Problematika Pengembangan Manajemen Pendidikan dan Solusinya di MTs. Al-Istiqamah Majang Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone
IDAR/02.13.3031 - Personal Name
Penelitian ini berdasar dari permasalahan pokok sebagai berikut:1).
Bagaimana problematika pengembangan manajemen pendidikan di MTs. Alistiqamah
Majang?, 2).Bagaimana solusi dalam mengatasi problematika
pengembangan manajemen pendidikan di MTs. Al-istiqamah Majang?
Jenis penelitian ini yakni penelitian kualitatif, metode yang digunakan dalam
mengumpulkan data ada dua yaitu library research dengan cara mengutip, menyadur,
dan ulasan, dan field research dengan cara melakukan observasi dan wawancara
dengan kepala madrasah, guru di MTs. Al-Istiqamah Majang Kec. Tanete Riattang
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1).Problematika pengembangan
manajemen pendidikan di MTs. Al-Istiqamah Majang yakni : Terbatasnya tenaga
guru, terbatasnya sarana dan prasarana, penyusunan program kegiatan, Kepala
Madrasah sebagai administrator dan supervisor, Kepala Madrasah mengorganisir
seluruh elemen, dan peningkatan keprofesionalan guru. 2). Solusi dalam mengatasi
problematika pengembangan manajemen pendidikan di MTs. Al-Istiqamah Majang
yakni: optimalisasi peran dan fungsi guru, pemamfaatan secara maksimal sarana dan
prasarana, penguatan peran dan fungsi kepala madrasah, pelaksanaan tugas dan
fungsi guru dengan kompetensi yang dimiliki.
A. Simpulan
Dari berbagai penjelasan sebelumnya maka dapat disimpulakan bahwa:
1. Problematika pengembangan manajemen pendidikan di MTs. Al-Istiqamah
Majang yakni :Terbatasnya tenaga guru, terbatasnya sarana dan prasarana,
penyusunan program kegiatan, kepala Madrasah sebagai administrator dan
supervisor, kepala Madrasah mengorganisir seluruhelemen, peningkatan
keprofesionalan guru.
2. Solusi dalam mengatasi problematika pengembangan manajemen
pendidikan di MTs. Al-Istiqamah Majang yakni optimalisasi peran dan
fungsi guru, pemamfaatan secara maksimal sarana dan prasarana, penguatan
peran dan fungsi kepala madrasah, pelaksanaan tugas dan fungsi guru
dengan kompetensi yang dimiliki.
B. Implikasi
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan setelah
memperhatikan hasil-hasilnya, maka penulis menyarankan hal-hal sebagai
berikut:
1. Problematika pengembangan manajemen pendidikan di MTs. Al-Istiqamah
Majang.
2. Untuk pihak guru MTs. Al-Istiqamah Majang Kel. Majang Kec. Tanate
Riattang Barat Kab. Bone, agar lebih meningkatkan keprofesionalnnya,
sehingga dapat melaksanakan tugasnya dengan optimal.
Bagaimana problematika pengembangan manajemen pendidikan di MTs. Alistiqamah
Majang?, 2).Bagaimana solusi dalam mengatasi problematika
pengembangan manajemen pendidikan di MTs. Al-istiqamah Majang?
Jenis penelitian ini yakni penelitian kualitatif, metode yang digunakan dalam
mengumpulkan data ada dua yaitu library research dengan cara mengutip, menyadur,
dan ulasan, dan field research dengan cara melakukan observasi dan wawancara
dengan kepala madrasah, guru di MTs. Al-Istiqamah Majang Kec. Tanete Riattang
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1).Problematika pengembangan
manajemen pendidikan di MTs. Al-Istiqamah Majang yakni : Terbatasnya tenaga
guru, terbatasnya sarana dan prasarana, penyusunan program kegiatan, Kepala
Madrasah sebagai administrator dan supervisor, Kepala Madrasah mengorganisir
seluruh elemen, dan peningkatan keprofesionalan guru. 2). Solusi dalam mengatasi
problematika pengembangan manajemen pendidikan di MTs. Al-Istiqamah Majang
yakni: optimalisasi peran dan fungsi guru, pemamfaatan secara maksimal sarana dan
prasarana, penguatan peran dan fungsi kepala madrasah, pelaksanaan tugas dan
fungsi guru dengan kompetensi yang dimiliki.
A. Simpulan
Dari berbagai penjelasan sebelumnya maka dapat disimpulakan bahwa:
1. Problematika pengembangan manajemen pendidikan di MTs. Al-Istiqamah
Majang yakni :Terbatasnya tenaga guru, terbatasnya sarana dan prasarana,
penyusunan program kegiatan, kepala Madrasah sebagai administrator dan
supervisor, kepala Madrasah mengorganisir seluruhelemen, peningkatan
keprofesionalan guru.
2. Solusi dalam mengatasi problematika pengembangan manajemen
pendidikan di MTs. Al-Istiqamah Majang yakni optimalisasi peran dan
fungsi guru, pemamfaatan secara maksimal sarana dan prasarana, penguatan
peran dan fungsi kepala madrasah, pelaksanaan tugas dan fungsi guru
dengan kompetensi yang dimiliki.
B. Implikasi
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan setelah
memperhatikan hasil-hasilnya, maka penulis menyarankan hal-hal sebagai
berikut:
1. Problematika pengembangan manajemen pendidikan di MTs. Al-Istiqamah
Majang.
2. Untuk pihak guru MTs. Al-Istiqamah Majang Kel. Majang Kec. Tanate
Riattang Barat Kab. Bone, agar lebih meningkatkan keprofesionalnnya,
sehingga dapat melaksanakan tugasnya dengan optimal.
Ketersediaan
| ST20170161 | 161/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
161/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
