Urgensi Manajemen Layanan Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Kepuasan Pengguna di SMP Negeri 2 Watampone
Sudarmi/02. 13. 3192 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai“Urgensi Manajemen Layanan Perpustakaan
Sekolah dalam Meningkatkan Kepuasan Pengguna di SMP Negeri 2
Watampone”.Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui
perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan dan pengawasan layanan perpustakaan
dalam meningkatkan kepuasan pengguna di SMP Negeri 2 Watampone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain
wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan conclusion drawing,
selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa perencanaan layanan
perpustakaan dalam meningkatkan kepuasan pengguna di SMP Negeri 2 Watampone
yaitu kepala perpustakaan menerapkan seluruh isi dari visi dan misi perpustakaan
dan setiap program yang dibuat terlebih dahulu mengusulkan kepada kepala sekolah
untuk mendapatkan persetujuan terkait dalam hal pembuatan program,
pengorganisasian layanan perpustakaan dalam meningkatkan kepuasan pengguna
yaitu kepala perpustakaan memberikan tanggung jawab kepada seluruh staff sesuai
dengan struktur organisasi yang ada, dan sistem peminjaman yang dilakukan
diperpustakaan ini yaitu dengan melakukan sistem terbuka, penggerakkan layanan
perpustakaan yaitu kepala perpustakaan sebagai penggerak memberikan kebebasan
kepada seluruh staf untuk bekerja dengan cara mematuhi segala aturan-aturan yang
telah ditetapkan, pengawasan layanan perpustakaan dalam meningkatkan kepuasan
pengguna yaitu mengatur program yang telah dibuat setiap tiga bulan dan
dilaksanakan serta mengevaluasi kembali apakah program itu terlaksana dengan baik
atau tidak dan kepuasan pengguna di SMP Negeri 2 Watampone yaitu sudah sesuai
dengan kebutuhan siswa dan telah terlaksana dengan baik seperti tersedianya
berbagai macam koleksi, serta fasilitas yang cukup memadai sehingga siswa dapat
belajar dengan tenang dan mencari buku yang dibutuhkan.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Perencanaan layanan perpustakaan dalam meningkatkan kepuasan pengguna di
SMP Negeri 2 Watampone dengan melihat penerapan visi,misi dan tujuan,
perumusan keadaan sekarang, identifikasi kemudahan dan hambatan, dan
pengembangan perencanaan yaitu kepala perpustakaan menerapkan seluruh isi
dari visi dan misi perpustakaan dan setiap program yang dibuat terlebih dahulu
mengusulkan kepada kepala sekolah selaku pimpinan untuk mendapatkan
persetujuan terkait dalam hal pembuatan program ataupun yang ada di SMP
Negeri 2 Watampone.
2. Pengorganisasian layanan perpustakaan dalam meningkatkan kepuasan pengguna
di SMP Negeri 2 Watampone yaitu dapat dilihat dengan sistem pelayanan
pemesanan koleksi, dan sistem peminjaman yaitu kepala perpustakaan
memberikan tanggung jawab kepada seluruh staff sesuai dengan struktur
organisasi yang ada, adapun sistem peminjaman yang dilakukan diperpustakaan
ini yaitu dengan melakukan sistem terbuka, dimana siswa diberi kebebasan
mencari buku/koleksi yang diinginkan.
3. Penggerakkan layanan perpustakaan dalam meningkatkan kepuasan pengguna di
SMP Negeri 2 Watampone yaitu dapat dilihat dengan menjadi motivating dan
mensosialisasikan visi, misi dan tujuan yaitu kepala perpustakaan sebagai
penggerak memberikan kebebasan kepada seluruh staf untuk bekerja dengan cara
mematuhi segala aturan-aturan yang telah ditetapkan dalam perpustakaan, serta
memperkenalkan visi dan misi perpustakaan kepada pengguna/siswa dengan
mengumumkannya dipapan pengumuman.
4. Pengawasan layanan perpustakaan dalam meningkatkan kepuasan pengguna di
SMP Negeri 2 Watampone yaitu dapat dilihat dengan menentukan atau membuat
standar, mengukur hasil yang dicapai, dan memperbaiki penyimpangan yaitu
mengatur program yang telah dibuat setiap tiga bulan dan dilaksanakan serta
mengevaluasi kembali apakah program itu terlaksana dengan baik atau tidak.
5. Kepuasan pengguna di SMP Negeri 2 Watampone yaitu sudah sesuai dengan
kebutuhan pengguna/siswa dan telah terlaksana dengan baik seperti tersedianya
berbagai macam koleksi, serta fasilitas yang cukup memadai sehingga siswa dapat
belajar dengan tenang dan mencari buku yang dibutuhkan.
B. Saran
Setelah peneliti menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam
pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
a. Kepada Kepala perpustakaan SMP Negeri 2 Watampone untuk lebih
memperhatikan keadaan serta kondisi perpustakaan serta dapat bekerja sama
dengan seluruh pihak perpustakaan di sekolah agar dapat meningkatkan
efektifitas kerja perpustakaan.
b. Kepada staf perpustakaan SMP Negeri 2 Watampone agar lebih meningkatkan
kinerja pelayanan sehingga dapat memberikan kepuasan kepada siswa.
c. Kepada siswa siswi SMP Negeri 2 Watampone diharapkan dapat bekerjasama
dengan seluruh staf perpustakaan dan memiliki sifat disiplin demi kelancaran
kegiatan pembelajaran dikelas maupun didalam perpustakaan .
Sekolah dalam Meningkatkan Kepuasan Pengguna di SMP Negeri 2
Watampone”.Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui
perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan dan pengawasan layanan perpustakaan
dalam meningkatkan kepuasan pengguna di SMP Negeri 2 Watampone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain
wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan conclusion drawing,
selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa perencanaan layanan
perpustakaan dalam meningkatkan kepuasan pengguna di SMP Negeri 2 Watampone
yaitu kepala perpustakaan menerapkan seluruh isi dari visi dan misi perpustakaan
dan setiap program yang dibuat terlebih dahulu mengusulkan kepada kepala sekolah
untuk mendapatkan persetujuan terkait dalam hal pembuatan program,
pengorganisasian layanan perpustakaan dalam meningkatkan kepuasan pengguna
yaitu kepala perpustakaan memberikan tanggung jawab kepada seluruh staff sesuai
dengan struktur organisasi yang ada, dan sistem peminjaman yang dilakukan
diperpustakaan ini yaitu dengan melakukan sistem terbuka, penggerakkan layanan
perpustakaan yaitu kepala perpustakaan sebagai penggerak memberikan kebebasan
kepada seluruh staf untuk bekerja dengan cara mematuhi segala aturan-aturan yang
telah ditetapkan, pengawasan layanan perpustakaan dalam meningkatkan kepuasan
pengguna yaitu mengatur program yang telah dibuat setiap tiga bulan dan
dilaksanakan serta mengevaluasi kembali apakah program itu terlaksana dengan baik
atau tidak dan kepuasan pengguna di SMP Negeri 2 Watampone yaitu sudah sesuai
dengan kebutuhan siswa dan telah terlaksana dengan baik seperti tersedianya
berbagai macam koleksi, serta fasilitas yang cukup memadai sehingga siswa dapat
belajar dengan tenang dan mencari buku yang dibutuhkan.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Perencanaan layanan perpustakaan dalam meningkatkan kepuasan pengguna di
SMP Negeri 2 Watampone dengan melihat penerapan visi,misi dan tujuan,
perumusan keadaan sekarang, identifikasi kemudahan dan hambatan, dan
pengembangan perencanaan yaitu kepala perpustakaan menerapkan seluruh isi
dari visi dan misi perpustakaan dan setiap program yang dibuat terlebih dahulu
mengusulkan kepada kepala sekolah selaku pimpinan untuk mendapatkan
persetujuan terkait dalam hal pembuatan program ataupun yang ada di SMP
Negeri 2 Watampone.
2. Pengorganisasian layanan perpustakaan dalam meningkatkan kepuasan pengguna
di SMP Negeri 2 Watampone yaitu dapat dilihat dengan sistem pelayanan
pemesanan koleksi, dan sistem peminjaman yaitu kepala perpustakaan
memberikan tanggung jawab kepada seluruh staff sesuai dengan struktur
organisasi yang ada, adapun sistem peminjaman yang dilakukan diperpustakaan
ini yaitu dengan melakukan sistem terbuka, dimana siswa diberi kebebasan
mencari buku/koleksi yang diinginkan.
3. Penggerakkan layanan perpustakaan dalam meningkatkan kepuasan pengguna di
SMP Negeri 2 Watampone yaitu dapat dilihat dengan menjadi motivating dan
mensosialisasikan visi, misi dan tujuan yaitu kepala perpustakaan sebagai
penggerak memberikan kebebasan kepada seluruh staf untuk bekerja dengan cara
mematuhi segala aturan-aturan yang telah ditetapkan dalam perpustakaan, serta
memperkenalkan visi dan misi perpustakaan kepada pengguna/siswa dengan
mengumumkannya dipapan pengumuman.
4. Pengawasan layanan perpustakaan dalam meningkatkan kepuasan pengguna di
SMP Negeri 2 Watampone yaitu dapat dilihat dengan menentukan atau membuat
standar, mengukur hasil yang dicapai, dan memperbaiki penyimpangan yaitu
mengatur program yang telah dibuat setiap tiga bulan dan dilaksanakan serta
mengevaluasi kembali apakah program itu terlaksana dengan baik atau tidak.
5. Kepuasan pengguna di SMP Negeri 2 Watampone yaitu sudah sesuai dengan
kebutuhan pengguna/siswa dan telah terlaksana dengan baik seperti tersedianya
berbagai macam koleksi, serta fasilitas yang cukup memadai sehingga siswa dapat
belajar dengan tenang dan mencari buku yang dibutuhkan.
B. Saran
Setelah peneliti menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam
pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
a. Kepada Kepala perpustakaan SMP Negeri 2 Watampone untuk lebih
memperhatikan keadaan serta kondisi perpustakaan serta dapat bekerja sama
dengan seluruh pihak perpustakaan di sekolah agar dapat meningkatkan
efektifitas kerja perpustakaan.
b. Kepada staf perpustakaan SMP Negeri 2 Watampone agar lebih meningkatkan
kinerja pelayanan sehingga dapat memberikan kepuasan kepada siswa.
c. Kepada siswa siswi SMP Negeri 2 Watampone diharapkan dapat bekerjasama
dengan seluruh staf perpustakaan dan memiliki sifat disiplin demi kelancaran
kegiatan pembelajaran dikelas maupun didalam perpustakaan .
Ketersediaan
| ST20170164 | 164/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
164/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
