Peranan Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Pegawai Tata Usaha Di SMA Negeri 4 Watampone
HERVIYANTI/02.13.3030 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Peranan Kepala Sekolah Sebagai Supervisor DalamMeningkatkan Produktivitas Kerja Pegawa Tata Usaha Di SMA Negeri 4 Watampone. Hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan kepala sekolah sebagai koordinator, kunsultan, pemimpin kelompok dan evaluator dalam meningkatkan produktivitas kerja pegawai Tata Usaha (TU).
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik yakni wawancara (interview), dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik metode kualitatif, Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan metode deduktif dan metode induktif.
Berdasarkan hasil penelitian di lokasi dapat diketahui bahwa Peranan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Pegawai Tata Usaha di SMA Negeri 4 watampone yaitu kepala sekolah berperan sebagai koordinator yaitu1. Melihat tugas pokok dan fungsi (TUFOKSI) masing-masing karyawan 2. Bekerja sama dengan kepala tata usaha dalam pembagian tugas karyawan agar sesuai dengan bidang dan keahlian masing- masing karyawan. Kepala sekolah sebagai konsultan yaitu dengan cara menyampaikan terlebih dahulu kepada kepala tata usaha atau menyampaikan secara langsung kepada kepala sekolah kerena kepala sekolah terbuka dalam masalah pekerjaan sehingga karyawan dapat mengkonsultasikan masalahnya secara langsung untuk mencari jalan keluar dari masalah tersebut baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan luar sekolah. Peranan kepala sekolah sebagai pemimpin kelompok yaitu1. Dengan cara mengembangkan potensi kelompok melalui kepala sekolah mengikutsertakan karyawan dalam kegiatan pelatihan, penataran, seminar. 2. Bimbingan teknis atau whorshop untuk mengembangkan potensi karyawan yang sesuai dengannya bidang masing-masing.Peranan kepala sekolah sebagai evaluator yaitu1. Dengan cara kepala sekolah melihat setiap indikator-indikator pekerjaan. 2. Melakukan penilaian secara langsung serta melihat laporan hasil kerja karyawan.
Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1.Peranan kepala sekolah sebagai koordinator yaitu 1. Melihat tugas pokok dan fungsi (TUFOKSI) masing-masing karyawan 2. bekerja sama dengan kepala tata usaha dalam pembagian tugas karyawan agar sesuai dengan bidang dan keahlian masing- masing karyawan 3. langkah-langkah kepala sekolah dalam memantau pekerjaan karyawan tata usaha yaitu dengan cara kepala sekolah mendapat laporan dari kepala tata usaha dan kepala sekolah juga melakukan pengawawasan secara langsung terhadap karyawan serta melihat laporan hasil kerja masing-masing karyawan.
2.Peranan kepala sekolah sebagai kosultan yaitu dengan cara menyampaikan terlebih dahulu kepada kepala tata usaha atau menyampaikan secara langsung kepada kepala sekolah kerena kepala sekolah terbuka dalam masalah pekerjaan sehingga karyawan dapat mengkonsultasikan masalahnya secara langsung untuk mencari jalan keluar dari masalah tersebut baik dilingkungan sekolah maupun dilingkungan luar sekolah.
3.Peranan kepala sekolah sebagai pemimpin kelompok yaitu 1. Dengan cara mengembangkan potensi kelompok melalui kepala sekolah mengikut sertakan karyawan dalam kegiatan pelatiha, penataran, seminar 2.Bimbingan teknis atau whorshop untuk mengembangkan potensi karyawan yang sesuai dengannya bidang masing-masing.
4.Peranan kepala sekolah sebagai evaluator yaitu dengan cara kepala sekolah meliahat setiap indikator-idikator pekerjaan dan melakukan penilaian secara langsung serta melihat laporan hasil kerja karyawan.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1.Kepala sekolah diharapkan untuk lebih meningkatka pengawasan terhadap tenaga pendidik dan kependidikan dalam menjalangkan tugasnya dan kepala sekolah hendaknya melengkapi fasilitas yang dibutuhkan oleh karyawan agar dapat menjalangkan tugas secara maksimal.
2.Seluruh karyawan tata usaha diharapkan dapat menjalangkan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan bidang masing-masing dan mengikuti peraturan yang telah ada.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas, digunakan metode penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik yakni wawancara (interview), dokumentasi, dan observasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik metode kualitatif, Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan metode deduktif dan metode induktif.
Berdasarkan hasil penelitian di lokasi dapat diketahui bahwa Peranan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Pegawai Tata Usaha di SMA Negeri 4 watampone yaitu kepala sekolah berperan sebagai koordinator yaitu1. Melihat tugas pokok dan fungsi (TUFOKSI) masing-masing karyawan 2. Bekerja sama dengan kepala tata usaha dalam pembagian tugas karyawan agar sesuai dengan bidang dan keahlian masing- masing karyawan. Kepala sekolah sebagai konsultan yaitu dengan cara menyampaikan terlebih dahulu kepada kepala tata usaha atau menyampaikan secara langsung kepada kepala sekolah kerena kepala sekolah terbuka dalam masalah pekerjaan sehingga karyawan dapat mengkonsultasikan masalahnya secara langsung untuk mencari jalan keluar dari masalah tersebut baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan luar sekolah. Peranan kepala sekolah sebagai pemimpin kelompok yaitu1. Dengan cara mengembangkan potensi kelompok melalui kepala sekolah mengikutsertakan karyawan dalam kegiatan pelatihan, penataran, seminar. 2. Bimbingan teknis atau whorshop untuk mengembangkan potensi karyawan yang sesuai dengannya bidang masing-masing.Peranan kepala sekolah sebagai evaluator yaitu1. Dengan cara kepala sekolah melihat setiap indikator-indikator pekerjaan. 2. Melakukan penilaian secara langsung serta melihat laporan hasil kerja karyawan.
Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1.Peranan kepala sekolah sebagai koordinator yaitu 1. Melihat tugas pokok dan fungsi (TUFOKSI) masing-masing karyawan 2. bekerja sama dengan kepala tata usaha dalam pembagian tugas karyawan agar sesuai dengan bidang dan keahlian masing- masing karyawan 3. langkah-langkah kepala sekolah dalam memantau pekerjaan karyawan tata usaha yaitu dengan cara kepala sekolah mendapat laporan dari kepala tata usaha dan kepala sekolah juga melakukan pengawawasan secara langsung terhadap karyawan serta melihat laporan hasil kerja masing-masing karyawan.
2.Peranan kepala sekolah sebagai kosultan yaitu dengan cara menyampaikan terlebih dahulu kepada kepala tata usaha atau menyampaikan secara langsung kepada kepala sekolah kerena kepala sekolah terbuka dalam masalah pekerjaan sehingga karyawan dapat mengkonsultasikan masalahnya secara langsung untuk mencari jalan keluar dari masalah tersebut baik dilingkungan sekolah maupun dilingkungan luar sekolah.
3.Peranan kepala sekolah sebagai pemimpin kelompok yaitu 1. Dengan cara mengembangkan potensi kelompok melalui kepala sekolah mengikut sertakan karyawan dalam kegiatan pelatiha, penataran, seminar 2.Bimbingan teknis atau whorshop untuk mengembangkan potensi karyawan yang sesuai dengannya bidang masing-masing.
4.Peranan kepala sekolah sebagai evaluator yaitu dengan cara kepala sekolah meliahat setiap indikator-idikator pekerjaan dan melakukan penilaian secara langsung serta melihat laporan hasil kerja karyawan.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1.Kepala sekolah diharapkan untuk lebih meningkatka pengawasan terhadap tenaga pendidik dan kependidikan dalam menjalangkan tugasnya dan kepala sekolah hendaknya melengkapi fasilitas yang dibutuhkan oleh karyawan agar dapat menjalangkan tugas secara maksimal.
2.Seluruh karyawan tata usaha diharapkan dapat menjalangkan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan bidang masing-masing dan mengikuti peraturan yang telah ada.
Ketersediaan
| ST20170127 | 127/2017 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
127/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
