Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru di MA AL-Mubarak Tacipi
Ashar/02.13.3193 - Personal Name
Peran penting kepemimpinan adalah hubungan yang ada dalam diri seseorang atau pemimpin, mempengeruhi orang lain untuk bekerja secara sadar dalam hubungan tugas untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Kinerja guru merrupakan penampilan hasil kerja pegawai baik secara kuantitas maupun kualitas, kinerja dapat berupa penampilan kerja perorangan maupun kelompok. Kepala Madrasah dalam rangka meningkatkan kinerja guru, menerapkan kualitas sekolah, dan gerak langkah suatu organisasi sekolah, dikendalikan oleh kepala sekolah. Studi dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana kepemimpinan kepala Madrasa di MA-Almubarak Taccipi?. (2) bagaimana kinerja guru di MA AL-Mubarak Tacipi?, (3) seberapa besar pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di MA AL-Mubarak Tacipi? Pembahasan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MA AL-Mubarak Tacipi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survai korelasional dengan teknik analisis regresi sederhan. Dalam penelitian ini populasi sebanyak 13 guru dan 13 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument angket untuk memperoleh data X dan Y. instrument angket sebelum digunakan untuk memperoleh data yang obyektif., terlelih dahulu dilakukan uji validitas, reabilitas. Setelah dilakukan uji instrumen kemudian peneliti menyebar angket untuk memperoleh data X dan Y. Selanjutnya hasil dari perhitungan statistik dengan koefesien korelasi dan analisis regresi., dimana terdapat korelasi yang positif antara kepemimpinan kepala sekolah (X) terhadap kinerja guru (Y), hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi = 0,7061 > 0,553, pada taraf signifikan 5% ini berarti signifikan. Sementara itu = 10, 941 > ftabel = 4.84 pada taraf signifikan 5%, maka dalam hal ini dapat berarti signifikan. Dengan demikian dapat diketahui ada pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di MA AL-Mubarak Tacipi.
Mengembangkan potensi siswa untuk mengembangkan madrasah sesuai dengan kebutuhan. Kepemimpinan kepala sekolah mempunyai pengaruh yang positif signifikan dan kuat terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 70,62%.
Simpulan
Berdasarkan uraian dari bab pertama sampai dengan bab kelima penelitian ini, maka dapat diambil simpulan sebagai berikut:
1.Kepemimpinan Kepala MA Al Mubarak cukup karena rata-rata tanggapan angket darai para responden diperoleh nilai sebeasar 38, 15. Angka 38,15 berada pada kategori cukup yaitu terletak pada interval 36-38.
2.Kinerja Guru MA Al Mubarak Taccipi dianggap baik karean rata-rata tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai sebesar 30,92. Angka 30,92 berada pada kategori baik yaitu terletak pada interval antara 29-31.
3.Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Kepemmpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di MA Al Mubarak Taccipi. Kontribusi Pengaruh Kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru sebesar 70,62%, sedangkan sisanya 29,38% dipengarruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ada beberapa saran yang
ingin peneliti sampaikan:
1.Kepala sekolah telah menerapkan fungsi supervisi. Atas dasar itu, pembinaan yang sudah baik ini hendaknya dipertahankan karena pembinaan/supervisi mempunyai kedudukan dan peranan yang sangat penting bagi segala aktivitas pendidikan di MA Al Mubaraq Taccipi, sebab merupakan alat pendinamisan terhadap jalannya proses pembelajaran, sehingga tercapainya tujuan pendidikan nasional.
2.Sesuai dengan hasil yang telah dibahas dalam bab sebelumnya diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru sebesar 70,62%. Maka sisanya 29,38%, kemungkinan besar dipengaruhi oleh beberapa variabel yang diantaranya:
a. Motivasi, dengan ketekunan keyakinan dan usaha yang sungguh-sungguh serta adanya motivasi yang kuat, maka guru akan dapat mengemban tugasnya dengan sebaik-baiknya dan berusaha meningkatkan keberhasilan kinerjanya, meskipun banyak rintangan yang dihadapi dalam melaksanakan tugas.
b.Etos Kinerja Guru, Dalam meningkatkan budaya kinerja dibutuhkan etos kerja yang baik, karena etos kerja memiliki peluang yang besar dalam keberhasilan kinerja.
c.Lingkungan Kinerja Guru, dapat mendukung guru dalam melaksanakan tugas secara efektif dan efisien adalah lingkungan sosial psikologis dan lingkungan fisik. Dengan lingkungan yang baik akan dapat meningkatkan semangat kerja para guru sehingga produktivitas kinerja meningkat, kualitas kinerja lebih baik dan prestise sekolah bertambah baik yang selanjutnya menarik pelanggan datang ke sekolah.
3.Dalam konteksnya dengan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di MA Al Mubarak Taccipi mampu menyusun perencanaan madrasah untuk berbagai tingkat perencanaan, mengembangkan organisasi madrasah sesuai dengan kebutuhan, memimpin madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya madrasah secara optimal memiliki strategi yang tepat untuk meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di madrasahnya. Menciptakan iklim Madrasah yang kondusif, memberikan nasihat kepada warga sekolah. Memberikan dorongan kepada seluruh guru, serta melaksanakan model pembelajaran yang menarik.
Mengembangkan potensi siswa untuk mengembangkan madrasah sesuai dengan kebutuhan. Kepemimpinan kepala sekolah mempunyai pengaruh yang positif signifikan dan kuat terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 70,62%.
Simpulan
Berdasarkan uraian dari bab pertama sampai dengan bab kelima penelitian ini, maka dapat diambil simpulan sebagai berikut:
1.Kepemimpinan Kepala MA Al Mubarak cukup karena rata-rata tanggapan angket darai para responden diperoleh nilai sebeasar 38, 15. Angka 38,15 berada pada kategori cukup yaitu terletak pada interval 36-38.
2.Kinerja Guru MA Al Mubarak Taccipi dianggap baik karean rata-rata tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai sebesar 30,92. Angka 30,92 berada pada kategori baik yaitu terletak pada interval antara 29-31.
3.Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Kepemmpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di MA Al Mubarak Taccipi. Kontribusi Pengaruh Kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru sebesar 70,62%, sedangkan sisanya 29,38% dipengarruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ada beberapa saran yang
ingin peneliti sampaikan:
1.Kepala sekolah telah menerapkan fungsi supervisi. Atas dasar itu, pembinaan yang sudah baik ini hendaknya dipertahankan karena pembinaan/supervisi mempunyai kedudukan dan peranan yang sangat penting bagi segala aktivitas pendidikan di MA Al Mubaraq Taccipi, sebab merupakan alat pendinamisan terhadap jalannya proses pembelajaran, sehingga tercapainya tujuan pendidikan nasional.
2.Sesuai dengan hasil yang telah dibahas dalam bab sebelumnya diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru sebesar 70,62%. Maka sisanya 29,38%, kemungkinan besar dipengaruhi oleh beberapa variabel yang diantaranya:
a. Motivasi, dengan ketekunan keyakinan dan usaha yang sungguh-sungguh serta adanya motivasi yang kuat, maka guru akan dapat mengemban tugasnya dengan sebaik-baiknya dan berusaha meningkatkan keberhasilan kinerjanya, meskipun banyak rintangan yang dihadapi dalam melaksanakan tugas.
b.Etos Kinerja Guru, Dalam meningkatkan budaya kinerja dibutuhkan etos kerja yang baik, karena etos kerja memiliki peluang yang besar dalam keberhasilan kinerja.
c.Lingkungan Kinerja Guru, dapat mendukung guru dalam melaksanakan tugas secara efektif dan efisien adalah lingkungan sosial psikologis dan lingkungan fisik. Dengan lingkungan yang baik akan dapat meningkatkan semangat kerja para guru sehingga produktivitas kinerja meningkat, kualitas kinerja lebih baik dan prestise sekolah bertambah baik yang selanjutnya menarik pelanggan datang ke sekolah.
3.Dalam konteksnya dengan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di MA Al Mubarak Taccipi mampu menyusun perencanaan madrasah untuk berbagai tingkat perencanaan, mengembangkan organisasi madrasah sesuai dengan kebutuhan, memimpin madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya madrasah secara optimal memiliki strategi yang tepat untuk meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di madrasahnya. Menciptakan iklim Madrasah yang kondusif, memberikan nasihat kepada warga sekolah. Memberikan dorongan kepada seluruh guru, serta melaksanakan model pembelajaran yang menarik.
Ketersediaan
| ST20170143 | 143/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
143/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
