Urgensi Iklim Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar siswa Di SD Negeri 30 Mico

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai“Urgensi Iklim Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar siswa Di SD Negeri 30 Mico”. Tujuan yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui bagaimana iklim kelas dan bagaimana motivasi belajar siswa dan bagaimana kontribusi iklim kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Negeri 30 Mico.
Untuk memudahkan pemecahan tersebut digunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deduktif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa di SD Negeri 30 Mico telah menerapkan iklim kelas yang kondusif. Hal ini terlihat dari adanya suasana pembelajaran yang tenang di kelas, adanya hubungan yang akrab antara guru dan siswa, guru mendahulukan kepentingan siswa dibanding kepentingan pribadi, semua kegiatan siswa diatur dengan tertib, siswa diperlakukan secara adil, adanya aktivitas belajar mengajar yang tinggi, siswa memiliki motivasi yang tinggi, siswa menunjukkan sikap saling menghargai dan adanya penataan ruang kelas yang rapi dan bersih. Kemudian motivasi belajar siswa di SD Negeri 30 Mico dapat dikatakan tinggi. Hal ini dapat terlihat dari ciri-ciri siswa yang meliputi siswa tekun menghadapi tugas, siswa ulet menghadapi kesulitan belajar, siswa menunjukkan minat terhadap bermacam-macam materi pelajaran, siswa senang bekerja secara mandiri, siswa dapat mempertahankan pendapatnya dan tidak mudah melepasnya, dan siswa senang mencari dan memecahkan soal-soal materi pelajaran. Selanjutnya, penerapan Iklim kelas yang kondusif di SD Negeri Mico memiliki kontribusi yang sangat besar bagi peningkatan motivasi belajar siswa di SD Negeri 30 Mico.
A.Simpulan
1.Di SD Negeri 30 Mico telah menerapkan iklim kelas yang kondusif. Hal ini terlihat dari adanya suasana pembelajaran yang tenang di kelas, adanya hubungan yang akrab antara guru dan siswa, guru mendahulukan kepentingan siswa dibanding kepentingan pribadi, semua kegiatan siswa diatur dengan tertib, siswa diperlakukan secara adil, adanya aktivitas belajar mengajar yang tinggi, siswa memiliki motivasi yang tinggi, siswa menunjukkan sikap saling menghargai dan adanya penataan ruang kelas yang rapi dan bersih.
2.Motivasi belajar siswa di SD Negeri 30 Mico dapat dikatakan tinggi. Hal ini dapat terlihat dari ciri-ciri siswa yang meliputi siswa tekun menghadapi tugas, siswa ulet menghadapi kesulitan belajar, siswa menunjukkan minat terhadap bermacam-macam materi pelajaran, siswa senang bekerja secara mandiri, siswa dapat mempertahankan pendapatnya dan tidak mudah melepasnya, dan siswa senang mencari dan memecahkan soal-soal materi pelajaran.
3.Penerapan Iklim kelas yang kondusif di SD Negeri Mico memberikan kontribusi yang sangat besar bagi peningkatan motivasi belajar siswa di SD Negeri 30 Mico. Iklim kelas memang memberikan kontribusi yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa di SD Negeri 30 Mico. Hal ini jelas bahwa untuk memunculkan motivasi belajar dan memelihara konsistensi dorongan belajar sangat ditentukan oleh kondusif tidaknya lingkungan kelas di mana tempat pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu sangat penting untuk benar-benar menciptakan lingkungan kelas yang berpihak pada kebutuhan dan minat belajar siswa agar motivasi belajarnya semakin terus meningkat.
B.Saran
1.Pihak sekolah perlu menciptakan iklim kelas yang kondusif. Mengingat iklim kelas yang kondusif memiliki kontribusi yang sangat besar bagi peningkatan motivasi belajar siswa.
2.Para guru-guru dan tenaga kependidikan lebih memperhatikan upaya penciptaan iklim kelas yang kondusif. Hal ini dikarenakan, salah satu unsur penting dalam proses pendidikan dalam rangka menghasilkan mutu lulusan yang berkualitas.
3.Untuk Peserta didik, agar selalu berusaha dalam meningkatkan motivasi belajar agar lebih mudah memahami dan mencermati materi pelajaran yang diberikan oleh guru.
4.Bagi masyarakat umum dan peneliti agar dapat melakukan penelitian lanjutan terkait dengan iklim kelas dan peningkatan motivasi belajar siswa.


Ketersediaan
ST20170133133/2017Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

133/2017

Penerbit

STAIN Watampone : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top