Urgensi Kepala Sekolah Dalam Mensupervisi Pengajaran Guru Di SMPN Satu Atap 4 (Satap) Palakka
Nirmawati Lasari/02.11.3119 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai ‘Urgensi Kepala Sekolah Dalam
Mensupervisi Pengajaran Guru Di Smpn Satu Atap 4 (Satap) Palakka”.Yang
bertujuan untuk Untuk mengetahui cara pelaksanaan kepala sekolah dalam
mensupervisi administrasi guru di SMPN Satap 4 Palakka. Untuk mengetahui
bagaimana mamfaat bagi guru setelah pelaksanaan supervisi kepala sekolah mengenai
administrasi guru di SMPN Satap 4 Palakka.
Untuk memudahkan memperoleh data dari masalah tersebut di atas, penulis
menggunakan metode penelitian lapangan(Fiel Research) dengan menggunakan
teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. penetapan lokasi penelitian,
menyiapkan instrumen penelitian, teknik pengumpulan data , data diperoleh dan
dianalisis dengan menggunakan metode induktif deduktif, kemudia penulis
menggunakan tehnik pengumpulan data yang berupa library search dengan fiel
research selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif.
Hasil penelitian ditemukan bahwa, kepala sekola sangat urgen dalam memberi
supervisi administrasi guru karena kepla sekolah dapat membantu jalannya
pembelajaran yang efektif. Hal-hal yang dilakukan kepala sekolah adalahmelakukan
pertemuan pribadi membahas manajemen guru kelas, administrasi guru kelas, proses
pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran dalam kelas,melakukan kegiatan
kelompok kerja guru atau KKG, melakukan pelatihan proses belajar mengajar,
langkah-langkah mengajar, tehnik penyusunan satuan belajar, dan pengajaran materi
kurikulum yang sesuai. Kepala sekolah juga melakukan pengawasan secara tehnis
dalam bantuan proses belajar mengajar, bantuan tehnis dalam memperbaiki proses
belajar mengajar dan dilakukan pelatihan dan bimbingan terhadap permasalahan yang
dihadapi didalam sekolah. Selain itu kepala sekolah memberi bimbingan atau arahan
yang baik, membantu mengatasi masalah, membantu guru dalam kecakapan
mengajar, memberi tanggung jawab yang sesuai dengan bidangnya masing-masing,
selalu memberikan penguatan ke pada guru dalam meningkatkan profesionalnya dan
juga selalu memberikan sugesti dalam setiap pembelajaran yang dilakukan oleh
seorang guru. Dalam penyunan RPP kepala sekolah selalu mengingatkan bahwa
perencanaan yang dibuat dikoordinasikan dengan silabus bahkan guru di anjurkan
melihat situasi siswa yang ada di sekolah.
A. SIMPULAN
1. Cara pelaksanaanKepala Sekolah dalam Mensupervisi administrasi guru di
SMPN Satap 4 Palakka dapat dikatakan cukup baik karena kepala sekolah
melaksanakan perannya dalam mensupervisi seluruh kegiatan administrasi
dan dapat memberikan arahan kepada setiap guru dalam proses belajar
mengajar yang tidak lain untuk meningkatkan motivasi guru dalam
mewujudkan visi dan misi sekolah
2. Manfaat bagi guru setelah pelaksanaan supervisi kepala sekolah tentang
administrasi guru di SMPN Satap 4 Palakka yaitu guru mendapat manfaat
positif bagi dirinya karena guru dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan
aturan yang berlaku di sekolah.
B. SARAN
1. Hendaknya cara pelaksanaan kepala sekolah dalam mensupervisi administrasi
guru di SMPN Satap 4 Palakka agar tetap terlaksana dengan baik seperti
sekarang ini atau bahkan ditingkatkan yang lebih efektif lagi agar dapat
menunjang prestasi sekolah.
2. Dari manfaat yang didaptkan oleh guru setelah adanya pelaksanaan supervisi
kepala sekolah mengenai administrasi guru di SMPN Satap 4
Palakka hendaknya dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mewujudkan
sekolah yang berprestasi.
Mensupervisi Pengajaran Guru Di Smpn Satu Atap 4 (Satap) Palakka”.Yang
bertujuan untuk Untuk mengetahui cara pelaksanaan kepala sekolah dalam
mensupervisi administrasi guru di SMPN Satap 4 Palakka. Untuk mengetahui
bagaimana mamfaat bagi guru setelah pelaksanaan supervisi kepala sekolah mengenai
administrasi guru di SMPN Satap 4 Palakka.
Untuk memudahkan memperoleh data dari masalah tersebut di atas, penulis
menggunakan metode penelitian lapangan(Fiel Research) dengan menggunakan
teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. penetapan lokasi penelitian,
menyiapkan instrumen penelitian, teknik pengumpulan data , data diperoleh dan
dianalisis dengan menggunakan metode induktif deduktif, kemudia penulis
menggunakan tehnik pengumpulan data yang berupa library search dengan fiel
research selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif.
Hasil penelitian ditemukan bahwa, kepala sekola sangat urgen dalam memberi
supervisi administrasi guru karena kepla sekolah dapat membantu jalannya
pembelajaran yang efektif. Hal-hal yang dilakukan kepala sekolah adalahmelakukan
pertemuan pribadi membahas manajemen guru kelas, administrasi guru kelas, proses
pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran dalam kelas,melakukan kegiatan
kelompok kerja guru atau KKG, melakukan pelatihan proses belajar mengajar,
langkah-langkah mengajar, tehnik penyusunan satuan belajar, dan pengajaran materi
kurikulum yang sesuai. Kepala sekolah juga melakukan pengawasan secara tehnis
dalam bantuan proses belajar mengajar, bantuan tehnis dalam memperbaiki proses
belajar mengajar dan dilakukan pelatihan dan bimbingan terhadap permasalahan yang
dihadapi didalam sekolah. Selain itu kepala sekolah memberi bimbingan atau arahan
yang baik, membantu mengatasi masalah, membantu guru dalam kecakapan
mengajar, memberi tanggung jawab yang sesuai dengan bidangnya masing-masing,
selalu memberikan penguatan ke pada guru dalam meningkatkan profesionalnya dan
juga selalu memberikan sugesti dalam setiap pembelajaran yang dilakukan oleh
seorang guru. Dalam penyunan RPP kepala sekolah selalu mengingatkan bahwa
perencanaan yang dibuat dikoordinasikan dengan silabus bahkan guru di anjurkan
melihat situasi siswa yang ada di sekolah.
A. SIMPULAN
1. Cara pelaksanaanKepala Sekolah dalam Mensupervisi administrasi guru di
SMPN Satap 4 Palakka dapat dikatakan cukup baik karena kepala sekolah
melaksanakan perannya dalam mensupervisi seluruh kegiatan administrasi
dan dapat memberikan arahan kepada setiap guru dalam proses belajar
mengajar yang tidak lain untuk meningkatkan motivasi guru dalam
mewujudkan visi dan misi sekolah
2. Manfaat bagi guru setelah pelaksanaan supervisi kepala sekolah tentang
administrasi guru di SMPN Satap 4 Palakka yaitu guru mendapat manfaat
positif bagi dirinya karena guru dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan
aturan yang berlaku di sekolah.
B. SARAN
1. Hendaknya cara pelaksanaan kepala sekolah dalam mensupervisi administrasi
guru di SMPN Satap 4 Palakka agar tetap terlaksana dengan baik seperti
sekarang ini atau bahkan ditingkatkan yang lebih efektif lagi agar dapat
menunjang prestasi sekolah.
2. Dari manfaat yang didaptkan oleh guru setelah adanya pelaksanaan supervisi
kepala sekolah mengenai administrasi guru di SMPN Satap 4
Palakka hendaknya dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mewujudkan
sekolah yang berprestasi.
Ketersediaan
| ST20160242 | 242/2016 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
242/2016
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
