Urgensi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SMA Negeri 14 Bone Kab. bone
Susanti/02. 13. 3135 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai“Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam
Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SMA Negeri 14 Bone”. Hal yang
penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui tentang Supervisi Akademik
Kepala Sekolah di SMA Negeri 14 Bone dan Kompetensi Pedagogik Guru di SMA
Negeri 14 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain
wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan metode reduksi data, display data, dan conclusion drawing, selanjutnya
dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif.
Hasil penelitian ditemukan bahwa supervisi akademik kepala sekolah dalam
meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMA Negeri 14 Bone sudah terlaksana
dengan baik. Hal ini dapat terlihat dari berbagai kegiatan yang dilakukan kepala
sekolah dalam menjalankan tugasnya sebagai supervisor yaitu dengan melakukan
pemantauan dengan melihat proses pembelajaran secara langsung di kelas dan
melihat secara langsung kesiapan RPP yang dibuat guru tersebut. Selain melakukan
pemantauan, kepala sekolah juga melakukan pembinaan kepada guru-guru dengan
mengikutsertakan guru-guru semacam seminar, workshop dan IHT guna
meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMA Negeri 14 Bone. Serta
memberikan motivasi-motivasi yang bermanfaat bagi guru. Hal ini membuktikan
bahwa, guru yang kompeten yaitu guru yang mampu menguasai kelas dan
menggunakan metode pembelajaran yang efektif dalam mengajar.
Simpulan
1. Supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan
kompetensi pedagogik guru di SMA Negeri 14 Bone, sudah terlaksana dengan
baik. Hal ini dapat terlihat dari berbagai kegiatan yang dilakukan kepala
sekolah dalam menjalankan tugasnya sebagai supervisor yaitu dengan
melakukan pemantauan dengan melihat proses pembelajaran secara langsung
di kelas dan melihat secara langsung kesiapan RPP yang dibuat guru tersebut.
Selain melakukan pemantauan, kepala sekolah juga melakukan pembinaan
kepada guru-guru dengan mengikutsertakan guru-guru semacam seminar,
workshop dan IHT, baik itu dilakukan didalam sekolah maupun diluar
sekolah. Dalam menyelesaikan masalah-masalah yang di hadapi guru, kepala
sekolah senantiasa memberikan semangat atau motivasi terhadap guru
maupun peserta didik agar mampu meningkatkan kualitas belajar
mengajarnya, dan salah satu bentuk dari motivasi tersebut adalah memberikan
contoh berperilaku yang baik kepada guru-guru maupun peserta didik. Jadi
kepala sekolah di SMA Negeri 14 Bone dikatakan berhasil dalam melakukan
tugasnya sebagai supervisor.
2. Guru yang kompeten yaitu guru yang mampu menguasai kelas, seperti
mampu memberikan pemahaman materi kepada peserta didik seperti
membuka pelajaran, menjelaskan dan menutup pembelajaran secara efektif
dan mampu membuat RPP sebelum mengajar, mampu memanfaatkan
teknologi pembelajaran, mampu mengevaluasi pembelajaran seperti
51
mengadakan kuis, dan memberikan tugas untuk mengetahui hasil belajar
siswa serta mampu mengembangkan pengetahuan yang dimiliki peserta didik.
Agar dapat menjadi guru yang kompeten, kepala sekolah sangat berperan
penting dalam melakukan tugasnya sebagai supervisor dengan
mengikutsertakan guru-guru semacam seminar, workshop, MGMP dan IHT.
3. Supervisi akademik kepala sekolah telah berkontribusi positif dalam
meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMA Negeri 14 Bone. Hal itu
dapat dilihat melalui beberapa kegiatan yang dilakukan kepala sekolah selaku
supervisor seperti pemantauan, pembinaan, serta memberikan motivasimotivasi
positif kepada guru dengan mengikutkan guru-guru seperti seminar,
workshop, dan IHT.
B. Saran
1. Hendaknya kepala sekolah lebih melengkapi sarana dan fasilitas yang ada
dalam sekolah, guna mendukung proses pembelajaran di kelas seperti LCD
dan internet.
2. Hendaknya guru lebih meningkatkan lagi proses belajar mengajarnya di kelas,
dengan menggunakan metode yang tepat dalam mengajar agar peserta didik
lebih mudah memahami materi yang diajarkan.
Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SMA Negeri 14 Bone”. Hal yang
penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui tentang Supervisi Akademik
Kepala Sekolah di SMA Negeri 14 Bone dan Kompetensi Pedagogik Guru di SMA
Negeri 14 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain
wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan metode reduksi data, display data, dan conclusion drawing, selanjutnya
dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif.
Hasil penelitian ditemukan bahwa supervisi akademik kepala sekolah dalam
meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMA Negeri 14 Bone sudah terlaksana
dengan baik. Hal ini dapat terlihat dari berbagai kegiatan yang dilakukan kepala
sekolah dalam menjalankan tugasnya sebagai supervisor yaitu dengan melakukan
pemantauan dengan melihat proses pembelajaran secara langsung di kelas dan
melihat secara langsung kesiapan RPP yang dibuat guru tersebut. Selain melakukan
pemantauan, kepala sekolah juga melakukan pembinaan kepada guru-guru dengan
mengikutsertakan guru-guru semacam seminar, workshop dan IHT guna
meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMA Negeri 14 Bone. Serta
memberikan motivasi-motivasi yang bermanfaat bagi guru. Hal ini membuktikan
bahwa, guru yang kompeten yaitu guru yang mampu menguasai kelas dan
menggunakan metode pembelajaran yang efektif dalam mengajar.
Simpulan
1. Supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan
kompetensi pedagogik guru di SMA Negeri 14 Bone, sudah terlaksana dengan
baik. Hal ini dapat terlihat dari berbagai kegiatan yang dilakukan kepala
sekolah dalam menjalankan tugasnya sebagai supervisor yaitu dengan
melakukan pemantauan dengan melihat proses pembelajaran secara langsung
di kelas dan melihat secara langsung kesiapan RPP yang dibuat guru tersebut.
Selain melakukan pemantauan, kepala sekolah juga melakukan pembinaan
kepada guru-guru dengan mengikutsertakan guru-guru semacam seminar,
workshop dan IHT, baik itu dilakukan didalam sekolah maupun diluar
sekolah. Dalam menyelesaikan masalah-masalah yang di hadapi guru, kepala
sekolah senantiasa memberikan semangat atau motivasi terhadap guru
maupun peserta didik agar mampu meningkatkan kualitas belajar
mengajarnya, dan salah satu bentuk dari motivasi tersebut adalah memberikan
contoh berperilaku yang baik kepada guru-guru maupun peserta didik. Jadi
kepala sekolah di SMA Negeri 14 Bone dikatakan berhasil dalam melakukan
tugasnya sebagai supervisor.
2. Guru yang kompeten yaitu guru yang mampu menguasai kelas, seperti
mampu memberikan pemahaman materi kepada peserta didik seperti
membuka pelajaran, menjelaskan dan menutup pembelajaran secara efektif
dan mampu membuat RPP sebelum mengajar, mampu memanfaatkan
teknologi pembelajaran, mampu mengevaluasi pembelajaran seperti
51
mengadakan kuis, dan memberikan tugas untuk mengetahui hasil belajar
siswa serta mampu mengembangkan pengetahuan yang dimiliki peserta didik.
Agar dapat menjadi guru yang kompeten, kepala sekolah sangat berperan
penting dalam melakukan tugasnya sebagai supervisor dengan
mengikutsertakan guru-guru semacam seminar, workshop, MGMP dan IHT.
3. Supervisi akademik kepala sekolah telah berkontribusi positif dalam
meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMA Negeri 14 Bone. Hal itu
dapat dilihat melalui beberapa kegiatan yang dilakukan kepala sekolah selaku
supervisor seperti pemantauan, pembinaan, serta memberikan motivasimotivasi
positif kepada guru dengan mengikutkan guru-guru seperti seminar,
workshop, dan IHT.
B. Saran
1. Hendaknya kepala sekolah lebih melengkapi sarana dan fasilitas yang ada
dalam sekolah, guna mendukung proses pembelajaran di kelas seperti LCD
dan internet.
2. Hendaknya guru lebih meningkatkan lagi proses belajar mengajarnya di kelas,
dengan menggunakan metode yang tepat dalam mengajar agar peserta didik
lebih mudah memahami materi yang diajarkan.
Ketersediaan
| ST20170155 | 155/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
155/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
