Kontribusi Komite Madrasah dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di MA Yapit Taretta Kec. Amali Kab. Bone
IDRUS/02.12.3125 - Personal Name
Skripsi ini membahas Kontribusi Komite Madrasah Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Di MA Yapit Taretta. Adapun permasalahan yang di bahas dalam penulisan skripsi ini adalah: Bagaimana peran konntribusi komite madrasah dalam peningkatan mutu pembelajaran di MA Yapit Taretta, dan mutu pembelajaran di MA Yapit Taretta
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif diantaranya, metode library research (riset perpustakaan) dan field research (riset lapangan), dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data yang sudah dikumpulkan dengan menggunakan metode deduktif yaitu mengambil beberapa fakta-fakta yang bersifat umum yang selanjutnya di analisis untuk diterapkan kehal-hal yang bersifat khusus Metode induktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat khusus untuk diterapkan kehal-hal yang bersifat umum.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peran kontribusi komite madrasah yaitu sebagai pemberi pertimbangan dalam segala kegiatan yang dilakukan, pendukung, pengontrol dan mediator atau penghubung antara orang tua dan sekolah atau madrasah yang unggul telah komite madrasah jalankan dengan baik. Dari hasil tersebut peneliti menyarankan agar peran kontribusi tersebut tetap dipertahankan dan lebih di kembangkan sehingga mutu pebelajaran di MA Yapit Taretta semakin meningkat.
Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas maka,penulis menyimpulkan:
1.Peran komite madrasah Di MA Yapit Taretta dalam menigkatkan mutu pembelajaran yaitu komite komite sebagai pendukung, pemberi pertimbangan, pengontrol serta mediator telah dilaksanakan dengan baik. Bentuk peran komite madrasah di MA Yapit Taretta berupa dukungan serta motivasi pihak komite terhadap seluruh kegiatan yang di jalankan oleh madrasah. Selain mendukung, komite madrasah juga mengontrol setiap kegiatan yng dilakiukan baik dalam perencanan maupun pelaksanaan. Tugas komite sebagai mediator disini komite madraah menyalurkan semua aspirasi yang berupa kritik dan saran bagi madrasah yang bertujuan untuk kemajuan MA Yapit Taretta itu sendiri keberhasilan yang dilakukan oleh komite ini dibuktikan dengan adanya saling keterbukaan anatra pihak sekolah, komite maupun orang tua.
2.pembelajaran yang bermutu adalah pembelajaran yang efektif yang pada intinya adalah menyangkut kemampuan guru dalam proses pembelajaran di kelas. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru akan sangat menentukan mutu hasil pembelajaran yang akan diperoleh siswa. Jadi, mutu hasil pembelajaran adalah mutu aktivitas pembelajaran yang terwujud dalam bentuk hasil belajar nyata yang dicapai oleh peserta didik berupa nilai-nilai.
B. Saran
1.Perlu di intensifkan lagi komunikasi antara anggota komite agar beragamnya profesi dan kesibukan masing-masing anggota komite yang tidak mengurangi tanggung jawabnya dalam meningkatkan mutu pembelajaran di madrasah ini.
2.Untuk meningkatkan mutu pembelajaran di perlukan keterlibatan semua pihak terutama stacholder yang tidak hanya berupa tenaga pendidik dan wali murid saja, tetapi juga perlu keterlibatan masyarakat luas dan pengguna lulusan. Oleh karena itu, perlunya madrasah menghimbau kepada masyarakat diluar MA Yapit Taretta untuk ikut berkontribusi agar mutu pembelajaran di madrasah ini lebih meningkat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif diantaranya, metode library research (riset perpustakaan) dan field research (riset lapangan), dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data yang sudah dikumpulkan dengan menggunakan metode deduktif yaitu mengambil beberapa fakta-fakta yang bersifat umum yang selanjutnya di analisis untuk diterapkan kehal-hal yang bersifat khusus Metode induktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat khusus untuk diterapkan kehal-hal yang bersifat umum.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peran kontribusi komite madrasah yaitu sebagai pemberi pertimbangan dalam segala kegiatan yang dilakukan, pendukung, pengontrol dan mediator atau penghubung antara orang tua dan sekolah atau madrasah yang unggul telah komite madrasah jalankan dengan baik. Dari hasil tersebut peneliti menyarankan agar peran kontribusi tersebut tetap dipertahankan dan lebih di kembangkan sehingga mutu pebelajaran di MA Yapit Taretta semakin meningkat.
Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas maka,penulis menyimpulkan:
1.Peran komite madrasah Di MA Yapit Taretta dalam menigkatkan mutu pembelajaran yaitu komite komite sebagai pendukung, pemberi pertimbangan, pengontrol serta mediator telah dilaksanakan dengan baik. Bentuk peran komite madrasah di MA Yapit Taretta berupa dukungan serta motivasi pihak komite terhadap seluruh kegiatan yang di jalankan oleh madrasah. Selain mendukung, komite madrasah juga mengontrol setiap kegiatan yng dilakiukan baik dalam perencanan maupun pelaksanaan. Tugas komite sebagai mediator disini komite madraah menyalurkan semua aspirasi yang berupa kritik dan saran bagi madrasah yang bertujuan untuk kemajuan MA Yapit Taretta itu sendiri keberhasilan yang dilakukan oleh komite ini dibuktikan dengan adanya saling keterbukaan anatra pihak sekolah, komite maupun orang tua.
2.pembelajaran yang bermutu adalah pembelajaran yang efektif yang pada intinya adalah menyangkut kemampuan guru dalam proses pembelajaran di kelas. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru akan sangat menentukan mutu hasil pembelajaran yang akan diperoleh siswa. Jadi, mutu hasil pembelajaran adalah mutu aktivitas pembelajaran yang terwujud dalam bentuk hasil belajar nyata yang dicapai oleh peserta didik berupa nilai-nilai.
B. Saran
1.Perlu di intensifkan lagi komunikasi antara anggota komite agar beragamnya profesi dan kesibukan masing-masing anggota komite yang tidak mengurangi tanggung jawabnya dalam meningkatkan mutu pembelajaran di madrasah ini.
2.Untuk meningkatkan mutu pembelajaran di perlukan keterlibatan semua pihak terutama stacholder yang tidak hanya berupa tenaga pendidik dan wali murid saja, tetapi juga perlu keterlibatan masyarakat luas dan pengguna lulusan. Oleh karena itu, perlunya madrasah menghimbau kepada masyarakat diluar MA Yapit Taretta untuk ikut berkontribusi agar mutu pembelajaran di madrasah ini lebih meningkat.
Ketersediaan
| ST20170134 | 134/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
134/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
