Penerapan Pengelolaan Kepala Tata Usaha dalam Meningkatkan Mutu Sekolah di SMK Negeri 1 Bone
Asmaniar Agustina/02.13.3015 - Personal Name
Skripsi ini bertujuan untuk membahas Penerapan Pengelolaan Kepala Tata Usaha dalam Meningkatkan Mutu Sekolah di SMKN 1 Bone. Adapun permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana Penerapan Pengelolaan Kepala Tata Usaha di SMK Negeri 1 Bone 2) Bagaimana Upaya Kepala Tata Usaha Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah di SMK Negeri 1 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis melakukan penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan sosiologis, pendekatan paedagogik, dan pendekatan manajemen pendidikan islam. Dan penelitan ini menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan melakukan reduksi data, display data, dan verifikasi (conclusion drawing), selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif.
Hasil penenelitian menunjukkan bahwa Kepala tata usaha SMK Negeri 1 Bone menerapkan pengelolaan tata usaha melalui 4 tahap, yakni 1) tahap perencanaan tata usaha 2) proses pengoorganisasian tata usaha 3) pelaksanaan tata usaha, serta 4) tahap evaluasi yang meliputi kegiatan melakukan evaluasi yang bersifat membimbing, dan evaluasi pelaksanaan tata usaha. Selain itu, dalam upaya pengelolaan kepala tata usaha dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan mutu sekolah di SMK Negeri 1 Bone yang meliputi dua aspek yaitu: 1) aspek input, yang terdiri dari komponen siswa, sarana dan prasarana, pembiayaan hubungan kerja sama dan budaya sekolah. 2) aspek output berupa komponen prestasi akademik, yang terdiri dari nilai ulangan harian, nilai ulangan umum, nilai UAS, lomba karya ilmiah, lomba matematika dan fisika.
A.Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan sebelumnya maka dapat dirumuskan beberapa kesimpulan sebagai berikut:
1.Kepala tata usaha SMKN 1 Bone menerapkan pengelolaan tata usaha melalui 4 tahap, yakni 1) tahap perencanaan, yang meliputi: langkah analisis kebutuhan dan perlengkapan sekolah, merencanakan mengenai pengadaan bahan perlengkapan sekolah, menyusun program kerja, dan menetapkan strategi dalam pelaksanaan kegiatan tata usaha, 2) proses pengoorganisasian yang meliputi: kegiatan menentukan tenaga-tenaga yang dibutuhkan untuk melaksanakan rencana yang telah disusun, menempatkan tenaga tata usaha sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, menetapkan tugas-tugas pokok, dan membagi tugas-tugas pokok menjadi tugas- tugas bagian., 3) langkah pelaksanaan yang meliputi Menyusun kegiatan operasional pengolahan tata usaha, melaksanakan Registrasi buku agenda sekolah, melakukan klasifikasi terhadap bahan perlengkapan sekolah, mengembangkan pegawai tata usaha, dan memberikan kompensasi pegawai tata usaha serta 4) tahap evaluasi dengan meliputi kegiatan melakukan evaluasi yang bersifat membimbing, evaluasi yang dilakukan secara periodik, evaluasi dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas kerja pegawai.
2.Upaya pengelolaan kepala tata usaha dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan mutu sekolah di SMK Negeri 1 Bone yang meliputi dua aspek yaitu: 1) aspek input, yang terdiri dari komponen siswa, sarana dan prasarana, pembiayaan hubungan kerja sama dan budaya sekolah. 2) aspek output berupa komponen prestasi akademik, yang terdiri dari nilai ulangan harian, nilai ulangan umum, nilai UAS, lomba karya ilmiah.
B.Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas maka dapat dirumuskan beberapa saran sebagai berikut:
1.Bagi pihak sekolah yang ada di Kabupaten Bone agar senantiasa menerapkan pengelolaan tata usaha secara efektif agar dapat lebih meningkatkan kemampuan dan efektivitas pegawai tata usaha sehingga dapat meningkatkan mutu sekolah.
2.Bagi pihak pegawai tata usaha agar senantiasa lebih mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki demi mewujudkan tata kelola dan layanan administrasi yang semakin berkualitas.
3.Bagi pihak kampus STAIN Watampone, khususya perpustakaan agar lebih banyak menyediakan referensi yang terkait dengan ilmu manajemen dan perilaku organisasi. Khususnya yang berkaitan langsung dengan pemberdayaan dan kemampuan pegawai tata usaha sekolah.
4.Bagi masyarakat umum dan peneliti agar dapat melakukan penelitian lanjutan terkait dengan penerapan pengelolaan tata usaha dalam rangka peningkatan mutu sekolah.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis melakukan penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan sosiologis, pendekatan paedagogik, dan pendekatan manajemen pendidikan islam. Dan penelitan ini menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan melakukan reduksi data, display data, dan verifikasi (conclusion drawing), selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif.
Hasil penenelitian menunjukkan bahwa Kepala tata usaha SMK Negeri 1 Bone menerapkan pengelolaan tata usaha melalui 4 tahap, yakni 1) tahap perencanaan tata usaha 2) proses pengoorganisasian tata usaha 3) pelaksanaan tata usaha, serta 4) tahap evaluasi yang meliputi kegiatan melakukan evaluasi yang bersifat membimbing, dan evaluasi pelaksanaan tata usaha. Selain itu, dalam upaya pengelolaan kepala tata usaha dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan mutu sekolah di SMK Negeri 1 Bone yang meliputi dua aspek yaitu: 1) aspek input, yang terdiri dari komponen siswa, sarana dan prasarana, pembiayaan hubungan kerja sama dan budaya sekolah. 2) aspek output berupa komponen prestasi akademik, yang terdiri dari nilai ulangan harian, nilai ulangan umum, nilai UAS, lomba karya ilmiah, lomba matematika dan fisika.
A.Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan sebelumnya maka dapat dirumuskan beberapa kesimpulan sebagai berikut:
1.Kepala tata usaha SMKN 1 Bone menerapkan pengelolaan tata usaha melalui 4 tahap, yakni 1) tahap perencanaan, yang meliputi: langkah analisis kebutuhan dan perlengkapan sekolah, merencanakan mengenai pengadaan bahan perlengkapan sekolah, menyusun program kerja, dan menetapkan strategi dalam pelaksanaan kegiatan tata usaha, 2) proses pengoorganisasian yang meliputi: kegiatan menentukan tenaga-tenaga yang dibutuhkan untuk melaksanakan rencana yang telah disusun, menempatkan tenaga tata usaha sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, menetapkan tugas-tugas pokok, dan membagi tugas-tugas pokok menjadi tugas- tugas bagian., 3) langkah pelaksanaan yang meliputi Menyusun kegiatan operasional pengolahan tata usaha, melaksanakan Registrasi buku agenda sekolah, melakukan klasifikasi terhadap bahan perlengkapan sekolah, mengembangkan pegawai tata usaha, dan memberikan kompensasi pegawai tata usaha serta 4) tahap evaluasi dengan meliputi kegiatan melakukan evaluasi yang bersifat membimbing, evaluasi yang dilakukan secara periodik, evaluasi dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas kerja pegawai.
2.Upaya pengelolaan kepala tata usaha dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan mutu sekolah di SMK Negeri 1 Bone yang meliputi dua aspek yaitu: 1) aspek input, yang terdiri dari komponen siswa, sarana dan prasarana, pembiayaan hubungan kerja sama dan budaya sekolah. 2) aspek output berupa komponen prestasi akademik, yang terdiri dari nilai ulangan harian, nilai ulangan umum, nilai UAS, lomba karya ilmiah.
B.Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas maka dapat dirumuskan beberapa saran sebagai berikut:
1.Bagi pihak sekolah yang ada di Kabupaten Bone agar senantiasa menerapkan pengelolaan tata usaha secara efektif agar dapat lebih meningkatkan kemampuan dan efektivitas pegawai tata usaha sehingga dapat meningkatkan mutu sekolah.
2.Bagi pihak pegawai tata usaha agar senantiasa lebih mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki demi mewujudkan tata kelola dan layanan administrasi yang semakin berkualitas.
3.Bagi pihak kampus STAIN Watampone, khususya perpustakaan agar lebih banyak menyediakan referensi yang terkait dengan ilmu manajemen dan perilaku organisasi. Khususnya yang berkaitan langsung dengan pemberdayaan dan kemampuan pegawai tata usaha sekolah.
4.Bagi masyarakat umum dan peneliti agar dapat melakukan penelitian lanjutan terkait dengan penerapan pengelolaan tata usaha dalam rangka peningkatan mutu sekolah.
Ketersediaan
| ST20170135 | 135/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
135/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
