Urgensi Kebijakan Pengadaan Sarana dan Prasarana dalam pencapaian Visi SMPN 1 Barebbo
Andi Febriani/02.13.3068 - Personal Name
Skripsi ini berjudul“Urgensi Kebijakan Pengadaan Sarana dan Prasarana
dalam pencapaian Visi SMPN 1 Barebbo”. Penelitian ini bertujuan untuk
menjelaskan permasalahan mengenai kebijakan pengadaan sarana dan prasarana
di SMPN 1 Barebbo dan kontribusi penerapan pengadaan sarana dalam
meningkatkan pencapaian visi di SMPN 1 Barebbo. Kemudian untuk mengetahui
kebijakan pengadaan sarana dan prasarana di SMPN 1 Barebbo dan kontribusi
penerapan kebijakan pengadaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan
pencapaian visi di SMPN 1 Barebbo
Penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bersifat lapangan
yakni wawancara dan dokumentasi. Dengan menganalisis berbagai kondisi
kebijakan sarana dan prasarana seperti sarana yang menunjang proses bealajar
siswa pada SMPN 1 Barebbo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan dalam pengadaan sarana
dan prasarana pada SMPN 1 Barebbo sudah melakukan fungsinnya dengan baik
dimana dalam kebutuhan setiap kelas terpenuhi, dengan melakukan monitoring
setiap penggunaan sarana dan prasarana yang digunakan di SMPN 1 Barebbo,
proses belajar pun dapat dilaksanakan dengan baik, dan pengembangan kegiatan
ektrakulikulerpun dapat dikembangkan dengan adanya pengadaan sarana dan
prasarana untuk siswa dan siswi yang ingin mengembangkan bakatnya melalui
kegiatan intra sekolah di SMPN 1 Barebbo. Terkait pencapain visi yaitu unggul
dalam prestasi, berkarakter, beriman, dan bertakwa serta peduli lingkungan pada
sekolah SMPN 1 Barebbo untuk lebih menigkatkan visi tersebut maka perlu ada
usaha bersama kepala sekolah dan semua pihak sekolah untuk memberikan yang
terbaik bagi masa depan sekolah SMPN 1 Barebbo walaupun dalam
pelaksanaanya sudah baik, sehingga sekolah SMPN 1 Barebbo lebih unggul dari
segi hasil belajar siswa dan siswi, penanaman akhlak terhadap siswa dan siswi,
pengembangan potensi siswa yang dapat dibangun dengan memanfaatka beberapa
organisasi intra sekolah sesuai dengan potensi siswa dan siswi SMPN 1 Barebbo.
A. Simpulan
1. Dalam pengambilan Kebijakan pengadaan sarana dan prasarana, kepala
sekolah SMPN 1 Barebbo kurang lebih sudah melakukan peranya sebagai
pengambil kebijakan karena sudah memenuhi kebutuhan sekolah dimana
berbagai kebutuhan setiap kelas terpenuhi, dengan melakukan monitoring
setiap penggunaan sarana dan prasarana yang digunakan di SMPN 1 Barebbo
akan lebih memudahkan bagi pihak sekolah dalam pemakaian alat dan bahan
yang dibutuhkan ketika pelaksanaan proses belajar maupun dalam kegiatan
ekstrakurikuler yang ada di SMPN 1 Barebbo.
2. Penerapan kebijakan pengadaan sarana dan prasarana dalam mendukung
pencapaian visi pada SMPN 1 Barebbo sudah melaksanakan pembelajaran
dan bimbingan secara efektif sehingga setiap peserta didik berkembang
secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki, Menumbuhkan semangat
keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah, mendorong dan
membantu setiap pesrta didik untuk mengenali potensi dirinya sehingga dapat
dikembangkan secara optimal, menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran
agama dan budaya bangsa sehingga menjadi sumber krearifan dalam
bertindak, menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh
warga sekolah dan kelompok kepentingan yang terkait dengan sekolah.
B. Saran
Sebagai akhir dari penulisan skripsi ini, dengan mendasarkan pada
penelitian yang peneliti lakukan, maka peneliti ingin memberikan saran yang
mungkin dapat menjadi bahan masukan, antara lain sebagai berikut:
1. Untuk penggunaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan, semua
warga sekolah hendaknya memperhatikan peraturan dan petunjuk yang sudah
tertera demi terciptanya kelancaran dalam proses pembelajaran.
2. Kepala sekolah hendaknya dapat terus menerus meningkatkan kinerja sama
dengan guru-guru, karyawan, staf pendidikan, demi mencapai visi sekolah
yang lebih baik lagi, partisipasi orang tua, komite, masyarakat sangat
diharapkan oleh pihak sekolah, untuk mencapai keberhasilan siswa dan siswi.
dalam pencapaian Visi SMPN 1 Barebbo”. Penelitian ini bertujuan untuk
menjelaskan permasalahan mengenai kebijakan pengadaan sarana dan prasarana
di SMPN 1 Barebbo dan kontribusi penerapan pengadaan sarana dalam
meningkatkan pencapaian visi di SMPN 1 Barebbo. Kemudian untuk mengetahui
kebijakan pengadaan sarana dan prasarana di SMPN 1 Barebbo dan kontribusi
penerapan kebijakan pengadaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan
pencapaian visi di SMPN 1 Barebbo
Penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bersifat lapangan
yakni wawancara dan dokumentasi. Dengan menganalisis berbagai kondisi
kebijakan sarana dan prasarana seperti sarana yang menunjang proses bealajar
siswa pada SMPN 1 Barebbo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan dalam pengadaan sarana
dan prasarana pada SMPN 1 Barebbo sudah melakukan fungsinnya dengan baik
dimana dalam kebutuhan setiap kelas terpenuhi, dengan melakukan monitoring
setiap penggunaan sarana dan prasarana yang digunakan di SMPN 1 Barebbo,
proses belajar pun dapat dilaksanakan dengan baik, dan pengembangan kegiatan
ektrakulikulerpun dapat dikembangkan dengan adanya pengadaan sarana dan
prasarana untuk siswa dan siswi yang ingin mengembangkan bakatnya melalui
kegiatan intra sekolah di SMPN 1 Barebbo. Terkait pencapain visi yaitu unggul
dalam prestasi, berkarakter, beriman, dan bertakwa serta peduli lingkungan pada
sekolah SMPN 1 Barebbo untuk lebih menigkatkan visi tersebut maka perlu ada
usaha bersama kepala sekolah dan semua pihak sekolah untuk memberikan yang
terbaik bagi masa depan sekolah SMPN 1 Barebbo walaupun dalam
pelaksanaanya sudah baik, sehingga sekolah SMPN 1 Barebbo lebih unggul dari
segi hasil belajar siswa dan siswi, penanaman akhlak terhadap siswa dan siswi,
pengembangan potensi siswa yang dapat dibangun dengan memanfaatka beberapa
organisasi intra sekolah sesuai dengan potensi siswa dan siswi SMPN 1 Barebbo.
A. Simpulan
1. Dalam pengambilan Kebijakan pengadaan sarana dan prasarana, kepala
sekolah SMPN 1 Barebbo kurang lebih sudah melakukan peranya sebagai
pengambil kebijakan karena sudah memenuhi kebutuhan sekolah dimana
berbagai kebutuhan setiap kelas terpenuhi, dengan melakukan monitoring
setiap penggunaan sarana dan prasarana yang digunakan di SMPN 1 Barebbo
akan lebih memudahkan bagi pihak sekolah dalam pemakaian alat dan bahan
yang dibutuhkan ketika pelaksanaan proses belajar maupun dalam kegiatan
ekstrakurikuler yang ada di SMPN 1 Barebbo.
2. Penerapan kebijakan pengadaan sarana dan prasarana dalam mendukung
pencapaian visi pada SMPN 1 Barebbo sudah melaksanakan pembelajaran
dan bimbingan secara efektif sehingga setiap peserta didik berkembang
secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki, Menumbuhkan semangat
keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah, mendorong dan
membantu setiap pesrta didik untuk mengenali potensi dirinya sehingga dapat
dikembangkan secara optimal, menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran
agama dan budaya bangsa sehingga menjadi sumber krearifan dalam
bertindak, menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh
warga sekolah dan kelompok kepentingan yang terkait dengan sekolah.
B. Saran
Sebagai akhir dari penulisan skripsi ini, dengan mendasarkan pada
penelitian yang peneliti lakukan, maka peneliti ingin memberikan saran yang
mungkin dapat menjadi bahan masukan, antara lain sebagai berikut:
1. Untuk penggunaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan, semua
warga sekolah hendaknya memperhatikan peraturan dan petunjuk yang sudah
tertera demi terciptanya kelancaran dalam proses pembelajaran.
2. Kepala sekolah hendaknya dapat terus menerus meningkatkan kinerja sama
dengan guru-guru, karyawan, staf pendidikan, demi mencapai visi sekolah
yang lebih baik lagi, partisipasi orang tua, komite, masyarakat sangat
diharapkan oleh pihak sekolah, untuk mencapai keberhasilan siswa dan siswi.
Ketersediaan
| ST20170174 | 174/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
174/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
