada Grab
sehingga mampu menarik minat masyarakat dalam menggunakan Grab, sedangkan
Faktor dari luar (Ekstrinsik/Eksternal) yaitu yang terdiri dari tarif ekonomi dan
kemudahan, tarif ekonomi yang ditawarkan pada Grab jelas dan relatif lebih murah
dibandingkan dengan ojek konvensional sehingga dengan alasan itu masyarakat lebih
tertarik menggunakan Grab sedangkan sisi kemudahan dengan adanya Grab di Kab.
Bone membuat masyarakat lebih mudah dalam bepergian maupun pengantaran
barang. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat dalam mengggunakan
Grab sudah sesuai dengan aspek ekonomi islam karena adanya prinsip kejujuran yang
dimiliki Driver Grab, adanya prinsip tanggungjawab antara Driver Grab dengan
penumpang dan juga tarif ekonomi Grab sangat jelas dan transparan.
A. Simpulan
Dari hasil yang telah dilakukan diperoleh beberapa kesimpulan, kesimpulan
dalam bab ini merupakan jawaban atas semua rumusan masalah, adapun
simpulan tersebut antara lain sebagai berikut:
1. Minat masyarakat dalam menggunakan Grab di Kab. Bone dikatakan cukup
baik adapun alasan masyarakat menggunakan Grab dikarenakan adanya
kemudahan yang diberikan dengan pelayanan yang baik pula.
2. Penyebab utama masyarakat sehingga tertarik menggunakan Grab yaitu
karena adanya Faktor-faktor yang mempengaruhi seperti:
a. Faktor dari dalam (Intrinsik/Internal)
1) Prinsip kejujuran , dengan adanya prinsip kejujuran yang diterapkan
pada Grab maupun Driver Grab sehingga mampu menarik minat
masyarakat dalam menggunakan Grab. Para penumpang tentunya akan
lebih memilih ojek yang lebih aman, dan jujur untuk mereka gunakan
dalam menjalankan aktivitas mereka.
2) prinsip Tanggungjawab, dengan adanya prinsip Tanggungjawab yang
diterapkan pada Grab maupun Driver Grab sehingga mampu menarik
minat masyarakat dalam menggunakan Grab. Para penumpang
tentunya akan lebih memilih ojek yang lebih aman dan
bertanggungjawab untuk mereka gunakan dalam menjalankan aktivitas
mereka.
b. Faktor dari luar (Ekstrinsik/Eksternal)
1) Tarif Ekonomi, tarif ekonomi yang ditawarkan pada Grab jelas dan
relatif lebih murah dibandingakan dengan ojek konvensional sehingga
dengan alasan itu masyarakat lebih tertarik menggunakan Grab.
2) Kemudahan, dengan adanya Grab di Kab. Bone membuat masyarakat
lebih mudah dalam bepergian maupun pengantara barang selain mudah
Driver Grab pun cepat dalam penjemputan penumpang.
B. Implikasi
Dalam penelitian ini, peneliti dapat memberikan beberapa implikasi sebagai
berikut:
1. Bagi pihak transportasi online (Grab) Kab. Bone untuk lebih mampu lagi
mensosialisasikan Grab sehingga masyarakat dapat mengetahui bahwa di
Kab. Bone telah ada ojek online yaitu Grab, dan memperhatikan kinerja
Driver dengan melakukan pengecekan secara berkala serta melakukan
pembinaan, sehingga akan tercipta kerharmonisan dalam perusahaan dan
kinerja Driver dapat meningkat.
2. Bagi Driver Grab Bone tetap mematuhi aturan-aturan Grab terutama
menggunakan atribut seperti jaket dan helm agar masyarakat pun lebih
mudah mengenali, memperhatikan standarisasi kendaraan yang digunakan
dan Driver harus mengetahui jalan atau arah dimana penumpang akan
diantar.
3. Driver Grab mampu menjadi Driver yang profesional dimana hidup sehari-
harinya memang seorang Driver sehingga penumpang mendapatkan
pelayanan yang prima dari seorang driver yang profesional dan juga Driver
mampu menguasi titik lokasi sehingga penumpang dengan mudah menemukan driver Grab.
menggunakan ojek daring 2) faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat
dalam menggunakan ojek daring dalam perspektif ekonomi islam.
Adapun jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan
dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yakni peneliti mengembangkan data yang
ditemukan terkait dengan objek penelitian, kemudian data tersebut dianalisis untuk
menjawab pokok masalah dalam penelitian ini. Karena itu, diperlukan metode
pengumpulan data dalam bentuk interview (wawancara), observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat masyarakat dalam
menggunakan Grab di Kab. Bone dikatakan cukup baik. Adapun faktor-faktor yang
mempengaruhi minat masyarakat dalam menggunakan Grab yaitu Faktor dari dalam
(Intrinsik/Internal) yang terdiri dari prinsip kejujuran dan prinsip tanggungjawab
dengan diterapkannya prinsip kejujuran dan prinsip tanggungjawab pada Grab
sehingga mampu menarik minat masyarakat dalam menggunakan Grab, sedangkan
Faktor dari luar (Ekstrinsik/Eksternal) yaitu yang terdiri dari tarif ekonomi dan
kemudahan, tarif ekonomi yang ditawarkan pada Grab jelas dan relatif lebih murah
dibandingkan dengan ojek konvensional sehingga dengan alasan itu masyarakat lebih
tertarik menggunakan Grab sedangkan sisi kemudahan dengan adanya Grab di Kab.
Bone membuat masyarakat lebih mudah dalam bepergian maupun pengantaran
barang. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat dalam mengggunakan
Grab sudah sesuai dengan aspek ekonomi islam karena adanya prinsip kejujuran yang
dimiliki Driver Grab, adanya prinsip tanggungjawab antara Driver Grab dengan
penumpang dan juga tarif ekonomi Grab sangat jelas dan transparan.
A. Simpulan
Dari hasil yang telah dilakukan diperoleh beberapa kesimpulan, kesimpulan
dalam bab ini merupakan jawaban atas semua rumusan masalah, adapun
simpulan tersebut antara lain sebagai berikut:
1. Minat masyarakat dalam menggunakan Grab di Kab. Bone dikatakan cukup
baik adapun alasan masyarakat menggunakan Grab dikarenakan adanya
kemudahan yang diberikan dengan pelayanan yang baik pula.
2. Penyebab utama masyarakat sehingga tertarik menggunakan Grab yaitu
karena adanya Faktor-faktor yang mempengaruhi seperti:
a. Faktor dari dalam (Intrinsik/Internal)
1) Prinsip kejujuran , dengan adanya prinsip kejujuran yang diterapkan
pada Grab maupun Driver Grab sehingga mampu menarik minat
masyarakat dalam menggunakan Grab. Para penumpang tentunya akan
lebih memilih ojek yang lebih aman, dan jujur untuk mereka gunakan
dalam menjalankan aktivitas mereka.
2) prinsip Tanggungjawab, dengan adanya prinsip Tanggungjawab yang
diterapkan pada Grab maupun Driver Grab sehingga mampu menarik
minat masyarakat dalam menggunakan Grab. Para penumpang
tentunya akan lebih memilih ojek yang lebih aman dan
bertanggungjawab untuk mereka gunakan dalam menjalankan aktivitas
mereka.
b. Faktor dari luar (Ekstrinsik/Eksternal)
1) Tarif Ekonomi, tarif ekonomi yang ditawarkan pada Grab jelas dan
relatif lebih murah dibandingakan dengan ojek konvensional sehingga
dengan alasan itu masyarakat lebih tertarik menggunakan Grab.
2) Kemudahan, dengan adanya Grab di Kab. Bone membuat masyarakat
lebih mudah dalam bepergian maupun pengantara barang selain mudah
Driver Grab pun cepat dalam penjemputan penumpang.
B. Implikasi
Dalam penelitian ini, peneliti dapat memberikan beberapa implikasi sebagai
berikut:
1. Bagi pihak transportasi online (Grab) Kab. Bone untuk lebih mampu lagi
mensosialisasikan Grab sehingga masyarakat dapat mengetahui bahwa di
Kab. Bone telah ada ojek online yaitu Grab, dan memperhatikan kinerja
Driver dengan melakukan pengecekan secara berkala serta melakukan
pembinaan, sehingga akan tercipta kerharmonisan dalam perusahaan dan
kinerja Driver dapat meningkat.
2. Bagi Driver Grab Bone tetap mematuhi aturan-aturan Grab terutama
menggunakan atribut seperti jaket dan helm agar masyarakat pun lebih
mudah mengenali, memperhatikan standarisasi kendaraan yang digunakan
dan Driver harus mengetahui jalan atau arah dimana penumpang akan
diantar.
3. Driver Grab mampu menjadi Driver yang profesional dimana hidup sehari-
harinya memang seorang Driver sehingga penumpang mendapatkan
pelayanan yang prima dari seorang driver yang profesional dan juga Driver
mampu menguasi titik lokasi sehingga penumpang dengan mudah menemukan driver Grab.
Ketersediaan
| SS20190017 | 17/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
17/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Syariah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
