Peranan Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Pada SDN 222 ManajengKecamatan Sibulue Kabupaten Bone)
Sirjal/02. 13. 3152 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai“ Peranan Manajemen dan Kepemimpinan
Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Studi Pada SDN 222 Manajeng
Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone” Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni
untuk mengetahui tentang bagaimana Peranan Manajemen dan Kepemimpinan
Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Studi Pada SDN 222 Manajeng
Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain
wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan metode deduktif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik
analisis data kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian tentang perananan manajemen dan
kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDN 222
Manajeng yaitu kepala sekolah melakukan manajemen yang terdiri dari perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan melakukan kepemimpinan yang
terdiri dari menggerakkan, mengarahkan dan mempengaruhi. Dari peranan
manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah tersebut Kinerja guru yang diukur
melalui empat kompetensinya yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kpribadian,
kompetensi professional, dan kompetensi sosial. Sehinggah dapat diketahui bahwa
manajemen dan kepemimpinan kepala di SDN 222 Manajeng sangat berperan dalam
meningkatkan kinerja guru.
A. Kesimpulan
Berdasarkan Penelitian maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Peranan manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah yang diterapkan di SDN
222 Manajeng dalam meningkatkan kinerja guru yaitu manajemen yang terdiri
dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan. Dan
kepemimpinan yang terdiri dari menggerakkan, mengarahkan dan
mempengaruhi guru agar kinerja guru dapat meningkat.
2. Dalam mengukur kinerja guru di SDN 222 Manajeng, dilihat dari empat
kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian,
kompetensi professional, dan kompetensi sosial.
3. Peranan manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah di SDN 222 Manajeng
dapat dikatakan berperan meningkatkan kinerja guru secara positif, karena
manajemen yang dimulai dari perencanaan sampai tingkat pengawasan dan
peran kepemimpinan kepala sekolah dalam menggerakkan, mengarahkan,
mempengaruhi guru sudah saling berhubungan dalam meningkatkan kinerja
guru yang dinilai dari ke empat kompetensinya.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan
diuraikan saran-saran.
Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skiripsi ini
adalah sebagai berikut:
1. Kepala sekolah, diharapkan tidak hanya bertanggung jawab dan otoritasnya
dalam program-program sekolah, kurikulum dan keputusan personel, tetapi
juga bertanggung jawab untuk meningkatkan akuntabilitas keberhasilan
program sekolah. Kepala sekolah harus pandai dalam memimpin kelompok dan
pendelegasian tugas dan wewenang sehingga masing-masing kelompok sadar
akan tugas dan fungsinya masing-masing melalui manajemen dan
kepemimpinan.
2. Guru, diharapkan agar selalu meningkatkan solidaritas dan kerjasama yang baik
antar sesama guru, kepala sekolah, orang tua siswa dan masyarakat melalui
kompetensi yang dimiliki.
3. Penulis, mengharapkan agar skripsi ini menjadi landasan teori untuk penelitianpenelitian
selanjutnya dan dapat dijadikan sebagai bahan pelajaran.
Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Studi Pada SDN 222 Manajeng
Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone” Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni
untuk mengetahui tentang bagaimana Peranan Manajemen dan Kepemimpinan
Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Studi Pada SDN 222 Manajeng
Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain
wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan metode deduktif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik
analisis data kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian tentang perananan manajemen dan
kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDN 222
Manajeng yaitu kepala sekolah melakukan manajemen yang terdiri dari perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan melakukan kepemimpinan yang
terdiri dari menggerakkan, mengarahkan dan mempengaruhi. Dari peranan
manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah tersebut Kinerja guru yang diukur
melalui empat kompetensinya yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kpribadian,
kompetensi professional, dan kompetensi sosial. Sehinggah dapat diketahui bahwa
manajemen dan kepemimpinan kepala di SDN 222 Manajeng sangat berperan dalam
meningkatkan kinerja guru.
A. Kesimpulan
Berdasarkan Penelitian maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Peranan manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah yang diterapkan di SDN
222 Manajeng dalam meningkatkan kinerja guru yaitu manajemen yang terdiri
dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan. Dan
kepemimpinan yang terdiri dari menggerakkan, mengarahkan dan
mempengaruhi guru agar kinerja guru dapat meningkat.
2. Dalam mengukur kinerja guru di SDN 222 Manajeng, dilihat dari empat
kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian,
kompetensi professional, dan kompetensi sosial.
3. Peranan manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah di SDN 222 Manajeng
dapat dikatakan berperan meningkatkan kinerja guru secara positif, karena
manajemen yang dimulai dari perencanaan sampai tingkat pengawasan dan
peran kepemimpinan kepala sekolah dalam menggerakkan, mengarahkan,
mempengaruhi guru sudah saling berhubungan dalam meningkatkan kinerja
guru yang dinilai dari ke empat kompetensinya.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan
diuraikan saran-saran.
Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skiripsi ini
adalah sebagai berikut:
1. Kepala sekolah, diharapkan tidak hanya bertanggung jawab dan otoritasnya
dalam program-program sekolah, kurikulum dan keputusan personel, tetapi
juga bertanggung jawab untuk meningkatkan akuntabilitas keberhasilan
program sekolah. Kepala sekolah harus pandai dalam memimpin kelompok dan
pendelegasian tugas dan wewenang sehingga masing-masing kelompok sadar
akan tugas dan fungsinya masing-masing melalui manajemen dan
kepemimpinan.
2. Guru, diharapkan agar selalu meningkatkan solidaritas dan kerjasama yang baik
antar sesama guru, kepala sekolah, orang tua siswa dan masyarakat melalui
kompetensi yang dimiliki.
3. Penulis, mengharapkan agar skripsi ini menjadi landasan teori untuk penelitianpenelitian
selanjutnya dan dapat dijadikan sebagai bahan pelajaran.
Ketersediaan
| ST20170182 | 182/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
182/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
