Peranan Kepemimpinan kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi kasus di MA Nurul Akbar Pongka Kecamatan Tellu siattinge Kabupaten Bone)
IDA/02.13.3146 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Perilaku Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai di MA Nurul Akbar Pongka.” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja pegawai di MA Nurul Akbar Pongka.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas digunakan metode penelitian lapangan (fied Reseacrh) dengan menggunakan teknik antara lain wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisi data kualitatif.
Dengan demikian hal yang perlu di peroleh dari penelitian ini adalah bentuk perilaku kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja pegawai di MA Nurul Akbar Pongka yaitu kepala madrasah memberikan kritikan terhadap kinerja pegawai yang kurang baik, dalam mengerjakan kepala madrasah mengawasi pewgawi dalam bekerja dan melihat kemapuan pegawai, mempercayai dalam memgerjakan suatu pekerjaan, memiliki sikap bersahabat, simpati terhadap perasaan pegawai, dan termasuk nyaman bekerja dalam melaksanakan tugasnya karena diberikan fasilitas yang dibutuhkan oleh pegawai, kemudian strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja pegawai yaitu menyiapkan/menerima calon pegawai sesuai dengan keahlian dan profesinya, mengukur tingkat kemampuan/pegetahuan pegawai, memberikan pelatihan komputer apabila pegawai belum bisa mengoperasikan komputer, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan di MA Nurul Akbar Pongka.
A.Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1.Bentuk perilaku kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja pegawai di MA Nurul Akbar Pongka yaitu Kepala Madrasah memberikan kritikan terhadap kinerja pegawai yang kurang baik, ,dalam mengerjakan tugasnya sesekali kepala madrasah mengawasi pegawai dalam bekerja dan melihat kemampuan pegawainya dalam mengerjakan suatu pekerjaan, berkomunikasi dengan baik oleh pihak sekolah dan bersikap terbuka dan saling mempercayai dalam mengerjakan suatu pekerjaan yang diberikan oleh kepala madrasah atau guru-guru, memiliki sikap bersahabat, simpati terhadap perasaan pegawai, dan pegawai termasuk nyaman bekerja dalam melaksanakan tugasnya karena di berikan fasilitas yang diperlukan oleh pegawai seperti komputer, lemari, kipas angin, kursi, dan meja.
2.Strategi Kepala Madrasah dalam meningkatka kinerja pegawai di MA Nurul Akbar Pongka yaitu, menyiapkan/menerima calon pegawai sesuai dengan keahlian dan profesinya, mengukur tingkat kemampuan/pengtahuan pegawai, memberikan pelatihan komputer apabila pegawai belum bisa mengoperasikan komputer, meningkatkan kinerja pegawai seperti yang dikatakan pegawai lain bahwa di berikan ketatapan waktu dalam bekerja dan ketetapan waktu datang di sekolah/displin waktu, diberikan pemahaman sebelum bekerja, mengadakan rapat yang menyangkut dengan masalah administrasi madrasah dam memberikan pelayanan yang baik kepada pegawai, meningkatkan rasa solidaritas dengan pegawai dan guru, berkomunikasi dengan baik agar hal-hal yang akan di lakukan tidak terjadi kesalapahaman, saling menghormati dan menghargai hak dan kewajiban kepala madrsah dan pegawai jaga sikap dengan pegawai dan menciptakan situasi yang harmonis agar pegawai tidak kaku dalam bekerja.
B.Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan diuraikan saran-saran.
Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skiripsi ini adalah sebagai berikut:
1.Diharapkan kepada kepala madrasah lebih memfokuskan dirinya untuk melihat hasil kinerja pegawai dan seharusnya menberikan standar kerja terhadap pegawai yang ada di MA Nurul Akbar Pongka seperti apa yang ada di sekolah lain. .
2.Kepala sekolah, diharapkan tidak hanya bertanggung jawab dan otoritasnya dalam program-program sekolah, kurikulum dan keputusan personel, tetapi juga bertanggung jawab untuk meningkatkan akuntabilitas keberhasilan program. Kepala Madrsah juga harus berupaya lebih meningkatkan kinerja pegawai di MA Nurul Akbar Pongka kemudian kepala madrasah sebelum menerima pegawai dalam bekerja hendaknya melihat kemampuan/keahlian yang dimiliki pegawai teresebut dan sesuai juga profesinya yang dimiliki demi masa depan madarsah/sekolah.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas digunakan metode penelitian lapangan (fied Reseacrh) dengan menggunakan teknik antara lain wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisi data kualitatif.
Dengan demikian hal yang perlu di peroleh dari penelitian ini adalah bentuk perilaku kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja pegawai di MA Nurul Akbar Pongka yaitu kepala madrasah memberikan kritikan terhadap kinerja pegawai yang kurang baik, dalam mengerjakan kepala madrasah mengawasi pewgawi dalam bekerja dan melihat kemapuan pegawai, mempercayai dalam memgerjakan suatu pekerjaan, memiliki sikap bersahabat, simpati terhadap perasaan pegawai, dan termasuk nyaman bekerja dalam melaksanakan tugasnya karena diberikan fasilitas yang dibutuhkan oleh pegawai, kemudian strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja pegawai yaitu menyiapkan/menerima calon pegawai sesuai dengan keahlian dan profesinya, mengukur tingkat kemampuan/pegetahuan pegawai, memberikan pelatihan komputer apabila pegawai belum bisa mengoperasikan komputer, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan di MA Nurul Akbar Pongka.
A.Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1.Bentuk perilaku kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja pegawai di MA Nurul Akbar Pongka yaitu Kepala Madrasah memberikan kritikan terhadap kinerja pegawai yang kurang baik, ,dalam mengerjakan tugasnya sesekali kepala madrasah mengawasi pegawai dalam bekerja dan melihat kemampuan pegawainya dalam mengerjakan suatu pekerjaan, berkomunikasi dengan baik oleh pihak sekolah dan bersikap terbuka dan saling mempercayai dalam mengerjakan suatu pekerjaan yang diberikan oleh kepala madrasah atau guru-guru, memiliki sikap bersahabat, simpati terhadap perasaan pegawai, dan pegawai termasuk nyaman bekerja dalam melaksanakan tugasnya karena di berikan fasilitas yang diperlukan oleh pegawai seperti komputer, lemari, kipas angin, kursi, dan meja.
2.Strategi Kepala Madrasah dalam meningkatka kinerja pegawai di MA Nurul Akbar Pongka yaitu, menyiapkan/menerima calon pegawai sesuai dengan keahlian dan profesinya, mengukur tingkat kemampuan/pengtahuan pegawai, memberikan pelatihan komputer apabila pegawai belum bisa mengoperasikan komputer, meningkatkan kinerja pegawai seperti yang dikatakan pegawai lain bahwa di berikan ketatapan waktu dalam bekerja dan ketetapan waktu datang di sekolah/displin waktu, diberikan pemahaman sebelum bekerja, mengadakan rapat yang menyangkut dengan masalah administrasi madrasah dam memberikan pelayanan yang baik kepada pegawai, meningkatkan rasa solidaritas dengan pegawai dan guru, berkomunikasi dengan baik agar hal-hal yang akan di lakukan tidak terjadi kesalapahaman, saling menghormati dan menghargai hak dan kewajiban kepala madrsah dan pegawai jaga sikap dengan pegawai dan menciptakan situasi yang harmonis agar pegawai tidak kaku dalam bekerja.
B.Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan diuraikan saran-saran.
Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skiripsi ini adalah sebagai berikut:
1.Diharapkan kepada kepala madrasah lebih memfokuskan dirinya untuk melihat hasil kinerja pegawai dan seharusnya menberikan standar kerja terhadap pegawai yang ada di MA Nurul Akbar Pongka seperti apa yang ada di sekolah lain. .
2.Kepala sekolah, diharapkan tidak hanya bertanggung jawab dan otoritasnya dalam program-program sekolah, kurikulum dan keputusan personel, tetapi juga bertanggung jawab untuk meningkatkan akuntabilitas keberhasilan program. Kepala Madrsah juga harus berupaya lebih meningkatkan kinerja pegawai di MA Nurul Akbar Pongka kemudian kepala madrasah sebelum menerima pegawai dalam bekerja hendaknya melihat kemampuan/keahlian yang dimiliki pegawai teresebut dan sesuai juga profesinya yang dimiliki demi masa depan madarsah/sekolah.
Ketersediaan
| ST20170150 | 150/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
150/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
