Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Guru (studi Kasus SMA Negeri 16 Bone)
Nasrun/02133041 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Guru di SMA Negeri 16 Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gaya Kepemimpinan Kepala, Produktivitas Kerja Guru, dan pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Guru di SMA Negeri 16 Bone.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan metode field research (penelitian lapangan) dengan melakukan observasi, dokumentasi, dan penyebaran angket. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kuantitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Produktivitas Kerja Guru, dan pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Guru di SMA Negeri 16 Bone. Selanjutnya, dalam menganalisis data, penulis melakukan pengujian independensi antara dua faktor dengan menggunakan statistik uji regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah di SMA Negeri 16 Bone adalah cukup baik. Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban angket yang dibagikan kepada 41 responden Kepemimpinan Kepala Sekolah. Rata-rata dari jawaban responden adalah 85,56. Angka 85,56 berada pada kategori baik (83 – 87), sedangkan Produktivitas Kerja Guru di SMA Negeri 16 Bone adalah baik. Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban angket yang dibagikan kepada 41 responden mengenai Produktivitas Kerja Guru. Rata-rata jawaban responden adalah 85.10. Angka 85.10 berada pada kategori baik (81 – 86).
Berdasarkan hasil uji anava nilai Fhitung sebesar 1,856> Ftabel sebesar 0,619, serta uji Thitung sebesar 11,827 > Ttabel sebesar 1,667. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Guru di SMA Negeri 16 Bone.
A.Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1.Gaya Kepemimpinan kepala sekolah di SMA Negeri 16 Bone cukup baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai sebesar 85,56 Angka 85,56 berada pada kategori cukup baik, yaitu terletak pada interval antara 83-87.
2.Produktivitas kerja guru cukup baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai sebesar 87,86. Angka 85,10 berada pada kategori cukup baik, yaitu terletak pada interval antara 81-86.
3.Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (variabel X) terhadap Produktivitas kerja guru (variabel Y) dengan hubungan antara dua variabel sebesar 0,88. Dari nilai Rxy yang diperoleh sebanyak 0,88, maka selanjutnya dikonsultasikan pada tabel interpretasi yang nilainya terletak antara 0,80 – 0,90 yang termasuk dalam kategori kuat atau tinggi. Kemudian dari uji anava nilai Fhitung sebesar 1,856> Ftabel sebesar 0,619, serta uji Thitung sebesar 11,827 > Ttabel sebesar 1,667. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah.
B.Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, selanjutnya penulis akan menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran kepada pihak sekolah di SMA Negeri 16 Bone. Adapun saran-saran yang penulis maksud, yaitu sebagai berikut:
1.Kepada kepala sekolah SMA Negeri 16 Bone agar selalu meningkatkan Pengawasan kepada Guru untuk selalu bersemangat dalam mengerjakan sesuatu sehingga produktivitas kerja tetap terjaga.
2.Kepada Guru-guru di SMA Negeri 16 Bone agar mampu terbuka dalam segala hal dalam masalah sekolah untuk selalu konsultasi kepala sekolah sehingga solusi yang berikan bisa mengatasi dengan baik. Dalam hal ini juga kepala sekolah juga mampu mengatasi masalah guru yang dihadapi sehingga tidak akan mempengaruhi produktivitas kerja guru, melainkan mampu meningkatkan produktivitas kerja guru untuk lebih meningkatkan kualitas kerja.
3.Bagi penelitian selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi untuk melakukan penelitian-penelitian selanjutnya, khususnya penelitian-penelitian yang berkaitan dengan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Produktivitas Kerja Guru.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan metode field research (penelitian lapangan) dengan melakukan observasi, dokumentasi, dan penyebaran angket. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kuantitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Produktivitas Kerja Guru, dan pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Guru di SMA Negeri 16 Bone. Selanjutnya, dalam menganalisis data, penulis melakukan pengujian independensi antara dua faktor dengan menggunakan statistik uji regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah di SMA Negeri 16 Bone adalah cukup baik. Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban angket yang dibagikan kepada 41 responden Kepemimpinan Kepala Sekolah. Rata-rata dari jawaban responden adalah 85,56. Angka 85,56 berada pada kategori baik (83 – 87), sedangkan Produktivitas Kerja Guru di SMA Negeri 16 Bone adalah baik. Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban angket yang dibagikan kepada 41 responden mengenai Produktivitas Kerja Guru. Rata-rata jawaban responden adalah 85.10. Angka 85.10 berada pada kategori baik (81 – 86).
Berdasarkan hasil uji anava nilai Fhitung sebesar 1,856> Ftabel sebesar 0,619, serta uji Thitung sebesar 11,827 > Ttabel sebesar 1,667. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Guru di SMA Negeri 16 Bone.
A.Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1.Gaya Kepemimpinan kepala sekolah di SMA Negeri 16 Bone cukup baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai sebesar 85,56 Angka 85,56 berada pada kategori cukup baik, yaitu terletak pada interval antara 83-87.
2.Produktivitas kerja guru cukup baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai sebesar 87,86. Angka 85,10 berada pada kategori cukup baik, yaitu terletak pada interval antara 81-86.
3.Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (variabel X) terhadap Produktivitas kerja guru (variabel Y) dengan hubungan antara dua variabel sebesar 0,88. Dari nilai Rxy yang diperoleh sebanyak 0,88, maka selanjutnya dikonsultasikan pada tabel interpretasi yang nilainya terletak antara 0,80 – 0,90 yang termasuk dalam kategori kuat atau tinggi. Kemudian dari uji anava nilai Fhitung sebesar 1,856> Ftabel sebesar 0,619, serta uji Thitung sebesar 11,827 > Ttabel sebesar 1,667. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah.
B.Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, selanjutnya penulis akan menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran kepada pihak sekolah di SMA Negeri 16 Bone. Adapun saran-saran yang penulis maksud, yaitu sebagai berikut:
1.Kepada kepala sekolah SMA Negeri 16 Bone agar selalu meningkatkan Pengawasan kepada Guru untuk selalu bersemangat dalam mengerjakan sesuatu sehingga produktivitas kerja tetap terjaga.
2.Kepada Guru-guru di SMA Negeri 16 Bone agar mampu terbuka dalam segala hal dalam masalah sekolah untuk selalu konsultasi kepala sekolah sehingga solusi yang berikan bisa mengatasi dengan baik. Dalam hal ini juga kepala sekolah juga mampu mengatasi masalah guru yang dihadapi sehingga tidak akan mempengaruhi produktivitas kerja guru, melainkan mampu meningkatkan produktivitas kerja guru untuk lebih meningkatkan kualitas kerja.
3.Bagi penelitian selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi untuk melakukan penelitian-penelitian selanjutnya, khususnya penelitian-penelitian yang berkaitan dengan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Produktivitas Kerja Guru.
Ketersediaan
| ST20170179 | 179/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
179/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
